Resep Cara Memasak Tempe Orek Basah Pedas Manis Enak

Cara memasak tempe orek basah pedas manis - Tempe termasuk makanan yang terjangkau harganya dan termasuk salah satu makanan pokok masyarakat di kalangan menengah ke bawah. Meskipun banyak yang memandang sebelah mata, namun ternyata tempe mengandung banyak nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Tempe sendiri dibuat dari bahan dasar kacang kedelai lalu difermentasikan memakai jamur yang bernama Rhizopus oligosporus. Berdasarkan penelitian, gizi yang terkandung pada tempe sama halnya dengan yoghurt.

cara membuat tempe orek kering manis,cara membuat tempe orek ikan teri,cara membuat tempe orek kering pedas,cara membuat tempe orek sederhana,resep orek tempe basah cabe hijau,
Baca juga: Memasak Terong Balado Hijau Pedas
Tempe termasuk jenis protein nabati. Dengan kandungan antioksidan dan antibiotika di dalamnya yang bisa menyembuhkan infeksi dan mencegah penyakit yang degeneratif. Tenpe mengandung sejumlah kalsium, lemak, protein, zat besi, fosfor, vitamin, karoten, dan serat. Tenpe termasuk sumber protein penting yg begitu tinggi dengan kandungan asam amino di dalamnya yang mudah untuk dicerna oleh tubuh. Jadi tenpe sangat cocok dijadikan sebagai menu makanan diet. Selain itu tenpe juga berfungsi menurunkan risiko penyakit jantung.

Tempe mengandung sumber vitamin B khususnya vitamin B dengan manfaatnya untuk membantu sistem metabolisme sel-sel darah merah, meningkatkan kekebalan tubuh serta sistem syaraf. Tak hanya itu saja, kandungan gizi yng terdapat pada tenpe mampu menangkal radikal bebas yng masuk ke dalam tubuh. Di samping manfaatnya ini, ternyata tenpe juga sangat mudah diolah ke dalam berbagai macam masakan. Salah satunya adalah oreg tenpe.

Resep Cara Memasak Tempe Oreg Basah Lezat

Cara memasak tempe orek basah pedas manis mudah dan lezat. Tempe oreg termasuk makanan yng enak dan praktis untuk disajikan sebagai pelengkap nasi kuning atau nasi putih. Biasanya tempe oreg ini dilengkapi oleh bihun atau telur dadar. Makanan yng satu ini memang terlihat tidak spesial akan tetapi rasanya yng begitu nikmat tentunya menjadikan makanan tersebut banyak digemari. Apalagi tenpe termasuk sejenis makanan yng murah meriah, bisa dijangkau semua kalangan masyarakat. 

cara membuat tempe orek kering manis,cara membuat tempe orek ikan teri,cara membuat tempe orek kering pedas,cara membuat tempe orek sederhana,resep orek tempe basah cabe hijau,


Untuk kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak tempe orek basah pedas manis lezat dann gurih untuk Anda coba di rumah. Sebenarnya sajian makanan tempe oreg terdiri dari 2 jenis, yakni tempe orek kering dan tempe orek basah. Namun kali ini kita akan membahas mengenai resep tempe orek basah yang memiliki ciri khas cita rasa yng pedas daan gurih nikmat. Jadi, Anda bisa memasukkan tempe orek basah ke dalam menu sehari-hari di saat ini.

Tempe orek juga kerap kali kita jumpai di warteg atau restoran-restoran, namun tentunya daripada kita membelinya di luar lebih baik mencoba membuatnya di rumah sendiri. Di samping itu, untuk Anda yng masih belajar memasak tak perlu khawatir sebab cara memasak tempe orek basah pedas manis yng akan kami bagikan di sini sangat praktis dan mudah untuk dicoba. Nah, untuk Anda yng ingin membuat tempe oreg ini berikut resep cara memasak nya yang bisa Anda ikuti:

Bahan Bahan Yang Digunakan
• 2 cm lengkuas, lalu memarkan
• 200 gram tempe, lalu potong-potong
• 2 buah cabai hijau berukuran besar, lalu potong serong dan tipis-tipis
• 2 lembar daun salam
• ¼ sdt merica bubuk
• Minyak secukupnya untuk menggoreng
• 1 sdt garam halus
• ½ sdt penyedap rasa
• 1 sdm gua pasir
• Kecap manis secukupnya
• 5 siung bawang merah, lalu iris tipis
• 3 siung bawang putih, lalu iris tipis

Cara Memasak Tempe Orek Basah Pedas Manis
1. Pertama-tama panaskan minyak pada wajan terlebih dulu, kemudian goreng potongan tempe hingga setengah matang, lalu angkat kemudian tiriskan.
2. Lau tumis bawang putih dan bawang merah pada sedikit minyak hingga harum.
3. Tambahkan lengkuas dan daun salam kemudian diaduk hingga layu.
4. Kemudian masukkan temppe goreng tadi yng masih setengah matang pada bumbu tumisan.
5. Selanjutnya tambahkan potongan dari cabai hijau kemudian tuangkan kecap manis seperlunya.
6. Tambahkan gula pasir, penyedap rasa dan garam, lalu aduk hingga tercampur merata.
7. Kemudian tunggu hingga tempe oreg pun matang sembari diaduk sesekali sampai bumbu meresap.
8. Sajian tempe orek pun siap disajikan dan disantap bersama keluarga.

Demikianlah resep cara memasak tempe orek basah pedas manis yang lezat dan gurih enak. Tempe orek adalah salah satu makanan yang paling sederhana. Anda bisa menyantap tempe orek sebagai makanan pelengkap nasi dengan tambahan telur dadar atau makanan apapun. Paling nikmat bila disajikan bersama sambal dan kerupuk.