Cara Memasak Sayur Nangka Spesial Yang Enak Ala Rumah Makan Padang

Cara Memasak Sayur Nangka Spesial Ala Rumah Makan Padang - Kuliner nusantara memiliki banyak sekali jenis masakan yang enak dan menggugah selera. Indonesia yang memiliki iklim tropis memungkinkan untuk tumbuh kembang dari tanaman tropis seperti nangka. Nangka selain memiliki buah dengan cita rasa yang manis dan legit, ternyata nangka muda juga bisa diolah menjadi sayuran loh. Siapa yang tidak mengenal makanan khas Jogjakarta dengan Gudegnya yang khas. Terbuat dari sayur nangka, Gudeg merupakan kuliner yng tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke kota pelajar ini. Kali ini kami akan memberikan Anda tips dan cara memasak sayur nangka spesial yng enak.

cara membuat sayur nangka tanpa santan,resep sayur nangka jawa,cara membuat sayur nangka untuk lontong,cara membuat sayur nangka bumbu kuning,cara membuat nangka muda dimasak sayur,
Baca juga: Cara Memasak Sayur Sop Bakso Sederhana
Buah nangka tidak hanya nikmat disantap ketika matang saja, namun nangka muda juga bisa dijadikan berbagai macam masakan. Dalam masakan khas Sumatera Barat kita mengenal sayur nangka yng dimasak dengan kuah santan bumbu kuning atau bahasa lainnya adalah gulai nangka. Jika Anda adalah penggemar masakan Padang, Anda akan kerap menemukan sayuran ini sebagai salah satu sayuran pelengkap di restoran masakan Padang.

Tidak hanya masakan khas Sumatera Barat yng menggunakan nangka muda, kuliner khas Jogja pun menggunakan nangka muda sebagai salah satu bahan masakan yng memiliki cita rasa yng enak dan gurih seperti gudeg yng merupakan cirri khas masakan Jogja. Namun, untuk memasak sayur nangka menjadi sebuah hidangan yang lezat memerlukan cara dan trik khusus. Mengapa demikian? Karena kandungan getah di dalam nangka muda, bisa mempengaruhi cita rasa masakan.

cara membuat sayur nangka tanpa santan,resep sayur nangka jawa,cara membuat sayur nangka untuk lontong,cara membuat sayur nangka bumbu kuning,cara membuat nangka muda dimasak sayur,

Dalam cara memasak sayur nangka spesial yng enak kali ini, kita akan membuat gulai nangka ala rumah makan Padang. Untuk memasak sayur nangka menjadi lembut, ada beberapa trik yng bisa digunakan. Sebaiknya Anda memotong sayur nangka dengan melumuri tangan Anda dengan minyak goreng agar getah tidak menempel pada tangan Anda. Selanjutnya Anda bisa mencuci bersih sayur nangka, dan merebusnya. Proses ini selain menghilangkan sisa getah juga dapat membuat sayur nangka menjadi lebih lembut.

Cara Memasak Sayur Nangka Spesial

Untuk memasak sayur nangka khas masakan Sumatera Barat, ada beberapa bahan yng diperlukan antara lain adalah:
1. Nangka muda sebanyak ½ kg yg telah dipotong kecil atau sesuai selera
2. Tetelan daging sebanyak ½ kg
3. Minyak goreng sebanyak 1 sdm
4. Santan segar sebanyak 500 ml
5. 4 lembar daun salam
6. 3 lembar daun jeruk purut
7. Jahe sepanjang 1 ruas jari
8. Lengkuas sepanjang 1 ruas jari
9. 1 batang serai
Sedangkan Untuk Bumbu Cara Memasak Yang Dihaluskan Antara Lain
1. Bawang putih
2. Bawang merah
3. Cabe merah
4. Kunyit yang dibakar
5. Kemiri
6. Garam
Untuk takaran dan jumlah dari bumbu yg dihaluskan bisa menyesuaikan dengan jumlah sayur nangka dan tetelan daging yg dipergunakan. Kunyit yg dibakar akan memberikan aroma dan rasa yg khas pada masakan. Selanjutnya adalah tahap memasak dari sayur nangka muda ala rumah makan khas Sumatera Barat.

Tahap Memasak Sayur Nangka Anda Lakukan

1. Pertama sekali adalah membersihkan nangka muda dan daging tetelan. Setelah dibersihkan, Anda bisa merebus nangka muda dan daging tetelan sampai setengah matang.
2. Sembari menunggu nangka muda dan daging tetelan yg direbus setengah matang, Anda bisa memanaskan minyak dalam sebuah wajan.
3. Selanjutnya, Anda bisa menumis bumbu yg telah dihaluskan. Tumis sampai masak dan mengeluarkan bau yg harum.
4. Jangan lupa untuk memasukkan jahe, lengkuas, daun salam serta daun jeruk purut ke dalam tumisan. Masukkan juga batang serai yg telah dimemarkan sebelumnya.
5. Lalu, masukkan bumbu yg telah ditumis tersebut ke dalam rebusan nangka, dan aduk sampai merata.
6. Tambahkan santan segar ke dalam rebusan nangka dann daging yg telah diberi bumbu tumisan. Aduk-aduk sampai mendidih agar santan tidak pecah.
7. Jangan lupa untuk memberikan cita rasa berupa garam dann gula sampai Anda merasa bahwa sayur nangka telah memiliki rasa yang pas.
8. Jika sayur nangka telah matang, matikan api dan angkat.

Demikianlah cara memasak sayur nangka spesial yang enak ala rumah makan Padang yg bisa membuat Anda jatuh cinta. Anda bisa memadukannya dengan aneka lauk pauk bersama dengan nasi yang hangat. Dijamin selera makan Anda akan berlipat ganda dengan hidangan tersebut. Selamat mencoba.