Cara Memasak Ikan Nila Asam Manis Lezat dan Praktis

Cara memasak ikan nila asam manis praktis - Ikan nila adalah ikan yang hidup di air tawar seperti danau, rawa, waduk, atau sungai. Ikan ini memiliki nama Latin Oreochromis niloticus, dengan bentuk badan yang pipih ke samping serta pada bagian sirip ekor memiliki beberapa garis berwarna merah dan ciri khasnya yaitu memiliki garis vertical hitam pada sirip ekornya. Ikan ini termasuk jenis ikan omniora yang suka makan fitoplankton, tanaman air, berbagai jenis avertebrata kecil, detritus, dan beberapa jenis fauna bentuk. Ikan nila saat ini banyak dibudidayakan menggunakan keramba karena ikan ini memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan.

resep ikan nila asam manis lengkap,cara memasak udang asam manis pedas,cara memasak ikan nila goreng,cara memasak ikan nila asam manis pedas,cara masak asam manis ikan nila,
Baca juga: Ikan Nila Goreng Sambal Ijo Enak Bergizi
Ikan nila dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi karena daging ikaan nila memiliki tekstur yan lembut dan rasa yang enak sehingga sangat cocok sebagai lauk pendamping nasi. Selain rasanya yan enak, daging ikaan nila juga memiliki gizi yan bervariatif sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Kandungan gizi yang terdapat dalam satu ekor ikaan nila yaitu kalori, lemak jenuh, lemak tak jenuh, vitamin B12, kolesterol, fosfor, selenium, protein, niacin, dann kalium. Kandungan lemak total yang terdapat dalam satu ekor ikaan nila hanya 3 mg, dan kandungan proteinnya mencapai 26 mg.

Berdasarkan kandungan tersebut, maka ikan nila sangat baik untuk dikonsumsi terutama untuk orang yang sedang menjalankan program diet karena rendah lemak sehingga tidak berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar proteinnya yan tinggi juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan dan massa otot, serta menjaga stamina. Agar ikaan nila lebih enak ketika dimakan, Anda bisa mencoba mengolahnya dengan bumbu asam manis. Cara memasak ikan nila asam manis tidaklah sulit, namun jika Anda belum pernah mencoba membuatnya lebih baik Anda pelajari resep membuat ikan nila asam manis ini.

resep ikan nila asam manis lengkap,cara memasak udang asam manis pedas,cara memasak ikan nila goreng,cara memasak ikan nila asam manis pedas,cara masak asam manis ikan nila,

Resep Ikan Nila Asam Manis

Ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum memasak ikan nila asam manis, bahan yang perlu Anda siapkan tersebut sebagai berikut:
1. 4 ekor ikan nila, bersihkan kotoran dari perutnya lalu cuci bersih
2. 1 sendok teh garam dapur
3. 1 sendok teh gula pasir
4. 2 sendok makan tepung maizena, jika tidak ada bisa diganti dengan tepung kanji
5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan dan menumis bumbu
6. 5 sendok makan kecap manis bangau
7. Air perasan jeruk nipis
8. 60 ml air rendaman asam jawa
9. 60 ml air bersih
10. 1/2 bungkus masako ayam
11. 6 buah cabai rawit
Setelah semua bahan siap, kemudian siapkan pula bumbu irisnya. Bumbu iris bahannya sebagai berikut:
1. 4 siung bawang putih
2. 4 butir bawang merah
3. 2 cm jahe
4. 1 batang daun loncang
Setelah bahan pokok dann bumbu iris semuanya siap, selanjutnya Anda bisa untuk memasak ikan nila asam manis.

Cara Memasaknya Sebagai Berikut

1. Rendam ikan nila yang sudah dibersihkan ke dalam air jeruk nipis yang dicampur garam. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Perendaman menggunakan air jeruk nipis dann garam ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis dan memberi rasa asin pada ikan sebelum digoreng.
2. Setelah direndam kemudian goreng ikan sampai matang lalu tiriskan. Ciri ikan yan sudah matang warnanya kuning kecoklatan.
3. Selanjutnya tumis bumbu yang diiris dengan sedikit minyak sampai tercium bau wangi. Setelah itu masukkan bahan pelengkap yang sudah disiapkan ke dalam tumisan kecuali tepung maizena. Aduk sejenak lalu tambahkan air asam jawa dan air bersih ke dalam tumisan, setelah itu masukkan pula tepung maizena hingga setengah kental.
4. Masukkan ikan nila goreng ke dalam bumbu asam manis, aduk hingga kental dan semua bagian ikan terlumuri bumbu. Angkat ikan yang sudah matang, pindahkan ke dalam piring, lalu lumuri atasnya dengan bumbu asam manis.

resep ikan nila asam manis lengkap,cara memasak udang asam manis pedas,cara memasak ikan nila goreng,cara memasak ikan nila asam manis pedas,cara masak asam manis ikan nila,

Demikianlah cara memasak ikan nila asam manis lezat dan praktis. Ikan nila asam manis bisa Anda sajikan sebagai hidangan makan malam untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba mempraktekkan resep ini, semoga berhasil.