Resep Cara Memasak Nasi Liwet Tradisional Khas Sunda yang Mudah

Resep Nasi Liwet Tradisional Khas Sunda - Cara memasak nasi liwet tradisional khas Sunda cukup sederhana, tidak sulit untuk melakukannya. Nasi liwet menjadi salah satu hidangan yang banyak disajikan di acara-acara penting, terutama bagi warga Jawa Barat. Jika Anda adalah pencinta kuliner, tentunya Anda sudah tahu bagaimana lezatnya nasi liwet. Nasi liwet khas Sunda terkenal dengan rasanya yang gurih berkat perpaduan rempah-rempah. Baunya yang wangi dan khas menjadi salah satu daya tariknya tersendiri sehingga banyak yang menyukai kuliner yang satu ini. Jika Anda berkunjung ke Jawa Barat, kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba nasi liwet.
Nasi liwet Sunda tidak hanya dapat Anda nikmati ketika Anda berkunjung ke Jawa Barat saja. Bagi Anda yang berasal dari luar Jawa Barat, Andaa tetap dapat menikmati lezatnya nasi liwet khas Sunda. Anda dapat memasaknya sendiri di rumah dengan resep yang akan dibagikan berikut ini. Bukan hal yng sulit untuk dilakukan memasak nasi liwet khas Sundaa di rumah. Terlebih lagi jika Andaa hobi memasak, tentu akan sangat mudah dilakukan. Bahkan bagi Anda yng tidak terbiasa memasak, Andaa tetap dapat memasak nasii liwet Sundaa dengan mengikuti resep berikut ini.

A. Cara Membuat Nasi Liwet Sunda yang Enak dan Mudah

Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin menikmati lezatnya nasi liwet Sundaa buatan Anda sendiri, berikut adalah resep yng dapat dibagikan. Sebelum itu, sediakan terlebih dahulu bahan-bahan yng dibutuhkan untuk membuat nasii liwet. Berikut adalah bahan-bahan yng harus Anda sediakan terlebih dahulu:
Bahan utama:
- Beras ½ kg
- Daun salam 3 lembar
- Bawang merah 7 butir
- Serai 3 batang (gunakan putihnya saja)
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Ikan teri atau ikan asin 150 gram
- Air bersih 1200 ml
Bahan untuk ayam bakar:
- Ayam 1 ekor (potong-potong)
- Daun salam 2 lembar
- Garam 2 sendok teh
- Gula merah 50 gram
- Serai 2 batang (gunakan bagian putihnya saja lalu memarkan)
- Kecap manis 3 sendok makan
- Santan 1000 ml
- Ketumbar bubuk 1 sendok teh
- Merica bubuk ¼ sendok teh
Bahan untuk bumbu halus ayam bakar:
- Bawang merah 15 butir
- Bawang putih 3 siung

cara memasak nasi liwet dengan rice cooker,cara membuat nasi liwet spesial,cara membuat nasi liwet solo,cara membuat nasi liwet sunda,cara membuat nasi liwet cianjur,

B. Cara Memasak Nasi Liwet Khas Sunda

1. Cuci beras

Langkah pertama untuk membuat nasi liwet khas Sundaa yaitu mencuci beras sampai bersih. Setelah itu masukkan ke dalam panci khusus untuk memasak nasi.

2. Masukkan bahan lain

Lalu masukkan semua bahan-bahan utama ke dalam panci lalu aduk sampai tercampur merata. Setelah itu tutupi panci dan masak menggunakan api sedang, masak sampai nasi matang secara sempurna. Jika memasak nasi menggunakan panci maka sebaiknya perhatikan, jangan sampai bagian bawah gosong sementara bagian atas belum matang.

3. Masak ayam bakar

Tumis bumbu halus ayam bakar sampai harum, setelah itu masukkan daging ayam bakar ke dalamnya. Masukkan juga bahan-bahan lainnya seperti daun salam, garam, gula merah, serai, kecap manis dan santan. Jangan lupa masukkan juga ketumbar dan merica bubuk lalu masak sampai santannya mengental. Aduk-aduk sampai santannya mengental, setelah itu panggang atau bakar ayam tersebut. Sambil menunggu matang, olesi daging ayam menggunakan bumbu yang ada.

4. Sajikan

Jika nasi liwet dan ayam bakarnya sudah matang, Andaa dapat segera menyajikan nasi liwet khas Sunda buatan Anda. Sajikan nasi liwet buatan Andaa dengan pelengkap lain seperti tahu dan tempe goreng serta sambal dan kerupuk sebagai pelengkap. Namun jika tidak ada maka cukup sajikan nasi liwet dengan ayam goreng saja.

Untuk memasak nasi liwet memang lebih enak jika menggunakan panci agar terasa lebih tradisional. Namun jika Anda tidak memasaknya menggunakan panci maka Anda dapat memasaknya menggunakan rice cooker atau magic com. Cara memasaknya hampir sama, masukkan semua bahan ke dalam loyang setelah itu masak sampai matang. Itulah resep nasi liwet khas Sunda yang dapat Anda ikuti secara mudah. Anda dapat mengkreasikan resep tersebut sesuai dengan keinginan Andaa. Namun secara umum, itulah cara memasak nasi liwet tradisional khas Sunda yang biasa dilakukan orang-orang Jawa Barat.