Resep Cara Memasak Ikan Gurame Asam Manis Yang Enak Bikin Ketagihan

Resep Cara Memasak Ikan Gurame Asam Manis - Ikan gurame kini menjadi menu favorit semua orang, apalagi ikan gurame asam manis sering ditemui di warung makan dan restoran-restoran lainnya. Namun, jika Anda ingin menikmati ikan gurame asam manis, Anda tidak perlu membelinya di restoran, sebab Anda bisa membuatnya sendiri. Cara memasak ikan gurame asam manis yg enak sangat mudah karena bahan utamanya mudah dicari di pasaran Indonesia. Selain itu, sajian menu ini bisa Anda sajikan sebagai menu selingan ketika hari libur tiba. Karena permintaan ikan gurame meningkat, bahkan omset yg didapat dari penjualan ikan gurame baik budidaya maupun dalam bentuk makanan saji, sangatlah besar.

cara membuat ikan gurame asam manis pedas,cara membuat gurame asam manis sederhana,resep ikan gurame asam manis,resep ikan gurame asam manis nanas,resep ikan gurame asam manis enak,

Baca juga: Ikan Kembung Goreng Sambal Ijo Yang Enak

A. Kandungan Gizi Ikan Gurame

Selain ikan gurame dapat disajikan sebagai masakan spesial untuk keluarga. Kandungan protein ikan gurame lebih unggul daripada kandungan ikan tawar lainnya. Selain itu, kandungan sumber protein yg dimiliki oleh ikan gurame sebanyak 19% dan jumlah tersebut melebihi sumber protein pada lele yng hanya memiliki 18,2%. Sedangkan sumber protein pada ikan nila cukup sekitar 16,17% dan ikan mas mempunyai sumber protein sebanyak 16%. Memang, kandung protein pada ikan gurame lebih tinggi, namun didukung juga dengan jumlah lemak yng cukup banyak. Lemak pada ikan gurame mencapai sekitar 2,2%, ikan mas mencapai 2%, ikan nila mencapai 0,49%.

B. Manfaat Ikan Gurame

Ternyata ikan gurame dapat menjaga kesehatan kulit perempuan, pasalnya kandungan protein dan vitamin E dalam ikan gurame ini sangat banyak. Jika Anda menginginkan kulit menjadi halus, seringlah mengkonsumsi sajian yang bahan utamanya ikan gurame. Di dalam tubuh, setiap hari akan terjadi penggantian sel darah yang yang terjadi di dalam tubuh. Protein adalah zat yang bisa digunakan dalam proses tersebut. Dengan mengkonsumsi ikan gurame pun bisa mengganti sel-sel darah.

cara membuat ikan gurame asam manis pedas,cara membuat gurame asam manis sederhana,resep ikan gurame asam manis,resep ikan gurame asam manis nanas,resep ikan gurame asam manis enak,

C. Cara Memasak Ikan Gurame Asam Manis Spesial

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yng bisa hidup di perairan tawar Indonesia, Anda pun dapat membudidayakannya untuk dikonsumsi sehari-hari. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana memasak ikan gurame, berikut adalah cara memasak ikan gurame asam manis yang enak.

Bahan-bahan utama ikan gurame asam manis:

  • ½ kg ikan gurame
  • 2 siung bawang putih sudah dihaluskan
  • Tepung kanji secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Utama Memasak Saus Gurame Asam Manis

  • ½ sendok teh cuka makan
  • 1 sendok makan tepung kanji dicairkan
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 buah wortel sudah diiris memanjang
  • 1 batang daun bawang sudah diiris serong
  • 1 Maggi blok
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 300 cc kaldu

Bahan Bumbu Dihaluskan Untuk Gurame Asam Manis:

  • 1 iris jahe
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Langkah Cara Memasak Gurame Asam Manis

1. Pertama-tama ikan gurame dibersihkan dan dibiarkan utuh lalu campurkan dengan bawang putih, merica dan garam, diamkan selama 15 menit.
2. Kemudian, lumuri ikan dengan menggunakan tepung kanji dan goreng dengan jumlah minyak yng banyak sampai ikan berubah menjadi kecokelatan.
3. Selanjutnya, tumis bumbu-bumbu yng sudah dihaluskan dengan menggunakan margarin. Tunggu sampai aroma harum keluar dan masukkan saos tomat, kaldu dan bumbu lainnya.
4. Masukkan wortel serta daun bawang, lalu kentalkan menggunakan tepung kanji, masak dan angkat.
5. Letakkan ikan gurame goreng di atas piring filet dan siram menggunakan sus asam manis.

cara membuat ikan gurame asam manis pedas,cara membuat gurame asam manis sederhana,resep ikan gurame asam manis,resep ikan gurame asam manis nanas,resep ikan gurame asam manis enak,

Resep membuat sajian ikan gurame asam manis ini memang sangat sederhana dan mudah. Ikan gurame memang merupakan jenis ikan yng segar dan rasanya pun gurih, sehingga sangat cocok diolah menjadi sajian asam manis ikan gurame. Selain Anda bisa menggunakan air jeruk lemon, Anda pun dapat menambahkan potongan nanas yng kecil-kecil di dalamnya. Bagi Anda yng ingin memasak resep ini, belilah ikan gurame yang masih hidup agar jaminan kesegarannya masih didapatkan.

Demikian penjelasan mengenai cara memasak ikan gurame asam manis yang enak yang bisa ibu coba di rumah. Kudapan ini akan lebih nikamt jika ditemani nasi hangat dengan sambal dan lalapan mentimin.