Resep Cara Masak Kepiting Asam Manis Yang Enak Dengan Mudah?

Resep Cara Masak Kepiting Asam Manis - Cara masak kepiting asam manis yang enak tentu saja merupakan olahan dari kepiting yang sering digunakan untuk menu makanan yang sangat populer di Indonesia. Olahan kepiting dengan bumbu asam manis ini memang cocok dikonsumsi masyarakat Indonesia yang merupakan negara tropis sehingga mengolah masakan yang segar tentu saja akan semakin nikmat dikonsumsi. Saus asam manis untuk hidangan laut ini tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga bahkan lidah masyarakat Indonesia. Namun ternyata tidak semua orang bisa menikmati olahan dari kepiting ini. Biasanya racun yng ada di dalam kepiting ini memang membuat banyak orang menderita alergi.

cara memasak kepiting asam manis pedas,cara memasak kepiting asam manis,resep masakan kepiting asam manis pedas,

Baca juga: Bihun Jagung Goreng


Kepiting memang merupakan salah satu hewan laut yng sering dikonsumsi oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengn cita rasa yg khas ini memang dapat menarik peminat makanan olahan kepiting ini. Terlebih lagi jika kepting ini diolah dengan saus asam manis. Cara masak kepiting asam manis yg enak biasanya terletak pada cara membuat saus asam manisnya. Jika Anda memutuskan untuk membeli tentu saja akan membuat pengeluaran Anda semakin melonjak karena biasanya olahan kepting ini dihargai lumayan mahal untuk 1 kilonya. Selain dari saus asam manis, pengolahan kepiting yg benar tentu saja akan membuat rasa dari kepiting asam manis ini juga akan semakin enak.

cara memasak kepiting asam manis pedas,cara memasak kepiting asam manis,resep masakan kepiting asam manis pedas,

Langkah Mudah Mengolah Kepiting

Sebelum membahas tentang cara masak kepiting asam manis yg enak sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memilih kepting yng berkualitas yg bagus dan cara untuk menghilangkan racun di dalam kepiting. Jika Anda dapat mengolah kepiting dengan benar tentu saja akan membuat racun di dalam kepting juga dapat diminimalisir sehingga tidak menimbulkan efek samping seperti alergi. 

Racun di dalam kepiting ini memang seringkali dihindari oleh banyak orang yg menderita alergi seafood. Tetapi ternyata pengolahan kepiting berikut ini dapat membantu mengurangi kadar racun di dalam kepting. 

Berikut ini adalah cara mengolah kepiting dengan benar:

1. Anda perlu membalik tubuh kepting dimana pada bagian perutnya bisa langsung Anda tusuk dan belah pada bagian tengahnya. Hal ini berfungsi agar kepiting mati.
2. Selanjutnya adalah Anda harus mencuci kepiting dengan air bersih dan yang mengalir. Tidak disarankan dilakukan perendaman. Bahkan untuk hasil yng sempurna Anda juga harus menghilangkan kotoran di kepting dengn menggunakan kuas atau sikat gigi.
3. Langkah selanjutnya adalah membuang ujung pantat kepting yng berbentuk segitiga. Bagian ini merupakan tempat kotoran kepiting yg memang tidak bagus untuk dikonsumsi.
4. Selanjutnya adalah memotong kepting menjadi dua bagian dan membersihkan isi perutnya yang berwarna kehijauan lalu kembali cuci kepiting hingga bersih.
5. Sebelum memasak kepiting, lebih baik merebus kepiting dengn arang kayu supaya racun yng ada di dalam kepiting bisa hilang secara keseluruhan. Disarankan untuk tidak merebus terlalu lama. Cukup selama 15 hingga 20 menit.
6. Apabila sudah di rebus, Anda dapat memukul-mukul pada bagian kaki dan juga capit kepiting agar ketika di masak bumbu dapat meresap ke dalam daging kepting.


cara memasak kepiting asam manis pedas,cara memasak kepiting asam manis,resep masakan kepiting asam manis pedas,

Cara Masak Kepiting Asam Manis Dengan Enak

Cara masak kepiting asam manis yg enak adalah kunci masak pada saus asam manis yg akan dicampurkan dengan kepiting. Berikut ini adalah langkah mudah masak kepiting asam manis yg sedap:
1. Kepiting yng akan Anda gunakan lebih baik diolah dengan cara-cara pengolahan kepiting yng benar seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika perlu untuk menghilangkan aroma amis pada kepiting, Anda juga dapat membalurkan perasan jeruk nipis ke kepiting.
2. Selanjutnya Anda dapat menggoreng kepiting tersebut yng sudah direbus dengan arang kayu dan sudah dibersihkan. Goreng kepting hingga berubah warna lalu angkat dan tiriskan.
3. Anda dapat melakukan tumisan dengan bawang putih, bawang bombay, garam, kecap manis, kecap inggris, saus tiram, lada bubuk, gula, cabe bubuk dan juga segelas air. Tumis sebentar hingga mendidih dan mengental.
4. Jika sudah, Anda dapat memasukkan kepting yng sudah digoreng kemudian diaduk hingga rata. Selanjutnya masak terus sampai bumbu meresap.

Cara masak kepiting asam manis yang enak dengan menggunakan cara diatas tentu saja akan semakin memudahkan Anda untuk mencoba membuat hidangan kepiting asam manis inni di rumah tanpa harus membeli di tempat makan yng menyediakan seafood. Karena biasanya masih banyak yng kurang mengetahui bagaimana cara mengolah kepiting denga benar agar tidak mengandung racun. Tetapi dengan Anda melakukan proses masak ini di rumah tentunya Anda juga dapat menghilangkan racun di kepiting dengan langkah-langkah tersebut.