Berbagi Resep Cara Memasak Gulai Kambing Spesial Ala Rumahan Sederhana

Resep Cara Memasak Gulai Kambing Spesial - Apakah Anda sedang mencari cara memasak gulai kambing spesial ala rumahan? Jika iya, Anda dapat menyimak uraian berikut ini. Siapa yang tidak kenal masakan yang satu ini, masakan yang khas dengan santan kental dan bumbunya yang super nikmat. Hampir semua orang yang pernah merasakan nikmatnya gulai kambing akan merasakan ketagihan. Bagaimana tidak, rasanya memang sangat luar biasa nikmat dan mampu menggoyang lidah para penikmatnya. Daging kambing dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia yang menjadikannya menjadi makanan super nikmat. Baik anak-anak sampai orang dewasa, banyak yang menyukai makanan satu ini.

cara memasak gulai kambing jawa,cara memasak gulai kambing madura,cara memasak gulai kambing sederhana,Cara memasak gulai kambing yg enak,cara memasak tongseng kambing,

Baca juga: Resep Gulai Sapi Sederhana dan Super Lezat

Gulai daging kambing merupakan salah satu kuliner Indonesia yang sangat populer. Sebenarnya ada banyak sekali kuliner Indonesia yang menggunakan bahan utama daging. Hanya saja nama gulai kambing menjadi salah satu makanan yang banyak diburu. Terutama di hari-hari besar seperti hari raya, gulai kambing menjadi satu hidangan yang tidak tertinggalkan. Gulai sendiri sebenarnya merupakan masakan khas Padang, Sumatera Barat. Namun karena kelezatannya, tidak hanya orang Padang saja yang ingin menikmati gulai kambing. Sebagian besar masyarakat Indonesia jatuh hati pada rasanya yang nikmat dan gurih.

cara memasak gulai kambing jawa,cara memasak gulai kambing madura,cara memasak gulai kambing sederhana,Cara memasak gulai kambing yg enak,cara memasak tongseng kambing,

Inilah Cara Pembuatan Gulai Kambing Spesial

Jika Anda ingin menikmati sajian lezat gulai kambing hasil dari tangan Anda sendiri, ikuti saja resep berikut ini. Berikut ini akan dibagikan bagaimana cara memasak gulai kambing spesial ala rumahan yang mudah dan praktis. Anda dapat membuat sajian gulai kambing yang lezat dan nikmat secara mudah dengan mengikuti resep berikut ini. Sebelum itu, sediakan bahan-bahan untuk membuat gulai kambing spesial berikut ini:

Bahan utama:

- Daging kambing 250 gram
- Minyak goreng secukupnya
- Santan 500 ml (gunakan santan kental)
- Daun kunyit 1 lembar
- Daun salam 2 lembar
- Daun jeruk 2 lembar
- Daun bawang 1 batang (iris tipis)
- Serai 1 batang (memarkan)
- Air bersih 50 ml
- Bawang goreng secukupnya
- Kerupuk secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

- Bawang merah 8 butir
- Bawang putih 5 siung
- Cabai merah besar 7 buah
- Cabai merah rawit 3 buah
- Kunyit 1 ruas jari
- Jahe 1 ruas jari
- Pala ½ butir
- Kayu manis 1 ruas jari
- Kemiri 4 butir
- Lada ½ sendok teh
- Ketumbar ¼ sendok teh
- Jinten ¼ sendok teh
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
Itulah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan untuk memasak gulai kambing spesial di rumah. Untuk cara pembuatannya sendiri, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara membuat gulai kambing spesial:

1. Bersihkan daging kambing
Bersihkan daging kambing lalu potong-potong bentuk dadu, jangan terlalu kecil atau terlalu besar.
2. Tumis bumbu
Haluskan semua bahan untuk bumbu halus, setelah itu panaskan minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu halus lalu tumis hingga baunya harum dan warnanya berubah menjadi kecokelatan.
3. Masukkan air bersih
Tuang air bersih ke dalam wajan setelah bumbu berbau harum dan berubah warna.
4. Masukkan daging kambing
Selanjutnya, masukkan daging kambing ke dalam wajan lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
5. Masukkan bahan lain
Masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan daun kunyit, aduk kembali sampai tercampur rata. Setelah itu tutupi wajan dan tunggu selama kurang lebih 15 sampai 30 menit sampai daging kambing lunak.
6. Tuang santan
Jika daging kambing terasa sudah lunak, Anda dapat menuangkan santan ke dalam wajan. Aduk-aduk lagi sampai semuanya tercampur merata, masak sampai santan mendidih.
7. Masak sampai matang
Jangan langsung mengangkatnya jika santan sudah mendidih, biarkan beberapa saat sambil terus mengaduknya. Cicipi terlebih dahulu rasanya, jika sudah pas maka Anda dapat mengangkatnya.

cara memasak gulai kambing jawa,cara memasak gulai kambing madura,cara memasak gulai kambing sederhana,Cara memasak gulai kambing yg enak,cara memasak tongseng kambing,

Sajikan gulai kambing yang sudah Anda masak tersebut menggunakan piring saji. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng, sajikan bersama dengan kerupuk dan nasi hangat. Segera nikmati gulai kambing tersebut selagi masih hangat, jika sudah dingin rasanya akan berbeda. Menikmati gulai kambing memang sangat nikmat ketika masih hangat. Itulah cara pembuatan gulai kambing yang mudah untuk Anda lakukan, cukup sederhana bukan? Bahkan bagi Anda yang belum pernah membuatnya, Anda tetap dapat membuatnya dengan mengikuti resep cara memasak gulai kambing spesial ala rumahan tersebut.