26 Januari 2016

5 Teknik Cara Memasak Brokoli Untuk Diet Yang Benar

5 Teknik Memasak Brokoli Untuk Diet - Siapa yang tidak tahu dengan sayuran brokoli? Sayuran yang seperti kembang kol dengan warna hijau pekat ini merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari brokoli adalah kandungan anti oksidan ynag terdapat di dalamnya. Anti oksidan ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Tapi buat Anda ladies, tahukah Anda kalau brokoli merupakan salah satu sayuran ynag tepat untuk Anda konsumsi dalam program diet Anda? Nah memasak brokoli juga ada tekniknya loh, khususnya cara memasak brokoli untuk diet untuk diet yang benar.

cara memasak brokoli untuk makanan bayi,cara memasak brokoli goreng,cara memasak brokoli agar tetap hijau,cara memasak brokoli bawang putih,cara memasak brokoli saus tiram,

Baca juga: Memasak Bubur Jagung Bayi


Mengapa brokoli harus dimasak dengan benar? Hal ini dikarenakan agar nutrisi yang terkandung di dalam brokoli tidak banyak keluar sehingga bisa diserap seutuhnya oleh tubuh. Sebelum membahas mengenai teknik memasak brokoli yanng tepat bagi Anda ynag tengah diet, sebaiknya kita bahas dulu manfaat brokoli untuk diet. Salah satunya adalah brokoli merupakan salah satu sayuran ynag memiliki banyak serat. Serat sangat diperlukan oleh tubuh, karena mampu melancarkan sistem metabolism tubuh Anda. Bagi Anda ynag tengah diet juga memerlukan sayuran berserat untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

Serat tersebut akan membersihkan racun serta kotoran ynng ada di dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan dan mengembalikan fungsi normal pada tubuh khususnya saluran pencernaan Anda. Selain mengandung banyak serat, ternyata brokoli juga mengandung vitamin C loh. Vitamin C ini sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, brokoli juga mengandung vitamin A serta vitamin B Kompleks. Dan yann perlu diketahui, brokoli ternyata memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Untuk 100 gram brokoli kandungan kalorinya hanya 30 kalori. Nah, pas sekali bukan brokoli Anda masukkan dalam daftar menu diet Anda.

cara memasak brokoli untuk makanan bayi,cara memasak brokoli goreng,cara memasak brokoli agar tetap hijau,cara memasak brokoli bawang putih,cara memasak brokoli saus tiram,

Dengan kandungan nutrisi yang cukup banyak, wajar sekali jika brokoli merupakan salah satu sayuran yaag paling banyak dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Akan tetapi, cara memasak juga menentukan apakah nutrisi pada brokoli masih tersimpan atau justru terbuang. Sayang sekali jika nutrisi yaag banyak pada brokoli harus terbuang karena cara memasak yang salah. Berikut akan kami berikan kepada Anda beberapa teknik memasak brokoli yaag tepat bagi Anda yann tengah diet. 

Diantaranya Cara Memasak Brokoli

1. Teknik merebus

Teknik ini biasa digunakan oleh mereka yang tengah menjalani program diet. Dengan teknik merebus akan menjaga keutuhan nutrisi dari bokoli. Namun ingat, jangan terlalu lama merebus bokoli agar tidak kehilangan semua nutrisinya. Caranya cukup rebus air bersama sedikit garam, setelah mendidih masukkan bokoli sekitar 1 sampai 1,5 menit saja. Lalu tiriskan dan masukkan brokli rebus ke dalam air dingin (bisa ditambahkan es batu) untuk menjaga brokoli agar tetap renyah.

2. Teknik microwave

Jika Anda memiliki microwave di rumah bisa menggunakan teknik ini untuk memasak brokli. Anda tinggal memasukkan bokoli ke dalam mangkuk tahan panas beserta sayuran lain seperti kentang dan masak menggunakan microwave selama 3 sampai 4 menit.

3. Teknik mengukus

Untuk tetap menjaga keutuhan nutrisi pada brokli teknik mengukus merupakan salah satu cara yan paling tepat dan bagus untuk Anda ynng tengah diet. Masukkan brokli yaag telah dibersihkan ke dalam mangkok dan kukus selama 4 sampai 5 menit saja.

4. Teknik menumis

Untuk menumis brokli sebaiknya tidak terlalu lama agar nutrisi didalamnya tidak hilang. Jika menggunakan minyak sebaiknya gunakan minyak zaitun yann lebih sehat atau gunakan sedikit minyak saja utuk menumis bahan-bahan tumisan. Cukup sebentar menumis brokli sampai warna dari brokoli menjadi lebih terang.

5. Teknik dipanggang

Salah satu teknik memasak brokoli adalah dengan memanggang. Anda bisa memanggang brokli dengan dicampur bersama sayuran lainnya. Utuk memanggang brokli sebaiknya menggunakan suhu 220 derajat celcius dengan waktu pemanggangan sekitar 20 sampai 25 menit agar brokli memiliki tekstur yang renyah.

cara memasak brokoli untuk makanan bayi,cara memasak brokoli goreng,cara memasak brokoli agar tetap hijau,cara memasak brokoli bawang putih,cara memasak brokoli saus tiram,

Nah demikian teknik cara memasak brokoli untuk diet yang benar. Namun ada satu hal yang penting diketahui adalah cara membersihkan brokoli. Setelah dicuci dengan air mengalir beberapa lama, rendam brokoli dengan air garam. Hal ini dimaksudkan agar ulat kecil yang bersarang dalam brokoli bisa keluar serta juga menghilangkan sisa pestisida di dalam brokoli. Selamat mencoba.
 
Angels Directory.com