Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning Lezat

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning Lezat - Ikan patin merupakan salah satu ikan laut yang lezat dan mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan maka tidak heran jika ikan yang satu ini begitu digemari sebagai salah satu olahan makanan. Ikan patin mirip seperti ikan lele tapi bagian perutnya lebih besar. Selain itu, ikan ini banyak dijual di warung-warung padang dengan bumbu kuningnya yang menggoda selera. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara memasak ikan patin bumbu kuning.

cara memasak ikan patin goreng,ikan patin bumbu rujak,ikan patin bumbu kuning tanpa santan,cara memasak ikan patin yg enak,cara memasak ikan patin bakar,cara memasak ikan patin kuah kuning,
Baca juga: Ikan Patin Goreng Sambal Merah Terasi
Ikan patin ini banyak mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak sehingga semua usia boleh mengkonsumsinya. Meskipun begitu jangan terlalu banyak karena kandungan lemaknya pun cukup tinggi, terlebih kuah kuning berupa gulainya. Meski lezat tapi tetap ingat kandungan lemak yang akan berakibat pada kolesterol.

Namun, bagi ibu hamil tidak perlu khawatir apakah aman mengonsumsi ikan patin, jelas saja aman. Justru kandungan ikaan ini baik untuk kecerdasan otak anak dalam janin. Jika membuat ikaan patin dengan bumbu gulai dianggap banyak lemaknya, Anda bisa mengolah ikan tersebut dengan cara lain seperti menggorengnya biasa atau membakar.

Meskipun begitu ikan patin dengan kuah gulai berwarna kuning sungguh menggoda lidah, siapa yng tidak tergoda dengan kelezatannya. Bumbu kuah kuning ini tidak hanya diolah dalam masakan ikaan patin namun bisa diaplikasikan pada masakan ikan lainnya. Namun rasa ikan patin yng berbeda tentu akan menghasilkan masakan yng rasanya nendang.

Inilah cara memasak ikan patin bumbu kuning yang lezat dan menggoyang lidah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain:

Tahapan Resep Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning Lezat

Bahan Bahan Cara Memasak

• 2 ekor ikan patin, bersihkan dengan membuang isi perutnya
• 2 cm lengkuas, dimemarkan
• 1 batang sereh, dimemarkan
• 1 sdm gula pasir
• Jeruk nipis secukupnya
• 5 belimbing wuluh, dibelah menjadi dua bagian
• Daun salam
• 2 cabe merah besar, buang bijinya dan iris miring/menyerong
• 2 tomat dan masing-masing diiris menjadi 4 bagian
• ½ sendok teh garam/secukupnya
• Daun bawang, diris sesuai selera
• Minyak goreng secukupnya
• 400 ml santan

Bumbu Dihaluskan Cara Memasak

• 6 siung bawang merah
• 3 siung bawang putih
• 1 sendok makan ketumbar
• 5 cm kunyit
• 2 kemiri

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning

1. Pertama-tama ambillah garam dan jeruk nipis yang telah diambil perasan airnya.
2. Selanjutnya uletkan perasan jeruk nipis dan garam tadi pada ikan patin yang telah dipotong dan diamkan selama kurang lebih 15menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis yang berasal dari ikan karena banyak orang yang tidak tahan dengan bau amisnya.
3. Tuangkan minyak ke dalam wajan dan panaskan untuk menggoreng ikan patin tadi sampai matang, selanjutnya sisihkan. Tiriskan ikan yang telah digoreng.
4. Gunakan minyak yang baru, masukkan pada wajan untuk menumis. Masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan sampai berbau sedap atau harum.
5. Tambahkan gula, garam, irisan bawang, tomat, cabai merah, belimbing wuluh, salam dan serah serta santan ke dalamnya.
6. Masukkan ikan patin ke dalamnya dan tutup hingga bumbu meresap, ditAndai dengan air santan yang meletup-letup dan kadarnya berkurang, alias menyusut.
7. Setelah matang, matikan kompor dan biarkan sejenak sebelum ikan patin bumbu kuning dihidangkan.

cara memasak ikan patin goreng,ikan patin bumbu rujak,ikan patin bumbu kuning tanpa santan,cara memasak ikan patin yg enak,cara memasak ikan patin bakar,cara memasak ikan patin kuah kuning,

Supaya lebih lezat, Anda bisa menaburi hidangan dengan bawang goreng diatasnya. Paling nikmat ikan patin ini disantap ketika masih hangat bersama nasi putih yng masih mengepul. Selain itu Anda juga bisa menambahkan emping atau kerupuk yng akan membuat makanan Anda begitu lebih lezat. Dijamin Anda dan keluarga pasti menyukainya, apalagi anak-anak yng suka masakan lezat dan gurih. Santan yng kental akan membuatnya terasa lebih gurih dan mengenyangkan. Jika masih kurang puas Anda bisa menambahkan sambal secara terpisah.

Ikan patin kuah bumbu kuning alias gulai ini paling pas disantap bersama keluarga atau teman-teman pada sore hari atau untuk makam malam karena dengan suasana di luar rumah. Apalagi kalau cuacanya sedang sedikit mendung bisa sebagai penghangat tubuh. Demikian ulasan mengenai cara memasak ikan patin bumbu kuning, semoga Anda bisa mencobanya dan berhasil.