Cara Membuat Steak Daging Sapi Rumahan Yang Bersih dan Sehat

Cara Membuat Steak Daging Sapi Rumahan - Steak daging sapi adalah salah satu jenis makanan orang kelas atas yang sering ditemukan di mall, restoran, dan warung khusus steak. Rasa dagingnya yang enak dan juicy membuat steak pantas dihargai mahal. Jika Anda bukan termasuk kalangan kelas atas tapi ingin merasakan enaknya makan steak, tidak ada salahnya Anda mencoba memasaknya sendiri di rumah. Cara membuat steak daging sapi rumahan bisa dibilang sederhana, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan menguras isi kantong dan yang paling penting rasanya tak kalah jika dibandingkan dengan steak versi resto.

Bagian dari daging sapi yg enak untuk dijadikan steak adalah daging has luar atau yg biasa disebut dengan sirloin, daging ini letaknya di bagian belakang sapi di bawah daging iga. Sirloin memiliki tekstur daging yg lebih keras, namun bisa dipotong dengan ukuran yg lebih besar. Selain sirloin, adapula bagian tenderloin yg lebih empuk dan ini merupakan bagian yg paling enak untuk dijadikan steak karena dagingnya lembut. Daging tenderloin letaknya di depan sirloin namun di belakang tulang rusuk. Harga daging sirloin lebih murah bila dibandingkan dengan daging tenderloin.

Mengkonsumsi steak daging sapi, selain untuk memanjakan lidah namun juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh karena di dalam daging sapi terdapat berbagai kandungan gizi seperti kalori, protein, zat besi, selenium, seng, vitamin B komplek, dan omega 3. Dengan adanya berbagai macam kandungan tersebut maka steak daging sapi sangat baik untuk dikonsumsi. Semakin tertarik kan untuk membuat steak daging sapi rumahan? Sebelum memulai membuat steak, pilih dulu jenis daging yg akan Anda gunakan, bisa bagian sirloin ataupun bagian tenderloin sesuaikan dengan selera dan dana yg tersedia.

cara membuat steak daging ayam,cara membuat steak daging sapi sederhana,cara membuat steak daging sapi panggang,cara membuat steak daging tepung,cara membuat steak daging sapi yang empuk,
Setelah Anda menentukan jenis daging yg akan digunakan, selanjutnya Anda bisa mempelajari resep cara membuat steak daging sapi rumahan berikut ini agar memasak steak menjadi lebih mudah, murah, dan lezat.

Resep Cara- Cara Membuat Steak Daging Sapi Rumahan

Bahan pokok Cara Membuat
  • Daging sapi sesuai selera bisa sirloin atau tenderloin sebanyak 500 gram, jangan langsung dipotong biarkan masih utuh
  • Susu skim bubuk sebanyak 2 sendok, lalu larutkan dalam 150 ml air putih
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Kecap manis kualitas terbaik 4 sendok makan
  • Air putih 750 ml
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Bumbu steak
  • Merica butiran 1/2 sendok teh, lalu tumbuk kasar
  • 1/2 cm pala, haluskan
  • 7 siung bawang putih, haluskan
Cara Membuat Setup sayuran
  1. Bawang Bombay 20 gram, cincang halus
  2. Biji jagung manis 2 sendok makan
  3. Bawang putih 1 siung, cincang tipis
  4. Kacang polong 3 sendok
  5. Wortel 1 buah, potong dadu dengan panjang 1 cm
  6. Margarin 2 sendok makan
Langkah-langkah yng perlu Anda ikuti untuk cara membuat steak daging sapi tersebut, antara lain:
  1. Langkah pertama yng harus Anda lakukan adalah menyiapkan daging sapi kemudian tusuk permukaan daging sapi tersebut dengan memanfaatkan sendok garpu.
  2. Setelah itu, olesi permukaan daging sapi tersebut dengan bumbu yng telah dihaluskan hingga benar-benar rata.
  3. Langkah selanjutnya, ambil mangkok yng ada tutupnya kemudian tuangkan kecap ke dalamnya, aduk-aduk sebentar. Selanjutnya tutup mangkok dengan penutupnya dan simpan di dalam kulkas satu malam.
  4. Setelah itu, siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak. Jika minyak telah panas, kemudian masukkan daging sapi serta bumbu yng digunakan untuk merendam.
  5. Selanjutnya, aduk-aduk daging tersebut hingga bumbu membaluri semua sisi daging sapi hingga seluruh permukaan berwarna kecoklatan. Lalu diamkan beberapa saat.
  6. Langkah selanjutnya siapkan alat pemanggang, jangan lupa untuk mengoleskan mentega di atas pemanggang agar tidak lengket.
  7. Panggang steak hingga matang.

Demikianlah cara membuat steak daging sapi rumahan yang dapat Anda coba untuk dipraktekkan di dapur rumah Anda. Dengan cara membuat steak rumahan ini, Anda dapat memastikan bahwa bahan yang digunakan benar-benar bahan yang baik dan kebersihannya pun pasti lebih terjaga dan terjamin dibandingkan membeli steak di luar rumah.