Resep Sederhana Cara Memasak Cumi Asam Manis Rumahan Yang Enak

Resep Sederhana Memasak Cumi Asam Manis - Cara memasak cumi asam manis rumahan yang enak tentunya dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Siapa yang tidak mengenal olahan cumi asam manis yang sudah sangat populer untuk kalangan penikmat makanan laut. Kelezatan dan juga empuknya daging cumi memang membuat banyak orang menjadi ketagihan untuk mengkonsumsinya. Semua fungsi dari cumi-cumi ini dapat dikonsumsi mulai dari daging cumi bahkan tinta cumi. Biasanya orang-orang akan membuang tinta cumi karena takut mengandung racun. Tinta cumi justru enak sekali diolah dengan potongan daging cumi.Manfaat, Resep dan Cara Memasak Cah Kangkung Rumahan Yang Enak

cara memasak cumi saus tiram,cara memasak cumi goreng tepung,cara memasak cumi hitam,cara membuat cumi asam manis pedas,cara memasak cumi asam manis pedas,

Baca juga: Resep Cah Kangkung Rumahan Yang Enak


Rasanya yang gurih tentu membuat banyak orang sering mengabaikannya dan memilih memasak daging cumi dengan teknik lainnya agar tidak menggunakan tinta cumi. Salah satunya cumi asam manis. Cara memasak cumi asam manis rumahan yang enak memang sangat mudah dipraktekkan sehari-hari. Bahkan tidak heran banyak sekali keluarga yang sering menikmati sajian cumi asam manis. Kandungan gizi di dalam cumi merupakan salah satu faktor banyak orang yang menikmati cumi. Banyaknya variasi jenis makanan yang menggunakan bahan dasar cumi ini memang membuat menu makanan ini menjadi tidak monoton.

Untuk orang Indonesia yang berada pada iklim tropis, tentunya makanan yang memiliki rasa asam namun manis tentunya menjadi pilihan. Karena perpaduan rasa asam dan manis ini akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Menu cumi asam manis memang sangatlah tepat dikonsumsi oleh orang Indonesia. Melimpahnya cumi di Indonesia tentu saja membuat banyak orang menjadi lebih senang karena harga cumi menjadi sangat terjangkau. Dengan harga yang terjangkau ini tentu saja akan membuat makanan yang menggunakan olahan cumi menjadi lebih terjangkau juga.


cara memasak cumi saus tiram,cara memasak cumi goreng tepung,cara memasak cumi hitam,cara membuat cumi asam manis pedas,cara memasak cumi asam manis pedas,

Tetapi daripada Anda membeli makanan di luar rumah Anda, lebih baik Anda mencoba memasak sendiri olahan cumi di rumah. Cara memasak cumi asam manis rumahan yang enak sangatlah mudah dipraktekkan. Tidak perlu menggunakan bahan yang asing karena secara teknis penggunaan bumbu asam manis ini hampir serupa dengan bumbu asam manis dengan bahan dasar lainnya. Yang membedakan adalah penggunaan cumi-cuminya.

Cara memasak cumi asam manis rumahan yang enak memang sangatlah praktis dilakukan. Karena jika menikmati hidangan seafood tanpa menghadirkan menu cumi-cumi sangatlah tidak lengkap. Apabila menu seafood lain sudah Anda pakai dengan mencampurkan bumbu yang berbeda, Anda dapat menggunakan resep cumi asam manis. Cumi-cumi memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan bahan laut lainnya untuk menggunakan bumbu asam manis. Karena keunggulan gizi yang ada di cumi-cumi, cita rasa serta aroma cumi-cumi yang khas dan yang terpenting adalah cumi-cumi sangatlah mudah dicerna apabila dimasak dengan tepat dan benar.

cara memasak cumi saus tiram,cara memasak cumi goreng tepung,cara memasak cumi hitam,cara membuat cumi asam manis pedas,cara memasak cumi asam manis pedas,

Cara Memasak Cumi Asam Manis

Cara memasak cumi asam manis rumahan yang enak tentu saja harus diolah dengan tepat agar daging cumi tidak alot dan akan membuat cita rasa makanan menjadi tidak enak. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat agar daging cumi tidak alot dan tidak berbau amis:
1. Memilih cumi yang baik. Anda harus memilih cumi-cumi yang masih segar dengan ciri-ciri seperti mata yang bersih, daging tidak kemerahan, daging padat dan kenyal.
2. Proses pembersihan memang harus dilakukan dengan benar. Anda harus membersihkan tintanya dengan hati-hati agar tidak meluber ke daging pastikan menggunakan air mengalir untuk membersihkannya.
3. Anda dapat melumuri daging cumi menggunakan asam jawa, parutan jahe maupun jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis. Yang terpenting setelah dilakukan pelumuran Anda harus mencuci kembali daging cumi tersebut.
4. Proses pengolahan cumi juga tidak boleh terlalu lama karena justru akan membuat tekstur cumi menjadi keras.

Cara memasak cumi asam manis rumahan yang enak dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut ini:

1. Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, Anda dapat memasukan semua bahan bumbu iris seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay, tomat, daun bawang, dan jahe. Tumis hingga tercium aroma wangi.
2. Selanjutnya Anda dapat memasukkan cumi ke wajan dan bahan lainnya seperti garam, kecap, saus, cabai merah bubuk serta gula. Karena ini adalah asam manis, Anda dapat menggunakan potongan nanas ataupun menggunakan belimbing wuluh. Aduk-aduk hingga matang.

Cara memasak cumi asam manis rumahan yang enak sangatlah mudah dilakukan bukan? Dengan menggunakan langkah tersebut maka Anda dapat memasak menu serupa dengan menggunakan bahan yang lain. Tetapi disarankan untuk menggunakan cumi sebagai bahan dasar untuk membuat masakan ini karena cumi-cumi memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan bahan dasar dari laut yang lain.