Ini Dia Cara Memasak Nasi Uduk Pakai Rice Cooker Paling Praktis

Cara Memasak Nasi Uduk Pakai Rice Cooker - Ingin tahu bagaimana cara memasak nasi uduk pakai rice cooker? Silakan simak penjelasan berikut ini yang akan membagikan resep nasi uduk menggunakan rice cooker. Mungkin Anda sudah sering mendengar pembuatan nasi uduk menggunakan rice cooker atau magic com. Jika Anda penasaran dan tertarik ingin mencobanya, silakan coba resep berikut ini di rumah. Nasi uduk sendiri merupakan salah satu kuliner Indonesia yang sangat lezat. Rasanya yang gurih, pulen dan lezat memang mampu mencuri hati para penikmatnya. Hampir semua orang yang pernah mencobanya maka akan ketagihan.

cara memasak nasi kuning,cara memasak nasi uduk dengan rice cooker,cara memasak nasi uduk di magic com,cara memasak nasi uduk betawi,cara memasak nasi uduk menggunakan rice cooker,
Baca juga: 6 Cara Memasak Oatmeal Supaya Enak

Cara Mudah Memasak Nasi Uduk Menggunakan Rice Cooker

Nasi uduk jika dilihat secara sekilas memang tampak seperti nasi putih pada umumnya. Hanya saja jika dirasakan maka rasanya berbeda, lebih gurih, lebih pulen dan lebih nikmat. Nasi uduk merupakan hasil olahan beras putih yang dipadukan dengan beberapa rempah. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadi ciri khas utamanya sehingga sangat enak jika dinikmati bersama lauk-pauk yang pedas atau manis. Nasi uduk sebenarnya dapat dinikmati kapan saja, namun kebanyakan orang menikmatinya di pagi hari untuk sarapan. Kenikmatan nasi uduk tidak perlu diragukan lagi, terbukti dari banyaknya orang yang menjualnya.


Karena tingginya minat masyarakat Indonesia akan kuliner nasi uduk, banyak orang yang menjualnya. Baik di pinggir-pinggir jalan ataupun di rumah makan, Anda dapat membeli nasi uduk secara mudah. Namun cobalah untuk membuat nasi uduk sendiri, mungkin saja nasi uduk buatan Anda lebih nikmat dibanding yang dijual di pasaran. Tidak perlu ragu, membuat nasi uduk tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda dapat memasak nasi uduk menggunakan rice cooker atau magic com. Jika Anda memiliki rice cooker, silakan ikuti resep cara memasak nasi uduk pakai rice cooker berikut ini.

cara memasak nasi kuning,cara memasak nasi uduk dengan rice cooker,cara memasak nasi uduk di magic com,cara memasak nasi uduk betawi,cara memasak nasi uduk menggunakan rice cooker,

Sebelum itu, sediakan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:
Bahan-bahan:
- Beras putih 3 cangkir
- Daun salam 3 lembar
- Serai 2 batang (gunakan putihnya saja lalu memarkan)
- Santan kental 200 ml
- Garam 1 sendok teh
- Air secukupnya
Cara membuat nasi uduk dengan rice cooker:
1. Cuci beras
Cuci beras yang sudah Anda siapkan tersebut sampai bersih, setelah itu tiriskan airnya.
2. Masukkan semua bahan
Langkah berikutnya yaitu masukkan semua bahan ke dalam loyang rice cooker atau magic com. Mulai dari beras, daun salam, serai, garam, santan dan air, untuk daun salam dan serai pastikan sudah mencucinya terlebih dahulu. Penggunaan air dapat disesuaikan dengan banyaknya beras yang Anda masak tersebut.
3. Masak sampai matang
Jika semua bahan sudah dimasukkan ke dalam loyang magic com, aduk-aduk sebentar lalu masukkan ke dalam magic com atau rice cooker. Setelah itu nyalakan mode untuk memasak atau cooking, tunggu sampai nasi uduk yang Anda masak matang.

Untuk waktu memasak kurang lebih 20 sampai 30 menit, Anda tidak harus menunggunya. Anda dapat meninggalkannya dan mengerjakan pekerjaan Anda lainnya. Nasi uduk sendiri paling nikmat jika disajikan bersama bahan pendamping seperti ayam bakar, telur dadar, kering tempe, sambal dan juga kerupuk. Jika Anda ingin menikmati lezatnya nasi uduk, sediakan bahan-bahan pelengkap tersebut sembari menunggu nasi uduk yang Anda masak menggunakan rice cooker matang. Tidak harus dengan ayam bakar, cukup dengan dadar telur, kering tempe dan sambal saja sudah cukup.

Anda dapat menggoreng telur dadar lalu mengirisnya tipis-tipis, setelah itu buat kering tempe dan sambal. Sajikan lauk pendamping tersebut bersama dengan nasi uduk yang Anda masak, rasanya sangat nikmat. Usahakan untuk membuat kering tempe yang sedikit pedas untuk mengimbangi rasa nasi uduk yang gurih. Namun tergantung dari selera, Anda dapat membuat kering tempe sesuai dengan selera Anda. Jika Anda tidak bisa membuat lauk pendampingnya, tidak perlu bingung karena nasi uduk saja rasanya sudah enak. Nasi uduk dapat dimakan tanpa lauk pendamping karena rasanya sudah enak dan nikmat.

Jika ingin membuat kering tempe, Anda dapat mengiris tempe tipis-tipis lalu menggorengnya. Setelah itu iris cabai, bawang merah dan bawang putih secukupnya lalu tumis hingga layu. Setelah itu siram menggunakan sedikit air, masukkan garam, gula, penyedap rasa dan kecap manis. Aduk-aduk kembali lalu masukkan tempe, masak tempe sampai matang lalu angkat. Tidak sulit bukan membuat kering tempe, sajikan kering tempe tersebut dengan nasi uduk buatan Anda. Demikian yang dapat dibagikan mengenai cara memasak nasi uduk pakai rice cooker, selamat mencoba.