Cara Memasak Ikan Bandeng Bumbu Kuning Yang Nikmat

Cara Memasak Ikan Bandeng - Resep ikan yang paling enak dan mudah diolah adalah ikan bandeng dengan bumbu kuning. Cara memasak ikan bandeng bumbu kuning pun relatif lebih mudah. Para ibu bisa memprestonya terlebih dahulu atau tidak serta ikan bandeng diganti dengan ayam atau apa pun kesukaan keluarga. Yang terpenting tidak menghilangkan rasa asli dari bumbu tersebut. Tentunya ikan bandeng bumbu kuning harus didaftarkan atau masuk dalam menu spesial keluarga. Sebab, rasanya yang gurih, lezat dan pekat pun akan menggugah selera, sehingga nafsu makan anak dapat meningkat.

ikan bandeng goreng bumbu kuning,cara memasak ikan bandeng kuah,cara memasak ikan bandeng tanpa duri,cara memasak ikan bandeng bakar,cara memasak ikan bandeng presto,cara memasak ikan bandeng isi,

Baca juga: Resep Ikan Dori Panggang Saus Madu

Selain bahan utamanya diganti, Anda boleh mengolah ikan bandeng dengan digoreng atau dibakar dan dikolaborasikan dengan bumbu atau bahan lainnya tanpa menghilangkan rasa aslinya. Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikkan yang terkenal di kalangan masyarakat di Indonesia. Walaupun ikkan bandeng mempunyai banyak duri namun ikan bandeng tetap menjadi pilihan di hati untuk diolah menjadi sajian lezat. Mengolah atau memasak ikan bandeng relatif mudah, pasalnya tekstur ikan bandeng lembut dengan rasa manis akan cocok dikolaborasikan dengan rempah-rempahan lainnya.

Hidangan bandeng dengan bumbu kuning merupakan menu sajian lezat dan cocok dinikmati ketika makan siang dengan sepiring nasi yng masih hangat. Pada dasarnya, semua olahan makanan dari ikan ini rasanya lezat dan bikin nambah.

ikan bandeng goreng bumbu kuning,cara memasak ikan bandeng kuah,cara memasak ikan bandeng tanpa duri,cara memasak ikan bandeng bakar,cara memasak ikan bandeng presto,cara memasak ikan bandeng isi,

A. Cara Memasak Ikan Bandeng Spesial Bumbu Kuning

Bahan-bahan utama membuat iikan bandeng bumbu kuning ini bisa dengan mudah dapat dibeli di pasar swalayan atau lainnya dann harganya relatif murah. Berikut cara memasak ikan bandeng bumbu kuning dengan mudah dan enak:

Bahan Utama Bandeng Bumbu Kuning 

  • ½ sendok makan air jeruk nipis
  • 500 gram ikan bandeng sudah dipotong sesuai selera
  • 500 ml air yang bersih
  • 1 buah cabai merah besar, sudah diiris tipis
  • 1 batang serai sudah diambil bagian putih dan dimemarkan
  • 1 batang daun bawang sudah diiris serong
  • 2 cm jahe sudah dimemarkan
  • 2 batang serai sudah diparut
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir
  •  Minyak goreng secukupnya
 

Bahan Dihaluskan 

  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit sudah dibakar
  • 2 butir kemiri sudah disangrai
  • 4 siung bawang merah

Cara Memasak Bandeng Bumbu Kuning Enak dan Lezat

1. Pertama-tama, lumuri ikan bandeng menggunakan perasan air jeruk nipis, jahe ddan garam lalu diamkan sekitar 15 menit dan goreng menggunakan api sedang.
2. Kemudian, panaskan minyak untuk menumis bumbu yang sudah halus ddan serai sampai mengeluarkan aroma. Lalu, masukkan daun bawang ddan irisan cabai merah sambil ditumis hingga layu.
3. Selanjutnya, tuangkan gula, garam dan air, masak sampai matang.
4. Masukkan ikan bandeng yang sudah digoreng, sambil diaduk-aduk rata ddan ikaan bandeng bumbu kuning siap disajikan.
Olahan dari ikan bandeng dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan otak anak. Ikaan bandeng ini memiliki nama lain ikan milkfish. Ikan ini sangat disukai karena mempunyai bau yng tidak terlalu amis, empuk tidak terlalu asin daan saat dimasak durinya tidak mudah rusak. Memang, kekurangan dari ikan bandeng yaitu mempunyai duri yang banyak dan terkadang berbau tanah. Ikan bandeng yng masih bau tanah, biasanya dibudidayakan di tambak sedangkan yng tidak bau tanah dibudidayakan di air yang mengalir.

ikan bandeng goreng bumbu kuning,cara memasak ikan bandeng kuah,cara memasak ikan bandeng tanpa duri,cara memasak ikan bandeng bakar,cara memasak ikan bandeng presto,cara memasak ikan bandeng isi,

B. Tips Memasak Ikan Bandeng

Tips memasak ikan bandeng agar empuk dan durinya tidak rusak yakni dipresto terlebih dahulu sehingga memudahkan Anda ketika proses pemasakan. Apalagi jika Anda mempunyai anak kecil, jangan sampai durinya bisa melukai anak Anda. Untuk itu, olahlah menjadi makanan yng empuk dan durinya tidak berbahaya. Selain itu, Anda bisa menambahkan makanan lainnya seperti acar dari timun, tahu kuning dan wortel guna menambah cita rasa dari ikan bandeng.

Nah itulah, cara memasak ikan bandeng bumbu kuning yang lezat dan nikmat. Makanan ini bisa Anda nikmati ketika berkumpul bersama keluarga. Jika Anda masih pemula, sebaiknya ikuti bahan daan cara di atas. Namun jika Anda sudah bisa maka kolaborasikan dengan sumber vitamin atau gizi lainnya. Selamat mencoba.