Tips dan Cara Memasak Bubur Kacang Ijo Enak dan Lezat

Tips Memasak Bubur Kacang Ijo Enak dan Lezat - Kacang ijo adalah sejenis palawija yang terkenal di daerah tropis. Dimana kacang ijo bisa diolah menjadi makanan yang menyehatkan untuk bayi, anak-anak dan orang dewasa. Biasanya kacang ijo sangat enak, ketika diolah menjadi bubur kacang ijo. Pada dasarnya, cara memasak bubur kacang ijo sama dengan memasak bubur pada umumnya. Bubur kacang ijo sendiri merupakan bubur dengan bahan utamanya kaccang hijau yg dikolaborasikan dengan santan, gula merah, dn daun panda sebagai penambah aroma masakan bubur kacang ijo. Para ibu yang mempunyai bayi kecil, boleh memberikan makanan berupa bubur kaccang hjau kepada sang buah hati, sebab akan membantu dalam proses pertumbuhan.

cara membuat bubur kacang ijo campur ketan hitam,cara membuat bubur kacang ijo sederhana,cara membuat bubur kacang ijo yang empuk,cara membuat bubur kacang ijo madura,

Baca juga: Memasak Bubur Mutiara

A. Manfaat Bubur Kacang Ijo

Di negara Indonesia, bubur kacang ijo berada di urutan ke 3 sebagai tanaman pangan legum artinya yg mempunyai nutrisi yg baik. Salah satu manfaat kacang ijo yakni sebagai sumber utama pangan, sebab kacang ijo mengandung banyak protein nabati yg tinggi. Berikut manfaat kaccang hijau antara lain:

1. Membantu sistem pencernaan

Kaccang hijau mengandung serat yang cukup tinggi, ada serat yg larut dan tidak larut. Serat yg tidak bisa larut itulah yg bisa membantu sistem pencernaan, tetap sehat dann mengatasi masalah sembelit.

2. Mencegah penyakit akibat virus

Kandungan vitamin c yng terdapat pada kaccang hijau bisa mencegah berbagai macam penyakit yng diakibatkan oleh virus, sehingga sistem kekebalan tubuh semakin meningkat dann mempercepat penyembuhan sakit pada tenggorokan.

3. Menyehatkan jantung

Mengkonsumsi kacaang hijau dengan teratur bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan fleksibilitas dari vena dan pembuluh arteri. Hal ini menyebabkan tekanan darah menjadi teratur daan berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.


cara membuat bubur kacang ijo campur ketan hitam,cara membuat bubur kacang ijo sederhana,cara membuat bubur kacang ijo yang empuk,cara membuat bubur kacang ijo madura,

B. Langkah Memasak Kacang Hijau

Cara memasak bubur kacang hijau sangatlah mudah, sebab bahan utama yaitu kacang ijo mudah dicari daan harganya relatif mudah. Selain itu, pilihlah kacan hijau dengan kualitas terbaik, artinya banyak yng mengambang. Sebelum di masak, kaccang hijau direndam terlebih dahulu selama 2 jam dengan menggunakan air hangat.

Bahan Cara Memasak Bubur Kacang Ijo Nikmat

1. 100 gram gula pasir sesuai dengan selera
2. 250 gram kacang hijau
3. 2 lembar daun pandan
4. 2 cm jahe sudah diiris-iris
5. 2 buah gula jawa yng sudah di iris halus
6. Air secukupnya
7. Garam secukupnya

Bahan Santan Untuk Cara Memasak Kuah Kacang Ijo

1. 200 ml santan
2. 2 lembar daun pandan
3. Garam secukupnya
4. Air secukupnya

Cara Memasak Bubur Kacang Ijo Yang Enak

1. Pertama-tama rebus air dengan kacan hijau sampai empuk, lalu masukkan gula merah, daun pandan dan jahe.
2. Kemudian tambahkan garam daan gula pasir, sambil diaduk sebentar sampai merata.
3. Selanjutnya masak sampai mendidih, sambil menyiapkan santan.
4. Tuangkan isi santan yan sudah direbus, lalu tambahkan air secukupnya, da masukkan garam serta daun pandan.
5. Cara penyajiannya tuangkan bubur kacang ijo setelah memasak beserta santan dalam satu mangkok.

cara membuat bubur kacang ijo campur ketan hitam,cara membuat bubur kacang ijo sederhana,cara membuat bubur kacang ijo yang empuk,cara membuat bubur kacang ijo madura,

Tips sebelum memasak bubur kacang ijo yang enak yaitu jika merendam kacang ijo menggunakan air hangat, hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Namun, merendam dengan kacang ijo dengan menggunakan air dalam suhu ruang, memerlukan waktu sekitar 6-8 jam. Selain itu, kacang hijau yang mengapung ketika di rendam, yaitu kacang ijo yan mempunyai kualitas tidak baik. Oleh sebab itu gunakanlah kacang ijo yang tidak mengapung.

Cara memasak kacang ijo yang menyehatkan adalah tidak menambahkan santan ketika kacang ijo dipanaskan, jika ingin menambahkan saat pemanasan, gunakanlah santan yan encer. Bubur kacang ijo dalam penyajiannya bisa dikombinasikan dengan berbagai ketan atau lainnya yan bisa menambah variasi rasa dan tampilan.

Ibu-ibu sering menambahkan bubur kacang ijo dengan ketan hitam atau ketan putih. Bahkan ada yang menambahkan dengan durian dann buah nangka, sehingga rasa bubur ini akan beraroma buah. Dengan itu, tampilan dann rasanya akan lebih menggugah selera. Demikian penjelasan mengenai cara memasak bubur kacang ijo yang enak. Semoga ibu di rumah bisa mencobanya untuk keluarga tercinta.