Inilah Resep Cara Memasak Jamur Enoki Tumis Putren Spesial Rumahan

Resep dan Cara Memasak Jamur Enoki Tumis Putren Spesial - Cara memasak jamur Enoki tumis putren spesial rumahan sebenarnya cukup mudah. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mendapatkan jamur Enoki dalam kondisi segar agar bisa menghasilkan citarasa masakan yang istimewa. Jamur Enoki yang segar bisa memberikan sensasi segar khas jamur yang berbeda, baik tanpa dimasak ataupun ikut dimasak sebentar dengan api kecil.
resep tumis jamur enoki,cara membuat sup jamur enoki,cara memasak enoki mushroom,aneka olahan jamur enoki,resep tahu jamur enoki,tumis jamur enoki,resep jamur enoki tofu,khasiat jamur enokitake,
Baca juga: Resep Nasi Goreng Sederhana Kampung Jawa
Jamur Enoki sering dikenal dengan sebutan golden needle mushroom, jamur musim dingin, jamur jarum emas, dan jamur tauge. Ini disebabkan karena bentuk tangkainya kecil ramping memanjang ddan dilengkapi tudung kecil di bagian ujungnya. Jamur ini ada dua jenis, yaitu yang dikembangbiakkan secara sengaja ddan yang tumbuh liar di akar atau batang pohon yang memiliki daun lebar.

Jamur yang dikembangbiakkan berwarna putih bersih, dan yang tumbuh liar berwarna coklat agak kemerahan. Banyak yng mengatakan bahwa rasa jamur Enoki olahan lebih enak dari pada jammur Enoki liar. Jammur ini sering digunakan sebagai salad, untuk campuran sup, dan berbagai jenis masakan Asia lainnya. Jammur ini memang banyak dibudidayakan di Jepang, Indonesia, Korea ddan Cina, namun saat ini sudah menyebar ke berbagai belahan dunia lainnya.

Jamur Enoki ternyata memiliki khasiat luar biasa. Jamur ini banyak mengandung vitamin, serat tinggi, antioksidan dan berbagai zat gizi lainnya. Yng paling menarik, jamur Enoki mengandung senyawa flammulin yang dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah berkembangnya tumor ddan kanker dalam tubuh. Sebuah penelitian di negara Singapura menyatakan bahwa jammur Enoki memiliki kandungan protein sangat banyak yng bisa membantu tubuh dalam mengontrol sistem imun.

Jamur ini dipercaya sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, menstabilkan tekanan darah, mencegah terjadinya penyumbatan darah, juga mampu berperan sebagai antibakteri. Kandungan vitamin B1 dan B2 serta vitamin E dalam jammur ini mampu membantu memperbaiki sistem imun, mengurangi kelelahan, memperbaiki sistem dan proses metabolisme, dan bisa digunakan untuk diet bagi mereka yng ingin menurunkan berat badan.

resep tumis jamur enoki,cara membuat sup jamur enoki,cara memasak enoki mushroom,aneka olahan jamur enoki,resep tahu jamur enoki,tumis jamur enoki,resep jamur enoki tofu,khasiat jamur enokitake,

Bagi Anda yang ingin mengolah jamur Enoki, sebaiknya memilih yang kondisinya masih segar daan juga bersih. Jammur ini mampu bertahan satu minggu dalam kulkas. Sebelum dimasukkan, masukkan dalam plastik bening yng bersih. Apabila Anda terlupa hingga melewatkan satu minggu, sebaiknya tidak usah dikonsumsi, karena rasa unik dan segarnya sudah hilang. 

Sebelum Anda memasak nya, pastikan untuk membersihkan jamur Enoki di bawah air yng mengalir sekitar 10 menit. Anda bisa memakai sikat khusus agar jammur benar-benar bersih. Apalagi jika Anda ingin menggunakannya sebagai salad. Apabila Anda ingin mencampurnya dalam masakan, masukkan terakhir kali, karena jammur ini mudah masak. Pada saat jammur dimasukkan, kecilkan apinya daan jangan melebihi 5 menit, atau lebih baik matikan dulu apinya.

Selain dijadikan salad atau dimasukkan dalam sup, jamur Enoki bisa dimasak tumis dengan campuran sayuran dan daging. Berikut akan kami sampaikan salah satu resep memasak jamur Enoki, yaitu jammur Enoki tumis putren spesial rumahan. Anda bisa mencobanya sebagai salah satu resep alternatif memasak untuk keluarga tercinta. Jangan takut untuk mencoba, karena resep memasak ini cukup mudah untuk dipraktekkan.

Resep Cara Memasak Jamur Enoki Tumis Putren Spesial Rumahan

Bahan-Bahan Cara Memasak Perlu Disiapkan

• Jagung putren sebanyak 200 gram, iris tipis miring
• Jamur Enoki sebanyak 100 gram, suwir-suwir
• Bakso sapi sebanyak 5 buah, iris tipis
• Bawang putih 3 siung, iris halus
• Daun bawang 1 batang, iris tipis miring
• Kecap asin ½ sendok makan
• Garam ½ sendok teh
• Merica bubuk ¼ sendok teh
• Gula pasir ¼ sendok teh
• Air sebanyak 300 ml
• Minyak goreng 2 sendok makan

Berikut Cara Memasak Enoki Tumis Putren Spesial Rumahan

1. Siapkan wajan, tuang minyak yang sudah disiapkan, kemudian tumis bawang putih sampai bau harumnya tercium.
2. Masukkan bakso sapi yang sudah diiris tipis, kemudian aduk rata dan jaga api jangan sampai gosong.
3. Masukkan jagung putren, kemudian tumis sampai putren layu.
4. Masukkan kecap ikan, gula, garam dan merica, aduk hingga rata.
5. Masukkan air yang sudah disiapkan, aduk sesekali daan biarkan hingga bumbu meresap.
6. Tambahkan daun bawang, aduk hingga rata.
7. Kecilkan api, masukkan jamur Enoki sebentar kira-kira 3 menit, kemudian matikan api.
Setelah selesai, angkat masakan Anda ke piring atau mangkuk yang sudah disiapkan sebelumnya, atur dengan cantik. Masakan ini cukup untuk 3 porsi. Jika jumlah keluarga Anda lebih dari itu, sesuaikan jumlah sayuran dan takaran bumbunya. Demikianlah resep dan cara memasak jamur Enoki tumis putren spesial rumahan. Selamat berkreasi dengan masakan baru Anda.