Bagaimana Cara Masak Ikan Mujair Bumbu Kuning Ala Rumahan Yang Sedap?

CaraMasak.Net - Cara masak ikan mujair bumbu kuning ala rumahan memang seringkali dilakukan oleh banyak orang yang menginginkan adanya inovasi dalam mengolah ikan mujair atau juga menggunakan bumbu kuning yang biasanya digunakan untuk ikan lain. Ikan mujair ini merupakan salah satu ikan air tawar yang penyebarannya ada di Indonesia dan juga Afrika. Memang jenis ikan yang satu ini sangat mudah ditemukan di Pulau Jawa. Tidak mengherankan apabila banyak sekali olahan dari jenis ikan mujair ini. Salah satunya adalah Ikan Mujair bumbu kuning.

cara masak ikan patin bumbu kuning, cara memasak ikan bumbu kuning, cara memasak ikan tongkol bumbu kuning, resep masakan ikan bawal bumbu kuning, resep masakan ikan patin bumbu kuning,

Baca juga: Jamur Putih Saus

Bumbu kuning tentu saja sudah sangat umum diketahui oleh banyak masyarakat di Indonesia. Banyak tempat makan mulai dari makanan pinggir jalan bahkan hingga menembus restoran terkenal, olahan bumbu kuning ini masih dominan dicari oleh para penikmat kuliner asli Indonesia. Dengan menggunakan bahan utama ikan mujair, bumbu kuning juga dapat diolah menjadi salah satu makanan istimewa khas Indonesia. Cara masak ikan mujair bumbu kuning ala rumahan sering dilakukan oleh para ibu-ibu yang suka sekali mengolah masakan.

Cara masak ikan mujair bumbu kuning ala rumahan sering dilakukan untuk menghemat biaya yang dikeluarkan ketika membeli ikan mujair bumbu kuning di tempat makan. Lagipula dengan membuat sendiri masakan yang satu ini tentu saja akan dapat disesuaikan dengan selera anggota keluarga. Karena memang setiap orang akan memiliki selera yang berbeda dengan orang lainnya. Seperti halnya penggunaan santan untuk membuat bumbu kuning ini. Biasanya ada orang yang menginginkan santan yang cukup kental agar terasa gurihnya tetapi ada pula yang menginginkan santan agar sedikit cair. Perbedaan inilah yang membuat banyak orang memutuskan untuk membuat sendiri masakan ini di rumah.


Sebelum mengetahui cara masak ikan mujair bumbu kuning ala rumahan, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara untuk menghilangkan aroma tanah yng biasanya menempel pada ikan mujair. Aroma tanah ketika mengolah ikan mujair tentu saja tidak dapat dianggap remeh karena biasanya akan mengurangi selera makan apabila masih terasa aroma tanah pada ikan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan aroma tanah pada ikan:
  • Anda harus membersihkan ikan mujair dimana tidak perlu dikerat. Apabila sudah bersih, Anda juga disarankan untuk merendam ikan mujair ini ke dalam air garam dan juga kunyit kurang lebih selama 1 jam. Kemudian Anda silahkan mencuci ikan da juga di kerat hingga bersih. Langkah selanjutnya adalah rendam dengan bumbu baru dimasak.
  • Anda juga dapat menggunakan cuka. Dimana mujair yng sudah dibersihkan dengan cuka dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya perlu membersihkan dan memberikan bumbu yng agak banyak agar aroma dan rasa cukanya hilang.
  • Yang paling penting adalah harus membuat insang pada ikan mujair. Karena yng paling membuat bau tanah muncul adalah berasal dari insang ini.

 

Resep Membuat Ikan Mujair Bumbu Kuning Dengan Sederhana

Cara masak ikan mujair bumbu kuning ala rumahan sangatlah mudah dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan tahapan-tahapan membuat olahan ikan mujair bumbu kuning:
1. Ikan mujair harus dibersihkan terlebih dahulu. Lalu, Anda juga harus memberi guratan pada kedua sisi tubuh ikan agar bumbu dapat meresap hingga ke dalam daging. Anda juga harus memberi bumbu ikan mujair tersebut dengan perasan jeruk nipis dan garam. Kemudian diamkan selama 15 menit.
2. Anda dapat menggoreng ikan mujair ke dalam minyak panas sampai ikan tersebut berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan kemudian tiriskan.
3. Anda dapat menggunakan minyak baru atau minyak sisa dari gorengan ikan mujair tersebut. Sedikit saja karena fungsinya untuk menumis bumbu halus. Jika bumbu halus sudah merata matangnya, Anda dapat memasukan batang serai dan juga daun jeruk purut. Aduk hingga aromanya harum.
4. Anda dapat menggunakan ikan mujair yng sudah di goreng untuk kemudian dicampur ke dalam kuah atau ikan mujair dapat Anda siram dengan kuah bumbu kuning ini.
5. Anda dapat menggunakan air biasa atau juga santan untuk menjadikannya kuah. Selanjutnya Anda hanya perlu mendidihkan kuah tersebut hingga kuahnya menyusut. Kemudian Anda dapat mengangkatnya ketika sudah matang.
Cara masak ikan mujair bumbu kuning ala rumahan memanglah sangat mudah dilakukan. Yang terpenting dalam setiap Anda mengolah makanan adalah menjaga kebersihan bahan makanan. Tentu saja dengan menggunakan bahan yang bersih dan juga cara pengolahannya yang sehat akan membuat tubuh juga menjadi lebih sehat. Tetapi apabila Anda tidak menjaga kebersihan makanan tentu saja makanan yang akan masuk ke dalam tubuh Anda akan tidak sehat dan akan menimbulkan penyakit baru.