Cara Memasak Ikan Tuna Saus Teriyaki ala Rumahan

Resep Cara Memasak Ikan Tuna Saus Teriyaki ala Rumahan - Cara memasak ikan tuna saus teriyaki merupakan salah satu resep yang menjadi favorit, baik itu bagi koki profesional maupun ibu rumah tangga. Masakan ini merupakan salah satu jenis masakan seafood, di mana bahan utamanya adalah ikan tuna dan cara memasaknya menggunakan tambahan saus teriyaki. Masakan ini mempunyai rasa yang sangat nikmat, sehingga banyak digemari oleh orang dewasa ataupun anak-anak.

cara memasak ikan tuna asam manis,cara memasak ikan tuna untuk balita,cara memasak ikan tuna goreng,resep ikan tuna rica rica,cara memasak ikan tuna untuk ibu hamil,

Pada umumnya, ikan tuna masak saus teriyaki banyak dijual di restoran dan rumah makan Cina. Sayangnya, kita tidak akan pernah tahu segi kebersihan dan kesehatan masakan tersebut terjamin atau tidak. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat sendiri masakan tersebut. Sebenarnya, cara memasak ikan tuna saus teriyaki sangatlah mudah, namun perlu sedikit bersabar karena pengolahannya membutuhkan waktu agak lama.
Sebelum menuju ke pembahasan resep cara memasak ikan tuna saus teriyaki, kami akan membagikan tips kepada Anda bagaimana cara memilih ikan tuna yang masih segar. 

A. Berikut Cara Memilih Ikan Tuna Ini adalah Tipsnya

1. Perhatikan kelembaban kulitnya.

Jika Anda membeli ikan tuna di pasar ataupun supermarket, maka perhatikan kelembaban kulitnya. Jangan memilih ikan tuna yang kulitnya sudah kering, karena kemungkinan besar sudah tidak segar lagi. Ikan tuna yang masih segar pada umumnya di beberapa bagian kulit masih tampak berwarna kemerahan dan jika ditekan maka dagingnya masih kenyal.

2. Perhatikan aromanya.

Anda juga perlu memperhatikan aroma ikan tuna. Jika bau amis ikan tuna sudah agak sedikit anyir atau agak berbau busuk, maka bisa dipastikan sudah tidak segar. Aroma ikan tuna yng masih segar pada umumnya masih berbau amis khas laut. Walaupun telah diawetkan dengan es batu, namun bau khas kesegaran ikan tersebut biasanya masih terasa.

3. Pilih ikan yang masih utuh.

Hal yang perlu Anda hindari adalah jangan memilih ikan tuna yng dalam kondisi sudah dipotong-potong. Banyak pedagang yang menawarkan ikan tuna dalam bentuk potongan, namun itu tidak menjamin kesegaran dari ikan tersebut. Mungkin saja itu merupakan stok ikan yng sudah agak lama. Akan lebih baik jika Anda memilih ikan tuna yang masih utuh kemudian baru dipotongkan.

cara memasak ikan tuna asam manis, cara memasak ikan tuna goreng, cara memasak ikan tuna untuk balita, cara memasak ikan tuna untuk ibu hamil, resep ikan tuna rica rica,

Tips memilih ikan tuna segar telah kami sampaikan dan berikut adalah cara memasak ikan tuna saus teriyaki. 

B. Bahan Utama Perlu Anda Persiapkan Untuk Memasak Ikan Tuna Saus Teriyaki

1. Empat ekor ikan tuna yang masih segar. Keluarkan isi perut ikan tersebut dan cuci sampai bersih. Kemudian potong sesuai dengan keinginan.
2. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan tuna dan menumis bumbu.
3. Air secukupnya.
4. Garam secukupnya.
5. 1 batang daun bawang diiris tipis secara menyerong.
6. 4 buah tomat hijau yang sudah dipotong kecil-kecil
7. Jeruk nipis secukupnya untuk menghilangkan bau amis ikan tuna.


Bahan bumbu saus teriyaki:

1. Bawang putih sebanyak dua siung yang sudah dipotong tipis-tipis.
2. Setengah butir bawang bombay yang telah dicincang kasar.
3. Merica bubuk sebanyak setengah sendok teh.
4. Kecap manis sebanyak satu sendok makan.
5. Kecap asin sebanyak satu sendok makan.
6. Saus tomat sebanyak dua sendok makan.
7. Saus teriyaki secukupnya.

Cara memasak ikan tuna saus teriyaki secara sederhana:

1. Untuk menghilangkan bau amis dari ikan tuna yang perlu Anda lakukan adalah melumurinya menggunakan jeruk nipis dan garam. Lantas, diamkan sejenak hingga kurang lebih selama 15 menit. Setelah bau amis ikan tuna tersebut terasa hilang, maka sisihkanlah dahulu.
2. Langkah selanjutnya adalah siapkan wajan. Kemudian tuangkan minyak goreng secukupnya dan panasi. Setelah minyak panas gorenglah ikan tuna hingga berubah warnanya menjadi kecoklatan. Angkat kemudian sisihkan.
3. Tahap berikutnya adalah membuat saus teriyakinya. Yng perlu Anda persiapkan adalah wajan, kemudian tuangkan minyak goreng sebanyak 3 sendok makan. Lalu tumislah bawang bombay dengan menggunakan api yng kecil. Setelah bawang bombay berubah warna, selanjutnya masukkan bawang putih.
4. Kemudian tambahkan buah tomat hijau yng telah Anda iris kecil-kecil tadi.
5. Lalu masukkan air secukupnya. Diamkan sejenak hingga mendidih.
6. Masukkan saus teriyaki, saus tomat, merica bubuk, kecap manis, dan kecap asin. Aduk-aduk sampai matang.
7. Masukkan irisan daun bawang ke dalam saus teriyaki yang sudah matang tadi, kemudian siramkan pada ikan tuna yng sudah digoreng.
Setelah selesai, sajikan panas-panas bersama nasi pulen dan lalapan. Dijamin keluarga Anda akan ketagihan. Itulah cara memasak ikan tuna saus teriyaki secara sederhana ala rumahan. Semoga artikel yang kami berikan ini dapat menjadi panduan bagi Anda yang ingin mencoba masakan laut ini. Selamat mencoba.