4 Tips Cara Memasak Daun Singkong Santan Agar Tetap Hijau

Cara Memasak Daun Singkong Agar Tetap Hijau - Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang paling umum ditemukan di pasar tradisional. Mengapa demikian? Sayur singkong merupakan sayur yang berasal dari daun ketela atau ubi kayu. Bentuk daunnya menyerupai jari dan sering dijadikan berbagai macam olahan nusantara. Salah satunya adalah dengan mengolah daun singkong menggunakan santan. Hanya saja terkadang beberapa kejadian ketika memasak daun singkong adalah warnanya yang berubah menjadi cokelat apabila dimasak terlalu lama. Lalu, bagaimana cara memasak daun singkong santan agar tetap hijau? Kami akan memberikan kepada Anda tips memasak daun singkong agar tetap hijau.

cara memasak daun singkong tanpa santan,cara memasak tumis daun singkong,cara memasak daun singkong agar tetap hijau,caRa masak gulai daun singkong,cara memasak daun singkong tumbuk,

Baca juga: Daun Ubi Tumbuk Khas Medan Asli

Anda penggemar kuliner masakan Padang? Atau Anda pernah melihat masakan khas Batak yang menggunakan daun singkong? Jika di masakan Padang terkadang kita mendapati sayuran singkong dengan kuah santan masih memiliki warna hijau yang masih segar dan pekat. Padahal ketika dicoba tekstur daun-singkong amat lembut dan jauh dari kata keras. Bahkan tak jarang kita menemukan daun singkong yan tidak memiliki rasa pahit sedikitpun padanya. Hal tersebut terkadang berbanding terbalik bila kita mencoba sendiri memasak daun singkong kuah santan. Dimana ketika daun-singkong terlalu lama direbus akan berubah cokelat, akan tetapi jika terlalu cepat direbus teksturnya akan keras.

Sebelum berbicara mengenai tips memasak daun singkong agar tetap hijau, pertama kali kita lihat manfaat dari daun-singkong terlebih dahulu. Di dalam daun-singkong terdapat banyak sekali vitamin serta mineral yg dibutuhkan oleh tubuh kita. Contohnya adalah asam amino yan akan membuat luka di kulit cepat menutup, bermanfaat untuk pergantian sel tubuh kita, menguatkan daya ingat serta memperkuat tulang. Selain itu, warna hijau pada daun-singkong memiliki klorofil yg sangat baik untuk tubuh loh. Daun-singkong juga memiliki anti oksidan yan membantu mencegah penyakit kanker.

cara memasak daun singkong tanpa santan,cara memasak tumis daun singkong,cara memasak daun singkong agar tetap hijau,caRa masak gulai daun singkong,cara memasak daun singkong tumbuk,

Nah, bagaimana cara mengolah daun singkong agar tetap selalu berwarna hijau. Terlebih ketika akan dimasak menggunakan santan. Ada beberapa tips yan bisa Anda gunakan untuk membuat sayuran singkong berwarna hijau segar, antara lain adalah:
1. Gunakan daun singkong yan memiliki warna terang dan masih segar. Kemudian cuci sampai bersih dengan air yang mengalir. Daun singkong bisa Anda rebus terlebih dahulu, nah tipsnya adalah dengan merebus daun singkong menggunakan air yng banyak sehingga daun singkong terendam seutuhnya, jangan lupa untuk menambahkan garam sebanyak 2 sampai 3 sendok makan. Garam inilah yg akan membuat daun-singkong tetap berwarna hijau segar.
2. Tips yang kedua yng bisa Anda gunakan adalah tips ala restoran atau rumah makan Padang. Air abu bisa digunakan untuk merebus daun-singkong sebelum dimasukkan ke dalam kuah santan. Caranya adalah untuk setiap 6 ikat daun-singkong yg telah dibersihkan sebelumnya, Anda bisa menambahkan 3 sendok makanan air abu ke dalam rebusan daun-singkong. Dimana bisa menemukan air abu? Anda bisa menemukannya di toko yan menjual bahan kue atau bahan tradisional.
3. Tips yan ketiga agar daun singkong agar tetap hijau adalah ketika merebusnya, jangan menutup panci rebusan daun singkong ya. Mengapa demikian? Hal tersebut untuk mengeluarkan asam dari daun singkong yng keluar bersama dengan uap. Nah, dengan demikian daun singkong akan tetap berwarna hijau saat dimasukkan ke dalam bumbu santan.
4. Tips yg keempat adalah dengan meremas daun singkong dengan garam sebelum direbus atau ditumis atau sebelum dimasukkan ke dalam kuah santan. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan daun singkong yng tetap berwarna hijau ketika dimasak dengan menggunakan santan.
cara memasak daun singkong tanpa santan,cara memasak tumis daun singkong,cara memasak daun singkong agar tetap hijau,caRa masak gulai daun singkong,cara memasak daun singkong tumbuk,

Memasak daun singkong dengan santan memang susah gampang, namun dengan tips diatas semoga bisa mengatasi kegalauan Anda dalam membuat daun singkong kuah santan tetap berwarna hijau dan menambah selera makan Anda bukan? Demikianlah tips cara memasak daun singkong santan agar tetap hijau. Untuk resep kuah santan bisa Anda temukan di berbagai situs memasak yg bertebaran di internet. Semoga tips diatas dapat membantu Anda, dan selamat mencoba memasak daun singkong kuah santan yg berwarna hijau. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal, dijamin selera makan Anda akan tergugah seutuhnya.