Cara Membuat Nugget Daging Sapi Mudah dan Bergizi

Cara Membuat Nugget Daging Sapi - Apakah Anda suka nugget daging sapi? Jika selama ini hanya beli sekarang ingin memakannya, maka tidak ada salahnya jika mencoba membuatnya sendiri di rumah. Mungkin masih bingung mengenai cara membuat nugget daging sapi sehingga memilih beli setiap kali ingin memakannya padahal jika beli dengan harga yang cukup mahal hanya akan mendapat sedikit. Kini saatnya mencoba cara membuat nya sendiri di rumah, karena dengan biaya yang lebih murah Anda sudah bisa memperoleh nugget daging sapi yang lebih banyak.

cara-membuat-nugget-sayur,cara-membuat-nugget-ikan,cara-membuat-nugget-tahu,cara-membuat-nugget-jamur,cara-membuat-nugget-udang,cara-membuat-nugget-daging-sapi,
Baca juga: Cara Membuat Steak Daging Sapi Rumahan yang Bersih dan Sehat
Nugget daging sapi adalah salah satu bentuk olahan dagiang sappi yang digiling, kemudian dicetak kecil-kecil biasanya berbentuk persegi dan pada bagian luarnya dilumuri dengan bahan perekat tepung (batter) setelah itu dilapisi dengan tepung roti dan digoreng setengah matang. Jika ingin dikonsumsi, nugget daging sapi ini perlu digoreng lagi terlebih dahulu. Selain rasanya yng enak, nugget daging sapi juga sangat bermanfaat bagi tubuh karena daging sapi mengandung zat besi yang sangat diperlukan untuk menjaga normalitas kerja sel-sel tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka akan terserang anemia.

Manfaat daging sapi selain untuk memelihara kesehatan sel-sel tubuh juga masih banyak lagi, karena selain zat besi di dalam dagiang sappi juga terdapat kandungan lain. Kandungan tersebut adalah protein yg dapat meningkatkan masa otot, selenium yg berfungsi sebagai antioksidan, zinc yg dapat mengoptimalkan sistem saraf pusat, omega 3 yg penting bagi kecerdasan otak, dan masih banyak lagi kandungan senyawa-senyawa yg lain. Manfaat tersebut bisa Anda peroleh dengan maksimal jika Anda mengkonsumsi daging sapi secara teratur dalam batasan yg wajar, sebab jika berlebihan juga kurang baik bagi kesehatan.

Setelah mengetahui kandungan serta manfaat dagiang sappi, tentu akan semakin semangat untuk cara membuat nugget daging sapi sendiri kan? Nah, jika sudah tertarik sekarang saatnya Anda mencoba mempelajari resep cara membuat nugget daging sapi berikut ini.

Resep Cara Membuat Nugget Daging Sapi

Untuk cara membuat nya, ada beberapa bahan pokok dan bumbu, yg harus siapkan terlebih dahulu.
Bahan Pokok:
  • Dagiang sapi kualitas baik sebanyak 300 gram, lalu giling hingga lembut. Untuk menghilangkan bau amis, sebelum digiling sebaiknya rendam dulu dalam air perasan jeruk nipis.
  • Susu skim bubuk 1 sendok makan
  • Tepung panir sebagai olesan di permukaan
  • Telur ayam 2 butir, kocok rata
  • Air putih secukupnyaMinyak goreng secukupnya
  • Jeruk nipis 2 buah

Kemudian beberapa bumbu yg perlu Anda siapkan yaitu:
  • Bawang putih sebanyak 2 siung, lalu haluskan
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu instan setengah bungkus sachet

Setelah bahan dan bumbu siap, selanjutnya Anda bisa mulai untuk memasak nugget.

Tahapan Cara Membuat Nugget Dari Daging Sapi Sebagai Berikut:
  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan, masukkan daging sapi giling, susu skim bubuk, dan tepung panir lalu uleni sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Masukkan telur ke dalam adonan, tambahkan kaldu instan, gula pasir, merica bubuk, garam, dan air secukupnya kemudian uleni lagi adonan sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan adonan yg sudah jadi ke dalam Loyg persegi yg sudah dialasi dengan plastik, lalu kukus adonan selama 30 menit agar matang.
  4. Setelah matang, lalu potong-potong nugget sesuai dengan selera tapi biasanya berbentuk persegi.
  5. Nugget yg sudah dipotong-potong kemudian baluri dengan telur kemudian setelah itu baluri tepung panir. Lakukan satu persatu hingga semua potongan nugget terbaluri semua.
  6. Goreng nugget dengan minyak yg banyak sampai nugget mengambang dan kondisi minyak sudah benar-benar panas.
  7. Goreng setengah matang sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan, setelah itu angkat dan tiriskan.
  8. Simpan nugget yg sudah jadi di dalam kulkas, dan jika ingin memakannya goreng lagi sebentar untuk mematangkan nugget.

Demikianlah cara membuat nugget daging sapi yang mudah dan bergizi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.