Cara Memasak Seblak Basah Spesial Khas Bandung Yang Unik

Cara Memasak Seblak Basah Spesial Khas Bandung - Indonesia memiliki banyak sekali jajanan khas daerah yang unik namun memiliki cita rasa yang lezat. Salah satu contohnya adalah kota Bandung yang memang terkenal dengan kuliner yang beraneka macam dan bervariasi. Di kota Bandung ada sebuah jajanan khas yang unik dan menjadi ciri dari kota Paris Van Java tersebut. Seblak, sebuah kuliner jajanan khas Bandung yng enak dan mudah sekali di dapatkan di kota tersebut. Tapi, bagi Anda yang tinggal di luar Bandung dan ingin mencicipi jajanan seblak, maka kami akan memberikan Anda tips dan cara memasak seblak basah spesial khas Bandung yng bisa Anda praktikkan di rumah.

cara-memasak-seblak-ceker,cara-memasak-seblak-kuah,cara-memasak-seblak-enak,cara-memasak-seblak-kering,cara-membuat-seblak-telor,cara-membuat-seblak-makaroni,cara-membuat-seblak-kering,
Baca juga: Cara Memasak Semur Daging Spesial Ala Rumahan
Apa sih seblak itu? Seblak merupakan sebuah kuliner khas Bandung yng unik karena terbuat dari kerupuk mentah yng proses memasaknya di rebus di dalam air. Kerupuk mentah ini akan dipadukan dengan berbagai macam bahan pelengkap lainnya seperti telur atau sayuran, dan lain sebagainya. Cita rasa unik dari seblak inilah yg membuat siapapun akan jatuh hati dengan kelezatannya. Rasanya yng lezat plus harga yng murah meriah membuat jajanan ini selalu laris manis diserbu para penggemarnya. Kini, Anda juga bisa membuat sendiri seblak khas Bandung. Serta Anda bisa memvariasikan bahan pelengkap seblak sesuai dengan selera Anda masing-masing.

cara-memasak-seblak-ceker,cara-memasak-seblak-kuah,cara-memasak-seblak-enak,cara-memasak-seblak-kering,cara-membuat-seblak-telor,cara-membuat-seblak-makaroni,cara-membuat-seblak-kering,

Nah, apa saja bahan yng dibutuhkan untuk cara memasak seblak khas Bandung. Berikut beberapa bahan dan bumbu yng Anda perlukan untuk memasak seperti jajanan aslinya yang unik ini.

Proses Cara Memasak Seblak Basah Spesial Khas Bandung

1. Kerupuk aci mentah sebanyak 200 gram
2. Telur ayam sebanyak 3 butir
3. Bakso sapi sebanyak 5 buah yg diiris tipis
4. Sosis sapi sebanyak 2 buah yg diiris tipis
5. Daun bawang 1 batang yg diiris halus
6. Garam secukupnya
7. Gula pasir secukupnya
8. Penyedap rasa secukupnya (Anda boleh untuk tidak menggunakan jika Anda bukan pengguna MSG)
9. Air secukupnya
10. Minyak untuk menumis

Selanjutnya untuk bumbu halus di gunakan untuk membuat cita rasa seblak semakin gurih adalah:
1. Bawang merah sebanyak 5 butir
2. Bawang putih sebanyak 2 siung
3. Kencur sebanyak 1 cm
4. Cabe rawit merah sebanyak 15 buah (sesuai dengan selera Anda)
5. Air asam Jawa sebanyak 2 sendok teh
6. Tomat merah sebanyak 1 buah

Demikianlah bahan serta bumbu yg dipergunakan dalam membuat jajanan seblak khas Bandung ini. Selanjutnya adalah proses memasak seblak yg terbilang cukup unik. Karena biasanya kerupuk dimasak dengan cara digoreng, maka seblak justru sebaliknya yaitu dengan direbus. Langkah-langkah yg perlu Anda lakukan dalam memasak seblak.

Langkah Cara Memasak Seblak

1. Pertama sekali adalah merebus kerupuk aci mentah di dalam air mendidih sampai tekstur kerupuk menjadi lebih lunak. Setelah lunak, angkat dan tiriskan kerupuk.
2. Kemudian kerupuk tersebut bisa Andaa rendam dalam air dingin sebentar, dan lalu angkat serta tiriskan kerupuk tersebut.
3. Selanjutnya adalah panaskan minyak dalam sebuah wajan, kemudian Andaa bisa menumis bumbu halus yng telah dipersiapkan. Tumis sampai bumbu halus mengeluarkan aroma yg harum.
4. Lalu Anda bisa menuangkan air ke dalam tumisan bumbu, lalu masukkan kerupuk yng telah direbus. Aduk-aduk sampai rata.
5. Masak kerupuk sampai menyisakan sedikit kuah, kemudian Andaa bisa memasukkan telur yg dikocok lepas, irisan sosis, irisan bakso dan irisan daun bawang.
6. Lalu beri cita rasa dengan memberikan garam, sedikit gula, serta penyedap rasa. Aduk lagi sampai semua tercampur rata.
7. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Anda juga bisa mengganti bahan pelengkap seblak dengan aneka seafood, atau suwiran ayam goreng. Atau bagi Anda yang menyukai jamur bisa memvariasikan seblak dengan jamur, dijamin rasa seblak Anda akan lebih bervariasi dan lezat. Cukup mudah bukan cara memasak seblak basah spesial khas Bandung? Untuk cuaca yng dingin, jajanan ini sangat pas Anda hidangkan. Terlebih jika dihidangkan panas dan memiliki rasa yang pedas, dijamin badan Anda akan langsung hangat dan berkeringat. Coba deh praktikkan seblak khas Bandung dan rasakan kelezatan jajanan unik ini. Selamat mencoba.