Resep dan Cara Memasak Bandeng Presto Agar Tidak Hancur Saat Digoreng

Resep Bandeng Presto Agar Tidak Hancur Saat Digoreng - Saat ini sudah muncul inovasi baru mengenai cara memasak bandeng presto agar tidak hancur dengan cara alami mudah. Bandeng presto merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang berasal dari daerah Semarang, Jawa Tengah. Bahan dasar makanan ini adalah ikan bandeng yang dibumbui campuran bumbu dapur seperti garam, kunyit dan bawang putih. Asal usul ditemukannya resep ini yakni dari seseorang yang lahir di kota Pati, Jawa Tengah dan akhirnya kota Semarang menjadi ikon besar bandeng Presto. Hingga saat ini, kota Semarang sering dijumpai oleh para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh bandeng presto.


cara membuat bandeng presto dengan panci presto, cara membuat bandeng presto duri lunak, cara membuat bandeng presto juwana, cara membuat bandeng presto tulang lunak,

Baca juga: Memasak Bayam Merah Yang Benar


Bandeng merupakan salah satu ikan yang mempunyai duri kecil-kecil sehingga jika memasak nya meninggalkan duri atau durinya hancur dan menyebar, dapat membahaya jika termakan oleh anak-anak. Orang zaman dulu memasak ikan bandeng agar tidak hancur dengan memberi alas daun pisang. Presto sendiri merupakan cara memasak dengn menggunakan uap air dan bertekanan tinggi. Makanan yng dimasak dengan dipresto, dimasukkan ke dalam panci dan dikunci dengn rapat tidk ada lubang kecil pun yang tidak tertutup. 

Air yang ada di dalam panci dipanaskan sampai mendidih dan uap air yng timbul dapat memasak makanan yng ada di panci tersebut. Berikut cara memasak bandeng presto agar tidk menghancurkan duri maupun dagingnya.

cara membuat bandeng presto dengan panci presto, cara membuat bandeng presto duri lunak, cara membuat bandeng presto juwana, cara membuat bandeng presto tulang lunak,

Bahan Cara Memasak Bandeng Presto Agar Tidak Hancur Saat Digoreng

1. 10 cm lengkuas sudah dimemarkan
2. 1 kg bandeng ukuran sedang
3. 3 buah jeruk nipis sudah diperas
4. 4 lembar daun salam
5. 4 batang serai sudah dimemarkan
6. Daun pisang secukupnya

Bumbu Dihaluskan

1. 6 cm kunyit sudah dihaluskan
2. 1 sendok teh gula pasir
3. 2 cm jahe sudah dibersihkan
4. 2 sendok makan garam
5. 8 siung bawang putih

Bumbu Pelapis Saat Digoreng

1. 2 butir telur ayam
2. Garam secukupnya

Cara Memasak Bandeng Presto Agar Tidak Hancur Saat Digoreng

1. Pertama-tama lumuri ikan badeng pesto dengan perasan air jeruk nipis daan diamkan beberapa waktu agar meresap.
2. Kemudian isi panci presto dengan menggunakan air secukupnya, gunakan alas daun pisang untuk setiap tingkat pindang daan lumuri jahe, kunyit, bawang putih, daun salam dan serai.
3. Pada lapisan daun pisang ke dua lumuri dengan menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan ke seluruh ikan daan tutup permukaan atas menggunakan alas daun pisang daan tutup panci prestonya.
4. Nyalakan api dengan tingkat sedang dan tunggu sekitar 30 menit, setelah itu bandeng diangkat dan ditiriskan.
5. Selanjutnya lumuri bandeng menggunakan telur yng sudah dikocok lalu digoreng hingga warnanya cokelat keemasan.

cara membuat bandeng presto dengan panci presto, cara membuat bandeng presto duri lunak, cara membuat bandeng presto juwana, cara membuat bandeng presto tulang lunak,

Di dalam menyajikan olahan bandeng presto ini, Anda dapat menambahkan saus sambal atau saus tiram sesuai dengan selera keluarga. Karena bandeng terkenal dengan duri yng banyak, maka pengolahan ikannya harus di presto terlebih dahulu agar tidak hancur. Meskipun hancur tapi durinya akan lunak daan tidak tajam, sehingga tidak berbahaya jika terkena gusi. Agar hasilnya lebih bagus, ketika memilih ikan bandeng, pilihlah ikan bandeng yang tidak terlalu besar daan kecil. Bandeng dengan berat 1 kg berjumlah 3 ekor sangat cocok untuk dibuat bandeng presto.

Ikan bandeng mengandung asam folat yang cukup tinggi daan vitamin B6 dan B12 sangat diperlukan untuk janin. Selain itu, ikan bandeng mengandung omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak. Apabila sering mengkonsumsi ikan bandeng dengan rutin maka akan mencegah penyakit arteriosklerosis daan jantung koroner. Apalagi bandeng juga mengandung protein yng cukup tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan anak.

Bagaimana, cukup mudah kan membuat ikan bandeng presto tetap segar dana tidak hancur saat digoreng? Jika Anda tidk suka dengan bandeng goreng, Anda pun dapat membuat variasi makanan dengan cara memasak bandeng presto agar tidak hancur yakni dengan dipepes atau lainnya. Demikian penjelasan mengenai resep daan cara memasak bandeng presto yang mudah tanpa menghancurkan daging atau durinya. Selamat mencoba.