Manfaat Serta Resep Cara Memasak Bubur Sumsum Yang Nikmat

Manfaat Dan Resep Memasak Bubur Sumsum - Bubur sumsum adalah sejenis makanan yang berasal dari tepung beras dan berwarna putih. Dimana menikmatinya menggunakan kuah manis dari air gula merah. Akan tetapi bubur yang berwarna putih diolah dari bahan tepung beras yang dicampurkan dengan santan. Cara memasak bubur sumsum yang nikmat pun hampir sama dengan memasak bubur lainnya, seperti bubur candil, bubur mutiara dan lainnya. Memang bubur sumsum ini termasuk kuliner Indonesia yang tidak sulit untuk ditemui, bahkan di negara Malaysia pun juga menikmati bubur sumsum ini. Pada dasarnya asal usul bubur sumsum tidak dapat diketahui dengan jelas, namun penyebaran makan ini sudah sampai ke pelosok nusantara.

Baca juga: Resep Bunga dan Daun Pepaya Agar Tidak Pahit
Bubur sumsum disebut dan dikenal dengan bubur sumsum karena tampilannya seperti tulang. Ketika penyajiannya pun, bubur sumsum di letakkan di dalam wadah piring atau mangkuk dan kemudian disiram dengan kuah dari gula jawa yang sangat manis asli dan gurih. Para ibu bisa membuat bubur sumsum ketika hari libur bersama keluarga, apalagi dinikmati ketika masih dalam keadaan hangat. Kebanyakan bubur sumsum hanya putih polos dan disiram air gula jawa, namun untuk menambah kreasi, Anda bisa menambahkan makanan lainnya seperti buah nangka yang diiris tipis.

A. Manfaat Tepung Beras sebagai Bahan Utama Bubur Sunsum

Tepung beras adalah bahan pokok di dalam memasak bubur sumsum yang nikmat, akan tetapi selain bisa diolah menjadi makanan, tepung beras mempunyai manfaat bagi kesehatan. Manfaat tepung beras untuk kesehatan adalah:

1. Sumber energi
Tepung terigu sama dengan nasi sebab mempunyai karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk tubuh daan membantu agar otak berfungsi secara normal.

2. Tidak mengandung kolesterol
Tepung beras sangat baik untuk kesehatan karena tidak mengandung lemak berbahaya yakni kolesterol atau sodium. Sehingga cocok sekali jika digunakan untuk diet.

B. Cara Memasak Bubur Sumsum Yang Legit

Cara memasak bubur sumsum yang nikmat relatif mudah daan tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan bahan-bahannya bisa di dapatkan dengan mudah di toko kelontong sekitar rumah. Bahkan sudah ada tepung beras siap saji yang mudah ditemukan di toko-toko. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak bubur sumsum.

Bahan Memasak Bubur Sumsum Enak
1. 100 gram tepung beras halus
2. 650 ml santan kelapa
3. 3 lembar daun pandan
4. Garam halus secukupnya

Bahan Memasak Saus Bubur Sumsum Dari Gula Merah
1. 100 ml air mineral
2. 200 gram gula merah
3. 3 daun pandan
4. Kayu manis secukupnya

Cara Memasak Bubur Sumsum Supaya Nikmat

1. Pertama-tama panaskan santan, daun pandan dann garam secukupnya dalam panci yang sudah disediakan.
2. Kemudian masukkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk agar adonan merata sampai adonan menjadi kental dan matang.
3. Selanjutnya memasak saus gula merah, caranya dengan menambahkan daun padan dan kayu manis ke dalam gula jawa yang sedang dipanaskan.
4. Tambahkan air aduk terus agar gula jawa tidak hangus.
5. Cara penyajiannya, bubur sumsum yang sudah matang disiram dengan saus gula jawa.

Daun pandan digunakan agar aroma bubur sumsum semakin sedap, namun ketika menyajikan, sebaiknya daun pandan ini dibuang. Usahakan diaduk secara terus menerus agar tidak terjadi gumpalan-gumpalan, yang mengakibatkan teksturnya kurang merata.

C. Tips Memasak Bubur Sumsum

Meskipun memasak bubur sumsum relatif sederhana, namun ada beberapa tips yang harus diperhatikan bagi ibu yang ingin mencobanya di rumah. Supaya teksturnya lembut dan hasilnya sempurna, sebaiknya mencampur tepung beras terlebih dahulu dengan sebagian santan daan barulah dicampur dengan sebagian santan yang direbus. Hal tersebut berfungsi agar bubur sumsum tidak ada yang menggumpal. Karena gumpalan dari tepung tersebut biasanya hanya matang di luar dan di dalamnya masih berupa tepung.

Bubur sumsum selain bisa dinikmati untuk acara keluarga juga bisa dijadikan makanan sang buah hati yang baru berumur 6 tahun. Pasalnya, bayi yang berumur 6 tahun harus makan makanan yang masih halus dan teksturnya masih lembut. Demikian cara memasak bubur sumsum yang nikmat, semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.