Inilah Cara Membuat Bakwan Sayur Renyah Malang

Cara Membuat Bakwan Sayur Renyah Malang - Bakwan Malang memang sudah banyak dijumpai diberbagai daerah. Meskipun namanya bakwan Malang, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya di berbagai daerah di Indonesia. Karena bakwan Malang ini sudah terkenal di mana-mana dan penjualannya pun sudah mencapai di pelosok-pelosok negeri. Asal mulanya, bakwan Malang ini merupakan bakwan atau makanan ringan yang dibuat oleh orang Malang. Karena rasanya yang gurih dan enak, maka bakwan Malang ini ditiru oleh beberapa pedagang.

cara membuat bakwan sayur sederhana,cara membuat bakwan sayur crispy,cara membuat bakwan tahu,cara membuat bakwan sayur yang garing,cara membuat tahu isi,cara membuat bakwan sayur goreng,
Baca juga: Ingin Tahu Cara Membuat Bakwan Udang Yang Enak? Ini Solusinya
Bakwan Malang ini ada berbagai aneka ragam, ada yang menggunakan sayur ada juga yang tidak menggunakan sayur. Diantara keduanya tersebut, yang paling diminati banyak orang adalah bakwan sayur Malang. Cara membuat bakwan sayur renyah Malang ini juga tidak tergolong rumit sehingga banyak orang yang mencontohnya. Di pinggir-pinggir jalan, Anda sudah pasti dapat menemukan bakwan sayur Malang ini. Di kota-kota besar seperti Jakarta, bakwan Malang juga sudah sangat populer. Bahkan banyak juga pembelinya.

Pembeli bakwan Malang tersebut rata-rata bukan orang Malang. Hal ini menunjukkan bahwa bakwan Malang memang patut diacungi jempol. Untuk sekedar nongkrong dan ngopi, bakwan Malang memang sangat tepat. Sambil memakan bakwan Malang, kopi sudah siap dihidangkan dan di minum. Sama seperti kebiasaan orang Malang ketika menyantap bakwan Malang ini, rata-rata dihadapan mereka sudah tersedia kopi sebagai surungan setelah memakan bakwan tersebut.

cara membuat bakwan sayur sederhana,cara membuat bakwan sayur crispy,cara membuat bakwan tahu,cara membuat bakwan sayur yang garing,cara membuat tahu isi,cara membuat bakwan sayur goreng,


Di warung-warung, bakwan Malang akan sangat mudah Anda dapatkan. Bahkan di daerah Malang, warung rasanya kurang lengkap tanpa adanya hidangan bakwan Malang beserta cabai sebagai lalapannya. Anda semakin penasaran dengan bakwan sayur Malang ini? Tenang saja, bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri, Anda juga mempraktikkan melalui tips-tips dalam tulisan ini. Yang jelas, cara membuat bakwan sayur renyah Malang sangatlah mudah sekali. Anda tidak perlu pesimis, yang terpenting adalah optimis bisa. Ada beberapa bahan yang perlu Anda beli terlebih dahulu di pasar terdekat. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan.

Langkah Membuat Bakwan Sayur Renyah Khas Malang

1. Sediakan 500 gram daging sapi. Jangan lupa daging sapi harus Anda haluskan agar tidak alot.
2. Sediakan 350 gram tepung sagu.
3. Sediakan merica bubuk secukupnya
4. Sediakan telur untuk diambil putihnya
5. Sediakan penyedap rasa agar bakwan Anda nantinya terasa enak
6. Sediakan es atau air es secukupnya
7. Sediakan 1 siung bawang putih
8. Sediakan bawang putih goreng dan bawang merah goreng. Masing-masing 1 sendok.
Cara Mengolah Bakwan Malang
1. Cucilah daging sapi terlebih dahulu agar bau amisnya hilang. Alangkah lebih baiknya kalau Anda mencuci dengan menggunakan air jeruk nipis.
2. Apabila Anda tidak mendapatkan tepung sagu, maka Anda boleh menggantinya dengan tepung tapioka.
3. Semua bahan tersebut dihaluskan terlebih dahulu. Begitu juga dengan daging sapi yang juga harus dihaluskan agar lebih cepat dalam proses penggorengan.
4. Apabila sudah halus semuanya, campurkan bumbu tersebut ke dalam tepung agar beraroma.
5. Masukkan minyak ke dalam panci yang sudah berada di atas kompor.
6. Panaskan minyak tersebut hingga agak mendidih.
7. Setelah mendidih, mulailah Anda untuk menggoreng adonan bakwan Malang tersebut.
8. Untuk hasil yang maksimal, usahakan api jangan terlalu besar alias sedang0sedang saja.
9. Jangan menggoreng bakwan terlalu besar, karena hal itu membutuhkan waktu yang lama.
10. Tunggu hingga bakwan Malang mendidih dan mengeras.
11. Apabila sudah mengeras, angkat bakwan Malang tersebut dari panci dan taruhlah ke tempat yang lainnya.
12. Bakwan Malang sudah siap untuk dihidangkan.
Cara membuat bakwan sayur renyah Malang sangatlah gampang dan mudah untuk dipraktikkan. Dengan Anda membaca tutorial diatas, dijamin Anda akan bisa membuat bakwan sayur Malang. Perlu diperhatikan pula bahwa semakin banyak putih telur yang Anda masukkan ke dalam adonan, maka semakin renyah pula bakwan sayur yang di dapatkan. Hal itu karena kandungan putih telur dapat membuat tepung menjadi lebih mudah mengembang. Yang perlu diperhatikan lagi adalah cara membuat adonan, untuk mencampur bumbu dan tepung, usahakan menggunakan air es agar bumbu dengan mudah dapat tercampur dengan tepung. Apabila adonan terlalu kenyal, tambahkan lagi air es hingga adonan tidak terlalu kenyal.