Cara Memasak Udang Saus Padang Pedas Manis Spesial

Cara Memasak Udang Saus Padang Pedas Manis - Udang termasuk bahan masakan yang cukup mahal, namun tak pernah padam dicari. Ya, meskipun bagi para petani budidaya udang cukup sulit, namun permintaan pasar akan seafood satu ini tidak pernah turun tiap tahunnya. Tak salah memang karena tekstur dan rasa bawaan dari udang memang sangat gurih. Berbeda dengan daging kepiting, yang meskipun lezat namun perlu usaha ekstra untuk menyantapnya karena begitu banyak serat dan tulang. Daging udang hampir sama dengan kepiting namun bisa disantap dengan lebih mudah. Ingin coba resep cara memasak udang yang cukup unik namun tetap mudah dibuat, cobalah untuk mencoba resep udang saus Padang. Apalagi cara memasak udang saus Padang ini tidak butuh waktu berlama-lama.

cara memasak udang saus lada hitam,resep masakan udang saus pedas,cara membuat udang saus pedas,resep masak udang saus pedas,cara memasak udang saus tiram pedas,
Baca juga: Resep Membuat Acar Timun dan Wortel
Apakah udang memiliki bau amis seperti hasil laut lainnya? Tentu saja. Namun bau amis yang dimilik udang tidak akan membuat Anda terganggu, karena tercampur dengan aroma manis nan pas. Orang dahulu bahkan sudah terbiasa memasak udang tanpa bumbu apapun, dan sudah sangat enak dinikmati. Jadi jangan ragu untuk mencoba membuat kreasi resep udang, selain gurih dagingnya pun cepat matang. Sedang memikirkan menu masakan spesial yang cocok disajikan di segala musim, udang saus Padanglah jawabnya. Jangan khawatir, Anda pasti bisa membuat resep satu ini, apalagi panduan cara memasak nya telah dipersiapkan lengkap dalam resep cara memasak kali ini. 

cara memasak udang saus lada hitam,resep masakan udang saus pedas,cara membuat udang saus pedas,resep masak udang saus pedas,cara memasak udang saus tiram pedas,

Resep Cara Memasak Udang Saus Padang Pedas Manis

Bahan Dasar Buat Memasak
• 750 gram udang berkualitas
• 5 siung bawang merah
• 3 siung bawang putih
• 1 butir tomat merah besar
• 1 butir bawang Bombay ukuran sedang
• 2 cm ruas jahe
• 3 buah cabai rawit besar
• 5 buah cabai merah besar
• 2 sendok makan saus tomat atau saus sambal.
• ½ sendok makan tepung maizena
• 4 sendok makan saus tiram
• 1 sendok kecil merica bubuk instan.
• Garam secukupnya
• Gula secukupnya
• Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak Udang Saus Padang Enak dan Mudah

1. Siapkan udang yang akan Anda masak, caranya adalah dengan membuang bagian buntut, ujung kepala, juga mengupas kulit bagian belakangnya. Kemudian cuci dengan air bersih dan rebus udang yang telah Anda siapkan dalam panci sampai matang. Lama waktu perebusan kira-kira 5 menit saja.
2. Masukkan irisan bawang putih dalam panci penggorengan, aduk-aduk tumis sampai berbau harum dan tampak layu. Masukkan bawang merah cincang tidak lama setelahnya, tumis kembali agar kedua bahan tercampur rata.
3. Susul dengan memasukkan pula tomat yang telah diiris tipis, irisan cabai rawit, cabai merah, dan jahe geprek. Aduk-aduk semua bahan tumisan ini sampai menguarkan aroma harum nan sempurna.
4. Susul dengan memasukkan bawang Bombay yang telah diiris-iris, tumis kembali hingga bawang bombay tampak layu.
5. Sebagai bumbu, masukkan saus tomat, saus cabai, dan saus tiram sesuai selera. Untuk yang tidak suka pedas cukup 2 sendok makan saja, sementara jika Anda suka rasa pedas mantab bisa ditambah masing-masing empat sendok makan saus.
6. Aduk-aduk sebentar, encerkan satu sendok makan tepung maizena yang telah diencerkan dengan setengah cangkir air.
7. Masukkan larutan maizena ke dalam tumisan bumbu, disusul bersama dengan garam, gula, dan merica bubuk. Silahkan dicicipi untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah Anda.
8. Jika rasanya sudah sesuai selera, masukkan udang ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk sampai udang dan bumbu tampak tercampur rata.
9. Kecilkan api, aduk pelan dan tunggu sebentar kira-kira 5 menit guna meresapkan udang dengan bumbu dan mengentalkannya. Jika masakan sudah tampak harum dengan bumbu yang udah mengental, tandanya udang saus Padang Anda sudah siap untuk dihidangkan.
10. Sajikan bersama dengan kerupuk dan taburan bawang goreng jika ingin memperkaya rasa.
Wah, ternyata cara memasak udang saus Padang pedas benar-benar mudah sekali, ya! Karena termasuk masakan yang bercitarasa cukup tajam dengan kombinasi rasa asam, pedas, gurih dan manis menu ini juga akan sangat cocok Anda hidangkan bersama acar mentimun dan wortel sebagai menu pelengkap. Udang saus Padang paling lezat dinikmati selagi hangat, ketika aroma udang dan sausnya masih menguat sempurna.