Langkah Mudah Cara Memasak Ikan Kembung Goreng Sambal Ijo Yang Enak

Cara Memasak Ikan Kembung Goreng Sambal Ijo - Cara memasak ikan kembung goreng sambal ijo yang enak memang menjadi idaman banyak orang. Menu masakan yang satu ini biasanya di jual di tempat makan khas Padang. Cita rasa yang khas dari ikan kembung serta sambal ijo ini memang merupakan salah satu perpaduan masakan yng luar biasa. Walaupun makanan ini terkesan sangat sederhana dengan bahan yang murah tetapi rasa yang diberikan oleh masakan ini memang masih menjadi salah satu unggulan. Tidak heran jika banyak tempat makan yng akhirnya menjual menu masakan yng satu ini. Apabila Anda sedang jenuh dengan menu masakan yng biasa-biasa saja, Anda dapat mencoba menu masakan ini.

cara memasak ikan kembung bakar, cara memasak ikan kembung bumbu acar, cara memasak ikan kembung goreng, cara memasak ikan kembung pesmol, cara memasak ikan kembung yang enak,
Baca juga : Resep Ikan Kerapu Asam Pedas

Cara memasak ikan kembung goreng sambal ijo yang enak biasanya penggunaan ikan akan diganti dengan beberapa jenis ikan lainnya. Hal ini dikarenakan ikan kembung memiliki duri yng terbilang cukup banyak. Sehingga ketika memakan ikan kembung goreng ini harus sangat hati-hati. Tetapi Anda yng memang penikmat kuliner berbahan dasar ikan kembung tentunya sudah sangat paham dengan karakteristik ikan kembung yng satu ini. Memang pengolahan ikan kembung sama saja dengan pengolahan ikan lainnya. Kebersihan dan pengolahan ikan kembung harus tepat dan benar agar mendapatkan ikan kembung yng enak dan juga bersih.

Cara memasak ikan kembung goreng sambal ijo yng enak terletak pada pengolahan ikan kembung sendiri serta sambal ijonya. Walaupun sambal ijo ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing orang tetapi pada dasarnya membuat sambal ijo sama saja. Dengan membuat sambal ijo yng enak tentunya akan mempengaruhi cita rasa dari ikan kembung tersendiri. Pengolahan ikan kembung juga ternyata mempengaruhi cita rasa dari menu yg satu inii. Berikut ini adalah langkah-langkah yan dapat Anda lakukan ketika ingin mengolah ikan kembung:

cara memasak ikan kembung bakar, cara memasak ikan kembung bumbu acar, cara memasak ikan kembung goreng, cara memasak ikan kembung pesmol, cara memasak ikan kembung yang enak,

1. Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah membersihkan ikan kembung mentah. Proses pembersihan iikan kembung ini sedikit menguras waktu karena ada beberapa bagian yan harus dibuang. Jeroan pada ikan kembung inii tentu saja tidak diperlukan dalam memasak sehingga perlu dibuang.
2. Cara membersihkannya sangat mudah, yaitu cukup membelah perut ikan sedikit saja dan mengeluarkan isi perut ikan hingga bersih. Setelah isi perut ikan kembung sudah dikeluarkan sebaiknya Anda melakukan pencucian kembali dengan air mengalir agar kotoran tidak tertinggal di dalam perut ikan kembung.
3. Anda juga harus mengeluarkan insang pada kepala ikan kembung. Hal ini mencegah agar ikan kembung tidak beraroma.
4. Apabila sudah dibersihkan semuanya, Anda disarankan untuk mengerat bagian perut ikan di kedua sisi tubuh ikan kembung agar bumbunya dapat meresap.
5. Untuk menghindari aroma amis, Anda dapat melumuri iikan dengan perasan jeruk nipis dan taburan garam. Apabila sudah 15 menit, maka Anda dapat membilasnya kembali.

Ikan Kembung Goreng Sambal Ijo

Cara memasak ikan kembung goreng sambal ijo yang enak memang terletak pada pengolahan ikan kembungnya. Semakin enak iikan kembungnya tentu akan membuat menu masakan ini juga semakin lezat.

Cara Mengolah Kembung Goreng Sambal Ijo

1. Membuat bumbu halus untuk melumuri iikan kembung. Bumbu halus ini terdiri dari bawang putih, ketumbar bubuk, serta kunyit bakar. Pastikan melumuri iikan kembung hingga ke bagian perut dan juga kepala secara merata agar dapat meresap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu ini benar-benar meresap dengan merata.
2. Anda dapat memanaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang. Apabila minyak sudah panas, Anda dapat memasukkan ikan kembung yan sudah diberi bumbu halus. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan dan matang merata.
3. Tahap selanjutnya adalah mengulek beberapa cabai mulai cabai ijo besar, cabai keriting ijo, cabai rawit ijo, bawang merah, bawang putih, tomat ijo dan Anda dapat menambahkan cabai rawit merah jika menginginkan tingkat kepedasan yan cukup banyak. Bumbu ini diulek dengan kasar dan diberi tambahan garam sesuai selera.
4. Langkah selanjutnya adalah menumis bumbu ulekan iini hingga wangi dan berikan air, air asam serta tambahkan beberapa garam, gula pasir dan juga kaldu bubuk. Aduk hingga merata dan hingga mendidih.
5. Masukkan iikan kembung yan sudah digoreng tadi lalu masak sebentar. Angkat.

Cara memasak ikan kembung goreng sambal ijo yang enak memang sebenarnya sangatlah mudah dilakukan. Bahkan penggunaan bumbu yg digunakan juga cukuplah sederhana. Proses memasak yang sederhana ini tentu saja dapat membuat menu masakan ini di rumah daripada harus membelinya. Memasak sendiri tentu saja akan dapat menyesuaikan tingkat kepedasan dari sambal ijo yang Anda buat.