Tips Cara Memasak Dendeng Sapi Balado Sedap dan Nikmat Lezat

Cara Memasak Dendeng Sapi Balado Sedap dan Nikmat Lezat - Cara memasak dendeng sapi balado sedap dan nikmat lezat. Siapa sih yang tak kenal dendeng sapi? Dendeng dari daging sapi merupakan salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Sebab makanan yang satu ini menciptakan rasa yang begitu menggugah selera. Apalagi sajian masakan dendeng sapi balado yang sangat menggoyang lidah. Dendeng sapi balado termasuk salah satu resep spesial untuk keluarga tercinta, khususnya bagi Anda yang menyukai makanan yang satu ini.

cara memasak dendeng sapi basah,cara memasak dendeng sapi manis,cara memasak dendeng sapi kering,cara membuat dendeng balado basah,resep dendeng balado minang,dendeng daging sapi yang dijemur,

Baca juga: Tips Memasak Dengan Panci Presto

Ketika momen hari besar seperti hari spesial atau hari lebaran tiba tentunya kita sering kali menyaksikan suguhan masakan yang bersantan, namun terkadang makanan ini justru membuat kita merasa bosan menyantapnya. Anda tak perlu khawatir, sebab ada sajian masakan yang enak dan paling spesial yang patut dicoba dan dicicipi seperti makanan dendeng sapi balado yang satu ini. Cara memasak dendeng sapi balado sedap dan nikmat juga sangat mudah untuk dicoba. Menu makanan spesial ini tentunya bisa mengembalikan selera nafsu makan yang hilang.

Masakan dendeng sapi balado ini termasuk masakan yg berbahan dasar dari daging sapi tanpa memakai campuran santan di dalamnya. Disamping itu, dendeng sapi balado dimasak melalui penggorengan dengan cara yang praktis dan mudah. Nah, agar menghasilkan menu makanan dendeng balado renyah, maka daging sapi perlu terlebih dulu direbus dengan keadaan utuh maupun dipotong besar-besar. Selain itu, pakai minyak goreng yg panas yg takarannya banyak pada api sedang.


cara memasak dendeng sapi basah,cara memasak dendeng sapi manis,cara memasak dendeng sapi kering,cara membuat dendeng balado basah,resep dendeng balado minang,dendeng daging sapi yang dijemur,

Tak hanya itu saja, dendeng sapi balado tentunya lebih serasi lagi jika disajikan dengan nasi dibandingkan ketupat atau lontong. Nah, dengan makanan spesial yang satu ini tentunya menjadikan salah satu menu alternatif untuk para penikmat tanpa adanya santan ataupun bagi Anda yang tidak begitu menggemari ketupat. Jika Anda penasaran dengan cara memasak dendeng sapi balado sedap dan nikmat, berikut kami sajikan ulasannya:

cara memasak dendeng sapi basah,cara memasak dendeng sapi manis,cara memasak dendeng sapi kering,cara membuat dendeng balado basah,resep dendeng balado minang,dendeng daging sapi yang dijemur,

Bahan-bahan utama yang digunakan:
• Minyak goreng secukupnya
• 2 sdm air perasan jeruk nipis
• 1 sdt garam
• 1 kg dagging sapi

Bumbu untuk balado dendeng sapi:
• 1 sdt garam
• 2 sdm minyak atau secukupnya untuk menumis
• 2 buah cabai merah berukuran besar, kemudian potong-potong
• 8 siung bawang merah, lalu iris halus
• 2 sdm air perasan jeruk nipis
• 3 lembar daun jeruk 
  
Cara memasak dendeng sapi balado sedap dan nikmat, untuk resep dendeng sapi:
  1. Pertama-tama bersihkan dagging sapi terlebih dulu yg telah disiapkan memakai air bersih mengalir. Ketika mencuci dagging, usahakan agar tak ada kotoran di dalamnya yg menempel dalam daging. Bersihkan dengan benar supaya kotoran pada daging pun hilang.
  2. Jika sudah, masukkan dagging sapi pada baskom atau wadah.
  3. Selanjutnya lumuri dagging memakai air perasan jeruk nipis lalu biarkan selama 30 menit. Tambahan air perasan dari jeruk nipis ini agar bau amis pada daging pun hilang, sebab mencuci saja tentunya tak cukup untuk menghilangkan bau yg tak sedap pada daging.
  4. Sembari menunggu daging yg didiamkan, berikutnya siapkan air ke dalam panci lalu tunggu sampai mendidih. Kemudian masukkan daging sapi yg telah dilumuri perasan jeruk tadi daan rebus sampai matang dengan merata.
  5. Sesudah direbus, selanjutnya angkat daging kemudian tiriskan airnya. Tempatkan daging ke dalam wadah, kemudian masukkan pada freezer hingga 30 menit.
  6. Ambil daging lalu iris tipis daan melebar yg potongannya melawan bagian serat daging supaya daging pun tak hancur saat dimasak.
  7. Setelah itu, siapkan wajan kemudian tambahkan minyak goreng, lalu tunggu sampai minyak panas kemudian masukkan daging tadi ke dalamnya.
  8. Goreng daging sapi sampai renyah dan kering, pastikan untuk tidak terlalu sering membolak balikkan daging supaya tidak hancur.
  9. Angkat daging jika sudah matang.

Untuk resep sambal balado nya berikut ini:
  1. Panaskan minyak pada wajan dengan jumlah sedikit atau secukupnya lalu tunggu sampai panas.
  2. Tumis bahan bawang merah sampai matang kemudian masukkan cabai tumbuk kasar dengan garam, air jeruk dan daun jeruk.
  3. Selanjutnya masukkan daging lalu masak sampai matang dengan merata. 

Jika tumisan tadi telah tercium aroma wangi yang sedap, angkat tumisan lalu hidangkan sambal balado bersama campuran dendeng yng sudah dimasak tadi ke dalam piring saji. Hidangan yng satu ini. Sajian masakan yng satu ini tentunya terasa lebih sedap dan nikmat jika dinikmati saat masih hangat. Selamat mencoba cara memasak dendeng sapi balado sedap dan nikmat diatas!