Harus Tahu, Ini Cara Membuat Agar Agar Busa Untuk Pudding Mengembang Sempurna

Cara Membuat Agar Agar Busa Untuk Pudding Mengembang Sempurna - Kelezatan pudding sebagai menu dessert favorit memang sudah tak ada bandingnya. Beraneka ragam jenis pudding bisa Anda temukan mulai dari warung kaki lima, sampai restoran bintang lima. Meskipun tentu saja rasa dan kualitas yang dipakai berbeda, beda, namun bicara masalah pudding tentu saja tetap memakai bahan dasar yang samar. Ya, apalagi kalau bukan agar-agar. Dan agar-agar adalah bahan kudapan yang sangat mudah didapatkan dimanapun. Jadi, tentu saja Anda juga bisa membuat pudding. Tapi bagaimana dengan pudding busa? Tenang, cara membuat agar agar busa untuk pudding tidak jauh berbeda tingkat kesulitan dibandingkan pudding biasanya.

cara membuat agar agar busa pelangi,cara membuat agar agar busa berlapis,cara membuat agar agar pelangi,cara membuat agar agar milo,cara membuat puding busa,cara membuat agar agar santan,
Baca juga: Resep Membuat Agar Agar Milo Kering Yang Kenyal
Yang perlu digarisbawahi tentu saja adalah teknik yang harus and tahu jika ingin mencoba membuat agar agar pudding busa. Secara garis besar bahan baku dan proses pemasakannya hampir sama sih dengan cara membuat pudding pada umumnya. Namun, tentu dibandingkan harus menjelaskan dengan bahasa yang rumit lebih baik langsung kita praktekkan saja r4esepnya dalam artikel ini. jika Anda belum pernah mencoba pudding busa, Anda mungkin akan cukup excited karena kudapan satu ini bisa dibilang cukup digemari anak-anak. Bukan hanya itu, makanan manis juga menjadi terapi yang cukup ampuh untuk menghilangkan stress orang dewasa. 

cara membuat agar agar busa pelangi,cara membuat agar agar busa berlapis,cara membuat agar agar pelangi,cara membuat agar agar milo,cara membuat puding busa,cara membuat agar agar santan,


Berbeda dengan pudding pada umumnya yang memiliki tekstur lembut dan cita rasa manis, pudding busa mempunyai kelebihan yakni sensasinya yang meresap seperti busa saat disantap. Untuk anak kecil, tentu saja meniikmati pudding busa yang terasa berbeda akan lebih menarik hati mereka. Nah, sudah penasaran bukan dengan cara membuat agar agar busa untuk pudding yang enak dan tidak sulit dibuat? Siapkan peralatan memasak Anda, dan silahkan langsung catat resepnya di bawah ini:

Resep Agar-Agar Pudding Busa

Bahan I:
• 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
• 350 ml susu cair
• 10 sendok makan gula pasir
• ¼ sendok teh vanili bubuk
• 1/8 sendok teh garam halus
Bahan II:
• 1 bungkus agar-agar bubuk rasa coklat
• 1 sendok makan susu bubuk
• 600 ml air bersih
• 1/4 sendok teh vanili bubuk
• 10 sendok makan gula pasir
• 1 sachet susu kental manis coklat
Cara Membuat Puding Busa:
1. Kocok putih telur dengan 5 sendok makan gula pasir menggunakan mixer sampai mengembang dan adonan tidak tumpah meskipun dibolak-balik.
2. Rebus semua bahan lainnya ke dalam panci yang sudah disiapkan diatas api sedang.
3. Tunggu adonan sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk agar tidak menggumpal, terutama agar-agarnya. Jika sudah mendidih, berarti adonan sudah matang lalu angkat dari kompor.
4. Tuang rebusan agar-agar ke dalam kocokan putih telur sambil terus dikocok sampai tercampur rata.
5. Jika sudah rata, tuang adonan pudding busa ini ke dalam cetakan dan diamkan hingga dingin dan beku. Campurkan semua bahan II atau bahan agar-agar coklat dalam satu panci kecil.
6. Aduk-aduk terlebih dahulu sampai tercampur rata sebelum direbus. Rebus adonan diatas api sedang sampai mendidih, aduk-aduk terus agar adonan tidak sampai pecah apalagi menggumpal.
7. Tuang agar-agar coklat diatas agar-agar putih yang sudah dingin tadi. Tunggu dan diamkan sampai agar-agar coklat menjadi juga menjadi dingin.
8. Jika sudah dingin berarti puding sudah siap dihidangkan. Silahkan potong-potong pudding sesuai selera.
Itulah tadi rahasia membuat pudding busa agar teksturnya dapat terbentuk sempurna. Benar, tak salah lagi emang jika Anda mengatakan rahasianya adalah telur kocok yang tadi Anda persiapkan diawal proses pembuatan. Telur busa yang bertemu dengan adonan pudding yang masih panas akan menghasilkan campuran adonan yang sempurna dan membuat pudding tampak berbusa. Siapa tahu suatu saat Anda mendapat kesempatan untuk menunjukkan kepiawaian membuat pudding busa ini di momen-momen tertentu, tentu saja akn menyenangkan bukan?

Selain itu, pudding busa juga menjadi salah satu jenis pudding yang paling laris di pasar kuliner. Jadi jika Anda memiliki bakat untuk mengembangkan hobi memasak pudding menjadi bisnis kuliner, tentu saja pudding busa bisa Anda manfaatkan sebagai menu Andalan. Pudding ini juga bisa Anda simpan selama 2-3 hari dalam kulkas, tanpa merusak tekstur ataupun rasanya. Terimakasih sudah mengikuti cara membuat agar agar busa untuk puding khas dari dapur kami. Selamat mencoba!