Cara Memasak Pindang Tulang Khas Palembang Mudah dan Praktis

Cara Memasak Pindang Tulang Khas Palembang - Cara memasak pindang tulang khas Palembang mudah. Palembang merupakan salah satu kota yang juga kaya akan wisata kulinernya, salah satunya adalah empek-empek Palembang. Namun, kali ini kita tak akan membahas mengenai empek-empek khas Palembang melainkan pindang tulang. Pindang tulang, seperti namanya merupakan makanan yang berbahan dasar tulang sapi dimana di dalamnya ada sumsum juga daging yang sedikit masih menempel. Makanan ini mungkin salah satu makanan yang kurang familiar di telinga, namun makanan ini mampu menggugah selera makan.

resep pindang tulang meranjat,resep pindang tulang pegagan,resep pindang iga betawi,resep pindang daging kudus,resep pindang tulang pedas,resep pindang daging asam pedas,
Baca juga: Resep Pisang Goreng Renyah
Disamping itu cara memasak pindang tulang khas Palembang juga tidak terlalu rumit. Cara memasaknya dengan direbus, seperti halnya memasak pindang ikan patin yakni memakai bumbu super pedas. Hal ini sesuai dengan ciri khas masakan di daerah Sumatera, sebab masyarakat di sana lebih menyukai makanan-makanan yang pedas. Menurut warga Palembang sendiri, tulang pindang adalah sejenis makanan yang mudah dijumpai dan biasanya dihidangkan sebagai sajian utama. Selain itu, tulang pindang juga terkenal akan kelezatannya.

Tips Cara Memasak Pindang Tulang Khas Palembang


Cara memasak pindang tulang khas Palembang ini dimulai dengan cara mencuci potongan dari tulang atau iga daging sapi yang sebelumnya telah dipotong-potong, kemudian dicuci hingga bersih. Bila tulang sapi ini sudah bersih. Setelah itu, potongan tulang sapi direbus memakai campuran dari bumbu rempah, misalnya cabai hijau, bawang merah, kunyit, serai, lengkuas, lada dan tomat. Agar menambah cita rasa yng pedas, maka pindang pun bisa ditaburkan cabe halus atau cabe giling lalu campuran tersebut diaduk secara merata. 

Pindang tulang asli khas Palembang yng nikmat dan lezat ini siap disajikan, apalagi jika kita melengkapinya dengan lalapan rebus untuk menambah kenikmatan makanan. Di samping itu, tambahan sambal tomat yang pedas dan kecap manis menambah kelezatan rasa yng begitu pedas dari pindang tulang sapi ini. Rasa pedas dari pindang tulang ini memberikan kehangatan di tubuh. Resep makanan pindang tulang ini merupakan resep asli khas kota Palembang. 

Untuk dapat menikmatinya, kini Anda tak perlu pergi ke kota Palembang. Sebab cukup dengan membuatnya sendiri di rumah. Kami akan membagikan cara memasak pindang tulang khas Palembang untuk Anda yg penasaran dengan makanan khas kota Palembang yg satu ini. Yuk, langsung saja simak ulasan resepnya.

Cara Memasak Pindang Tulang Sapi Khas Palembang

BahanBahan Digunakan Untuk Resep Pindang Tulang
• 1 kg tulang iga sapi yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong
• 1 sdt gula pasir
• 3 siung bawang merah, bakar sebentar saja
• ½ sdt lada bubuk
• 10 buah cabai merah, bakar (bisa disesuaikan selera jumlahnya)
• 1000 cc air matang dan bersih
• Bawang goreng seperlunya untuk pelengkap
• 1 sdt garam
Bumbu Bumbu Cara Memasak Pindang
• 6 siung bawang merah, tumbuk kasar
• 3 siung bawang putih, tumbuk kasar
• 4 lembar daun salam
• 3 batang serai, ambil bagian putihnya lalu memarkan
• 4 cm lengkuas, memarkan
• 2 buah tomat yg masih segar, potong kecil
• 1 sdm kecap manis
• 2 sdm kecap asin
• 20 gram air asam jawa
• 20 gram gula aren atau gula merah
Cara memasak pindang tulang khas Palembang mudah:
1. Pertama-tama rebus terlebih dulu air sampai mendidih, kemudian masukkan tulang iga sapi bersih yg sudah di potong tadi.
2. Lalu tambahkan dengan bawang putih dan bawang merah tumbuk.
3. Kemudian aduk sampai beraroma wangi, selanjutnya masukkan bumbu-bumbu yg sudah disiapkan.
4. Langkah berikutnya aduk terus lalu buang busa pada air rebusan dari tulang sapi.
5. Selanjutnya tambahkan lada bawang merah yg dibakar, garam, gula, dan cabai, lalu masak sampai tulang iga empuk.
6. Langkah terakhir angkat lalu sajikan pada mangkok saji, sebagai pelengkap bubuhi taburan bawang goreng tepat di atasnya
resep pindang tulang meranjat,resep pindang tulang pegagan,resep pindang iga betawi,resep pindang daging kudus,resep pindang tulang pedas,resep pindang daging asam pedas,

Nah, itulah cara memasak pindang tulang khas Palembang enak dan mudah untuk disantap. Masakan yang satu ini merupakan masakan tanpa santan sehingga cocok untuk Anda yang tak begitu menyukai makanan yang bersantan dan berminyak. Di samping itu, pindang tulang sangat cocok disajikan bersama keluarga tercinta di rumah. Selamat mencoba!