Tips Praktis Cara Memasak Ikan Laut Gulai Spesial

Cara Memasak Ikan Laut Gulai Spesial - Cara memasak ikan laut gulai spesial sudah tidak terdengar asing di telinga kita. Gulai biasanya hanya digunakan untuk bahan makanan berupa kambing, ayam, bebek dan juga sapi. Tetapi ternyata dapat dijadikan gulai ikan laut. Walaupun tidak cukup populer seperti gulai lainnya gulai ikan laut ini merupakan salah satu menu yang patut Anda coba. Karena rasanya akan sangat berbeda dengan gulai yang biasa Anda jumpai. Dengan menggunakan ikan laut tentunya akan membuat cita rasa dari gulai akan semakin berbeda. Terlebih lagi jika Anda memang sedang mengurangi lemak dari daging-dagingan.

cara memasak ikan laut bumbu pedas,cara memasak ikan laut bumbu kuning,cara memasak ikan laut yang lezat,cara memasak ikan kembung,cara memasak ikan laut asam pedas,cara memasak ikan laut yang enak,
Baca juga: Resep Ikan Mas Bumbu Kuning Tanpa Santan
Cara memasak ikan laut gulai spesial sebenarnya hampir serupa dengan bahan untuk membuat gulai lainnya. Ikaan laut yang biasa digunakan antara lain ikan tongkol, ikaan kakap baik kakap merah maupun kakap putih bahkan cumi-cumi. Tiga bahan dasar ini merupakan ikaan laut yang sering sekali digunakan untuk membuat gulai. Namun kali ini akan dibahas gulai ikaan kakap yang tentunya sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan sekarang ini sudah banyak sekali tempat makan yang menyediakan menu gulai ikan kakap ini.

Semua bagian dari ikana kakap ini memiliki banyak manfaat sehingga memang menjadi daya tarik untuk menikmatinya. Cara memasak ikan laut gulai spesial dengan menggunakan ikan kakap memang masih memiliki peminat yang cukup tinggi. Ikaan laut yang memang merupakan pilihan utama ketika ingin memasak gulai spesial memang biasanya menggunakan ikana kakap. Walaupun ada juga yang memilih menggunakan ikan tongkol. Apapun jenis ikan laut yang digunakan tentu saja sangat cocok apabila dimasak dengan bumbu gulai.

cara memasak ikan kembung, cara memasak ikan laut asam pedas, cara memasak ikan laut bumbu kuning, cara memasak ikan laut bumbu pedas, cara memasak ikan laut yang enak, cara memasak ikan laut yang lezat,

Walaupun kuah gulainya nanti diharapkan tidak sekental seperti gulai daging lainnya. Mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan dasar ikaan laut memang menjadi salah satu program pemerintah Indonesia agar tubuh masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat. Ikaan laut memang memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan lemak yang sedikit ini juga sebenarnya akan membantu banyak orang yang mengalami masalah dengan penyakit kolesterol ini untuk membantu mengurangi resiko penyakit.

Memang mengkonsumsi ikaan laut secara teratur akan membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah menggunakan inovasi masakan. Cara memasak ikan laut gulai spesial menjadi salah satu alternatif pilihan yang dapat Anda coba untuk masak. Menu masakan ini sangat cocok dikonsumsi sehari-hari karena masakan ini memiliki semua kebutuhan yang diperlukan tubuh.

Cara Memasak Gulai Ikan Kakap

Cara memasak ikan laut gulai spesial kali ini akan membahas tentang cara memasak gulai ikan kakap yang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner berbahan dasar ikan laut yan satu ini. Ikan kakap ini dapat menggunakan ikan kakap merah ataupun ikan kakap putih. Untuk ikan kakap merah biasanya hanya menggunakan bagian kepala ikan saja. Berbeda dengan penggunaan ikan kakap putih yang biasanya secara utuh dimasak. Walaupun ada beberapa orang juga yang memasak secara berbeda. Berikut ini cara memasak ikan laut gulai spesial yang mudah dilakukan:
1. Bersihkan ikan kakap tersebut, buang isi perutnya dan cuci dengan air bersih yan mengalir. Potong sesuai selera. Disarankan agar bagian kepala juga ikut digunakan.
2. Ambil jeruk nipis dan peras airnya di atas ikan untuk membantu menghilangkan aroma amis. Tambahkan garam dapur secukupnya dan biarkan selama 7 menit agar meresap.
3. Anda dapat menghaluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit serta kemiri. Bumbu halus ini nantinya akan digunakan untuk menumis.
4. Siapkan wajah serta minyak yan cukup banyak untuk menggoreng ikan kakapnya. Gunakan api kecil agar tingkat kematangannya merata. Tidak perlu terlalu lama dalam proses memasaknya cukup setengah matang saja. Tiriskan.
5. Sisakan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus. Aduk hingga aroma wangi khas tumisan tercium. Masukkan daun jeruk, jahe, kaldu bubuk, sereh serta lengkuas yan sudah dimemarkan. Aduk hingga bumbu tumisan dan bahan menjadi layu.
6. Tambahkan santan cair ke dalam bumbu tersebut dan aduk-aduk kembali sampai santan tercampur dengan bahan yan lain.
7. Masukkan air asam jawa dan juga garam lalu diaduk kembali. Jangan sampai santan menjadi pecah. Jika sudah, masukan ikan kakap yan sudah digoreng. Aduk sesekali agar bumbu dan kuah dapat meresap ke dalam daging ikan kakapnya.
8. Tambahkan santan kental dan aduk-aduk lagi hingga santan mendidih.
9. Terakhir adalah memasukkan belimbing wuluh, tomat hijau serta daun bawang yan sudah dipotong-potong. Aduk hingga kuah agak mengental dan gulai siap dihidangkan.

cara memasak ikan kembung, cara memasak ikan laut asam pedas, cara memasak ikan laut bumbu kuning, cara memasak ikan laut bumbu pedas, cara memasak ikan laut yang enak, cara memasak ikan laut yang lezat,
Cara memasak ikan laut gulai spesial dengan menggunakan bahan dasar ikan kakap ini memang sangat mudah dilakukan. Proses memasaknya juga cenderung lebih mudah karena hanya perlu mencampurkan beberapa bumbu ke dalam kuah santan. Berbeda dengan gulai daging yang memiliki kuah yang cukup kental, aroma dan kuah dari gulai ikan laut ini juga sedikit berbeda. Cita rasa ikan laut gulai spesial memang memiliki banyak keistimewaan. Tidak heran jika banyak penikmat kuliner yang satu ini.