Resep Sederhana Cara Memasak Cumi Hitam Goreng Tepung Saus Padang

Resep Sederhana Cumi Hitam Goreng Tepung Saus Padang - Cara memasak cumi hitam goreng tepung saus Padang tentunya untuk sebagian orang kurang tahu. Cumi yang biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan menu yang cukup populer seperti cumi saus tiram, cumi goreng tepung saus mentega atau menu lainnya tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya dengan olahan menu cumi dengan saus Padang. Makanan cumi hitam goreng tepung saus Padang ini sebenarnya salah satu bentuk inovasi yang akhirnya menjadikan menu ini menjadi salah satu menu favorit yang berasal dari Padang selain rendang.

cumi goreng tepung saus tiram,cumi goreng saus tiram,cara membuat cumi goreng tepung sajiku,cumi goreng mentega,resep udang goreng tepung saus asam manis pedas,

Baca juga: Daging Kambing Kecap Agar Empuk Dan Tidak Bau

Olahan makanan yng menggunakan bahan dasar cumii ini masih memiliki peminat yang cukup banyak. Tidak heran jika banyak sekali inovasi dari cumii. Cara memasak cumi hitam goreng tepung saus Padang sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hampir seperti penggunaan bumbu-bumbu yg biasa di jumpai dalam kuah Padang. Tetapi memang penggunaan cumii memang menjadi daya tarik tersendiri. Tekstur dari daging cumii hitam yg kenyal inii memang membuat cita rasa makanan tersebut menjadi semakin lezat. Karena rasa dari cumii yg gurih ini memang sangat cocok apabila dipadukan dengan saus Padang yang memang memiliki cita rasa gurih.

Tidak heran jika banyak sekali masyarakat yang berada di Padang senang sekali mengkonsumsi cumii dengan olahan saus Padang ini. Cumii hitam yg memiliki banyak kandungan vitamin dan juga protein ini memang salah satu sumber makanan yang memang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Cumii hitam yg memiliki cita rasa yang gurih dan harganya yg cukup terjangkau ini memang sangat digemari. Terlebih dengan berbagai olahan daging cumi hitam yg beraneka ragam ini. Inovasi demi inovasi terus dilakukan agar menu masakan yg menggunakan olahan daging cumii hitam inii tidak monoton dan tentunya semakin bervariasi.

Dengan menghadirkan cara memasak cumi hitam goreng tepung saus Padang tentunya diharapkan membawa cita rasa cumii yang sangat identik dengan saus Padang yang khas. Cara memasak cumi hitam goreng tepung dengan saus Padang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan olahan cumii yg menggunakan bahan tepung. Dengan menggunakan olahan goreng tepung ini tentu saja akan membuat rasa dari cumii ini semakin terasa mantap. Sebagian orang menyukai mengolah cumi menggunakan tintanya tetapi ada juga yg menghilangkan tinta cumi. Hal ini dapat dilakukan sesuai selera masing-masing apakah menginginkan menggunakan tinta cumi atau tidak.

Keunggulan dari menggunakan tinta cumii ini sebenarnya adalah rasa dari daging cumi sendiri nantinya akan semakin kuat terasa. Berbeda dengan menggunakan daging cumii tanpa tinta yg terkadang kurang memiliki karakter cumi yg kuat.

cara membuat cumi goreng tepung sajiku, cumi goreng mentega, cumi goreng saus tiram, cumi goreng tepung saus tiram, resep udang goreng tepung saus asam manis pedas,

Langkah Sederhana Memasak Cumi Hitam Goreng Tepung Saus Padang

Cara memasak cumi hitam goreng tepung saus Padang sebenarnya hampir serupa dengan olahan goreng tepung dari bahan lain. Hal yng paling mudah Anda lakukan adalah membersihkan terlebih dahulu daging cumii yng ingin Anda gunakan. Anda dapat menggunakan tinta cumii atau tidak menggunakannya. Hal ini tergantung selera Anda. Tinta cumii sebaiknya dipisahkan dengan tempat terpisah. Lalu Anda bisa membersihkan tulang rawan cumii dan jika sudah dirasa bersih dapat dilakukan pemotongan. Pemotongan daging cumii ini sebaiknya dilakukan dengn bentuk bundar agar cita rasa cumii tidak pecah.

Cara memasak cumi hitam goreng tepung saus Padang dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut ini:

1. Lumuri cumi dengan air perasan jeruk nipis. Hal ini bertujuan untuk membantu menghilangkan aroma amis pada cumi sehingga ketika nanti dilakukan proses memasak tidak membuat aroma masakan menjadi tidak sedap.
2. Seperti halnya membuat cumi goreng tepung lainnya. Anda dapat menggunakan tepung bumbu yang sudah banyak beredar di pasaran. Cukup membuat dua bahan dari tepung bumbu tersebut. Mulai dari bahan pelapis dan bahan pencelup. Bahan pencelup ini merupakan tepung bumbu yng sudah dicampur dengan sedikit air. Anda dapat memasukkan cumi ke bahan pelapis baru selanjutnya mencelupkan ke bahan pencelup. Apabila sudah merata maka Anda dapat memasukkan kembali ke bahan pelapis. Goreng di minyak panas dengan api sedang. Tiriskan jika sudah matang.
3. Anda dapat memanaskan margarin dengan api sedang. Jika margarin sudah meleleh maka Anda dapat melakukan tumis bawang bombay, cabai merah dengan bumbu halus yang berisi cabai merah keriting, bawang putih dan jahe. Tumis hingga tercium aroma harum.
4. Tahap cara memasak selanjutnya adalah memasukkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, garam dan merica bubuk. Aduk hingga merata baru selanjutnya diberi air sedikit. Masak hingga mendidih.
5. Langkah cara memasak selanjutnya adalah memasukkan daun bawang dan aduk hingga merata. Untuk hasil maksimal, Anda disarankan menggunakan larutan tepung sagu. Memasak nya hingga mendidih baru kemudian diangkat.
6. Tahap terakhir cara memasak adalah menyiramkan saus Padang yng masih panas ke atas cumi goreng tepung yng sudah disiapkan sebelumnya. 

Cara memasak cumi hitam goreng tepung saus Padang ternyata sangatlah mudah dilakukan. Oleh karena itu Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Dengan melakukan inovasi akan membuat Anda menjadi terlatih dalam memasak dan mengolah makanan berbahan dasar cumi ini. Terlebih cara pengolahan menu cumi yang satu ini sangatlah mudah diterapkan. Anda bisa menjadikan menu ini sebagai salah satu menu andalan keluarga.