Tahapan Cara Memasak Telur Puyuh Balado Hijau

Cara memasak telur puyuh balado hijau - Jika kita mendengar makanan yang satu ini, pastinya kita langsung ingin menyantapnya dengan segera. Telur puyuh balado cabai hijau merupakan salah satu menu makanan spesial yang banyak digemari karena rasanya yang pedas dan menggugah selera makan. Telur balado sendiri dapat dijumpai di beberapa kota, entah itu di Pulau Jawa ataupun di luar Pulau Jawa sebab makanan yang satu ini begitu terkenal sebagai salah satu makanan khas nusantara.


cara-memasak-sate-telur-puyuh,cara-memasak-telur-puyuh,cara-Memasak-telur-puyuh-bacem,cara-memasak-telur-puyuh-bumbu-kecap,cara-memasak-telur-puyuh-untuk-bayi,semur-telur-puyuh,
Baca juga: Cara Memasak Telur Setengah Matang Sempurna
Jika biasanya talua balado menggunakan talua ayam, namun kini kita akan menggantinya dengan talua puyuah. Cara memasak telur puyuh balado hijau nikmat ini juga sangat mudah untuk dipraktekkan. Selain itu, kandungan gizi telor puyuah juga ternyata sangat baik jadi tak heran jika kita menggantinya dengan menggunakan telor puyuah. Bahkan menurut penelitian, nilai gizi yg terkandung dalam telor puyuah dengan bentuk kecil tersebut mengandung sebanyak 3-4 kali kandungan gizi dan nutrisi dari telor ayam.

Mengonsumsi telor puyuh tentunya memiliki banyak keuntungan tersendiri. telor puyuah mengandung sebanyak 13 % protein, sementara pada telor ayam sendiri hanya mengandung 11% saja. Disamping itu, telor puyuah mengandung sejumlah vitamin B1 yang cukup besar dibandingkan telor ayam. Bahkan kandungan vitamin B2 dan vitamin A dalam telor puyuah 2 kali lipatnya dari kandungan telor ayam. Nah, itulah mengapa telor puyuah merupakan makanan yg cocok untuk dikonsumsi demi menambah kecukupan gizi dalam tubuh.

cara-memasak-sate-telur-puyuh,cara-memasak-telur-puyuh,cara-Memasak-telur-puyuh-bacem,cara-memasak-telur-puyuh-bumbu-kecap,cara-memasak-telur-puyuh-untuk-bayi,semur-telur-puyuh,


Fakta lainnya mengenai telur puyuh, jika mengonsumsi talua ayam mentah biasanya akan mudah terinfeksi oleh bakteri salmonela sehingga bisa mengganggu sistem pencernaan. Akan tetapi hal tersebut ternyata berbeda bila kita mengonsumsi telor puyuh yang mentah. Sebab pasalnya bakteri Salmonela itu sendiri tak bisa hidup di dalam tubuh pada burung puyuh sebab temperatur tubuhnya tergolong lebih tinggi dibandingkan ayam. Meskipun begitu, sebelum dikonsumsi mentah-mentah pastikan telor puyuh telah dicuci terlebih dulu menggunakan air panas.

Keunggulan lainnya yng dimiliki oleh telur puyuah adalah telor puyuh tak memiliki kandungan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Justru telor puyuh sangat kaya kandungan kolesterol baik atau HDL. Di samping itu, telor puyuh pasalnya tidak akan menyebabkan terjadinya alergi layaknya telor ayam. Sebaiknya, telor ini dapat membantu mengatasi alergi pada seseorang.

Resep Balado Telur Puyuh Cabai Hijau

Setelah kita membahas mengenai khasiat dan kandungan gizi yang terdapat pada telur puyuh, tentunya semakin ingin mencoba olahan makanan berbahan dasar telor puyuh ini. Cara memasak telur puyuh balado hijau nikmat di bawah ini sangat cocok untuk Anda coba!
Bahan Bahan Yang Digunakan Dalam Memasak
• 8 butir telur puyuh atau sesuai selera lalu rebus
• 1 batang serai, lalu memarkan
• 1 lembar daun salam
• 1 sdt gula pasir
• 50 gram tomat berwarna hijau, lalu potong-potong
• Penyedap rasa secukupnya
• 1 sdm air asam jawa
• Garam secukupnya
• Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Bumbu Tumbuk Kasar
• 6 buah cabai hijau keriting
• 5 siung bawang merah
• 4 siung bawang putih
• 12 buah cabai hijau besar

Proses Cara Memasak Telur Puyuh Balado Hijau Nikmat

1. Pertama-tama panaskan minyak pada wajan, lalu tumis bumbu yng ditumbuk kasar beserta daun salam dan serai sampai harum.
2. Tambahkan tomat hijau lalu tumis sampai layu.
3. Tambahkan garam, telur, penyedap rasa dan juga gula lalu aduk secara merata.
4. Tambahkan air asam jawa kemudian masak hingga matang sampai bumbu meresap.
5. Kemudian angkat lalu sajikan saat masih hangat.
Cara memasak masakan telur puyuh balado hijau dari telur puyuh ini merupakan resep cara memasak yng sangat mudah untuk dicoba. Jika Anda merasa bosan dengan talua ayam, bisa menggantinya dengan telur puyuh balado yang enak dan lezat. Di samping itu, telur puyuh memiliki kandungan gizi yang tinggi dibandingkan telur ayam. Cara memasak telur puyuh balado hijau nikmat di atas juga bisa Anda praktekkan di rumah. Selain itu, makanan yang satu ini sangat cocok disantap bersama keluarga tercinta di rumah. Selamat mencoba!memiliki kandungan gizi lebih tinggi daripada telur ayam.