Cara Memasak Sop Daging Sapi Yang Enak Dan Sehat

Cara memasak sop daging sapi yang enak dan sehat dapat Anda lakukan dengan membuatnya sendiri di dapur rumah kesayangan. Dengan memasak masakan ini sendiri di rumah, Anda pasti akan lebih memperhatikan kebersihan dari bahan-bahan yang akan dimasak dan kemudian dikonsumsi. Dengan demikian, maka kebersihan dan kesehatan dari masakan tersebut lebih terjamin untuk tubuh daripada Anda membelinya di luar.

cara cara masak sup tulang,cara memasak sop bakso,cara memasak sayur sop ceker,cara memasak sop tulang sapi,cara memasak soto daging,cara memasak sop bening,cara membuat sop daging betawi,
Baca juga: Resep Sop Iga Sapi Sederhana Yang Enak
Sop daging sapi merupakan salah satu masakan khas Indonesia yng pada umumnya mempunyai kuah bening. Masakan ini mempunyai rasa yng lezat, gurih, dan segar. Sop daging sapi sangat nikmat bila dihidangkan untuk sarapan maupun makan malam. Namun, kelezatan dari masakan ini tak luput dari proses pemilihan sayuran dan daging sapi yang Anda pergunakan sebagai bahannya. Pastikan Anda memilih daging dan sayuran yang masih segar.

A. Berikut Tips Memilih Daging Sapi Yang Masih Segar

1. Ketika ditekan, maka tekstur daging sapi masih terasa kenyal. Namun, ketika daging ditekan ternyata agak lembek, bisa dipastikan daging tersebut sudah agak membusuk. Selain itu, warna daging sapi yng segar adalah merah segar.
2. Aroma daging sapi yng segar memiliki aroma bau khas sapi, sedangkan jika baunya agak asam berarti daging sudah akan membusuk.
3. Jika akan membeli daging sapi, maka hindari membeli daging yng dibekukan. Pada umumnya, daging sapi yng telah dibekukan kesegarannya sudah mulai berkurang. Kalaupun terpaksa membeli daging yng sudah beku, maka pilihlah daging yng tidak ada kembang es-nya.
4. Hindari membeli daging sapi yng berair. Jika pada daging terdapat cairan encer yng menetes hampir menyerupai darah, maka bisa dipastikan bahwa daging sapi tersebut adalah daging gelondongan.

cara cara masak sup tulang,cara memasak sop bakso,cara memasak sayur sop ceker,cara memasak sop tulang sapi,cara memasak soto daging,cara memasak sop bening,cara membuat sop daging betawi,

Tips memilih daging segar telah kami uraikan dan langsung saja kita menuju ke topik pembahasan. Jika Anda akan membuat sop daging sapi, berikut adalah langkahnya. Bahan yng perlu dipersiapkan untuk memasak sop daging sapi yang enak dan sehat.

Bahan Bahan Yang Diperlukan Memasak Sop Daging Sapi:

1. Daging sapi yang masih segar sebanyak 500 gram (potong bentuk dadu dengan ukuran sesuai sele Anda).
2. Brokoli sebanyak 200 gram (diiris sesuai alur brokoli).
3. Wortel sebanyak tiga buah (diiris tipis maupun agak tebal sesuai selera Anda).
4. Daun bawang sebanyak dua batang (iris menyerong dan jangan terlalu tipis).
5. Kentang sebanyak 300 gram (iris berbentuk dadu).
6. Buncis sebanyak 150 gram (hilangkan serat yang ada di pinggiran buncis kemudian potong menyerong agak tips).
7. Gula pasir sesuai lidah Anda.
8. Garam sesuai lidah Anda.
9. Penyedap rasa sapi (bila suka).
10. Air secukupnya.

Bumbu yang harus dihaluskan untuk memasak sop daging sapi yang enak dan sehat:
1. Kemiri yang sudah disangrai sebanyak tiga butir
2. Bawang putih sebanyak tiga siung
3. Merica bubuk sebanyak satu sendok teh
4. Minyak goreng untuk menumis sebanyak tiga sendok teh
5. Bawang goreng sebagai bahan taburan

 

Cara memasak sop daging sapi yang enak dan sehat:

1. Langkah awal yg perlu Anda lakukan adalah merebus daging sapi hingga empuk dan air rebusan menyusut. Sisa air rebusan daging sapi tersebut dibuang sedikit saja, karena akan dipergunakan sebagai kaldu.
2. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan dan taruh di atas kompor dengan api berukuran kecil. Setelah minyak panas, lalu tumis bumbu halus tersebut hingga beraroma harum.
3. Masukkan tumisan bumbu halus tersebut ke dalam panci yg telah berisi air sisa rebusan dan daging sapi, kemudian tambahkan air secukupnya.
4. Kemudian taruhlah panci yg berisi air ddan bumbu halus ke atas kompor dengan api berukuran sedang.
5. Setelah air mendidih, masukkan garam ddan gula. Cicipi dahulu dan jika rasanya kurang pas di lidah Anda, maka tambahkan garam maupun gula. Lalu masukkan wortel, kentang, buncis, daun bawang, dann brokoli. Tunggu hingga masakan matang.
6. Tuangkan sup daging sapi ke wadah dan beri taburan bawang goreng.
7. Sajikan bersama nasi putih hangat.

Demikianlah uraian kami mengenai resep dan cara memasak sop daging sapi yang enak. Sop daging sapi paling nikmat bila disajikan dalam keadaan hangat untuk sarapan maupun makan malam. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat masakan sop yang nikmat dan menyehatkan ini, silahkan pergunakan artikel kami sebagai panduan resepnya. Selamat mencoba.