6 Maret 2016

Resep dan Cara Memasak Semur Jengkol Khas Betawi Asli

Cara memasak semur jengkol khas Betawi asli tak hanya dapat dilakukan dan dirasakan oleh masyarakat betawi saja. Namun, semua kalangan masyarakat bisa menikmati semur jengkol khas betawi ini dengan cara memasaknya sendiri di dapur rumah kesayangan. Bagi para pemula yang ingin belajar masak masakan ini juga bisa mempraktekkannya dengan mudah karena adanya panduan resep yang nantinya akan kami lampirkan dalam artikel ini.

cara membuat semur jengkol khas sunda,cara memasak rendang jengkol,cara memasak semur jengkol pedas,cara memasak semur tahu,cara memasak jengkol,cara memasak semur jengkol betawi,
Baca juga: Resep Semur Tahu Telur Sedap Sederhana
Sebelum mengulas lebih lanjut berdasarkan judul di atas, kami akan mengulas lebih dahulu mengenai semur. Semur adalah hidangan tradisional khas nusantara yang mempunyai cita rasa yang unik karena perpaduan bumbu rempahnya. Semur ini banyak terdapat di berbagai wilayah Indonesia dengan ciri khas masing-masing daerah, seperti semur jengkol khas Betawi, semur lidah khas Bali, semur daging khas Aceh, dan masih banyak lagi.

Masakan semur pada umumnya berwarna agak kehitaman atau cokelat pekat karena pengaruh dari perpaduan antara kecap manis dan rempah-rempahnya. Semur merupakan salah satu kuliner tertua yang sudah ada di Indonesia sejak zaman Hindia Belanda abad ke 9. Sebenarnya semur adalah masakan yang dikembangkan oleh kaum Eropa. Dalam bahasa Belanda, semur sering disebut sebagai smoor.

Pada awal mulanya smoor adalah masakan daging yang direbus hingga empuk bersama dengan buah tomat dan bawang secara perlahan-lahan menggunakan api kecil. Sejak zaman dahulu, Indonesia merupakan jalur perdagangan dunia yang dikenal sebagai kawasan penghasil rempah-rempah alami terbesar di dunia. Oleh sebab itu banyak para pedagang dari bangsa lain untuk datang ke nusantara merasakan keeksotisan rasa dari rempah-rempah. 

cara membuat semur jengkol khas sunda,cara memasak rendang jengkol,cara memasak semur jengkol pedas,cara memasak semur tahu,cara memasak jengkol,cara memasak semur jengkol betawi,


Sejak saat itulah smoor yang tadinya dibawa oleh bangsa Eropa kemudian dikembangkan oleh bangsa pribumi dan berubah namanya menjadi semur. Seiring berjalannya waktu, akhirnya semur menjadi salah satu khas kuliner budaya yang melekat di Indonesia. Selain itu, semu tak hanya berupa daging, melainkan dapat dimodifikasi dengan bahan lainnya, seperti jengkol, terong, tahu dan tempe.

Itulah sejarah dari masakan semur di Indonesia. Namun, sesuai judul di atas. Kami hanya akan memberikan salah satu resep semur, yaitu cara memasak semur jengkol khas Betawi asli. Cara membuat semur Betawi tanpa santan sangatlah mudah jika Anda mau mengikuti resep di bawah. Jika Anda ingin membuat masakan semur khas betawi, maka berikut adalah caranya.

Bahan Utama Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Membuat Semur Jengkol Khas Betawi Asli

1. Jengkol sebanyak 500 gram yang sudah dikupas kulitnya
2. Lengkuas sepanjang dua centimeter, kemudian digeprek
3. Daun salam sebanyak empat lembar
4. Daun jeruk nipis sebanyak tujuh lembar
5. Kecap manis secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Penyedap rasa jika suka
8. Air sebanyak satu liter untuk merebus jengkol
Bahan bumbu halus yang perlu dipersiapkan untuk membuat semur jengkol khas Betawi asli:
1. Bawang putih sebanyak delapan siung
2. Kemiri sebanyak tiga butir
3. Bawang putih sebanyak empat siung
4. Cabai rawit merah sebanyak lima buah (jika tidak suka pedas, maka bisa dikurangi)
5. Merica secukupnya
Cara memasak semur jengkol khas Betawi asli, yaitu:
1. Jengkol yang sudah dikupas kulitnya kemudian direbus dalam satu liter air kurang lebih selama dua jam hingga jengkol empuk. Jika air habis, maka tambahkan lagi airnya.
2. Jika sudah empuk, diamkan jengkol hingga dingin kemudian pipihkan.
3. Tuang minyak goreng di atas wajan dan panaskan di atas api berukuran kecil, lalu tumislah bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga beraroma harum.
4. Kemudian masukkan jengkol ke dalam tumisan dan aduk hingga merata serta tambahkan air secukupnya.
5. Tambahkan kecap manis, garam dan penyedap rasa. Cicipi dan jika rasanya kurang bisa ditambahkan lagi bumbunya.
6. Tunggu hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam jengkol.
7. Matikan api dan angkat masakan.
Setelah semur jengkol matang, tata semur jengkol di piring yang agak besar. Sajikan dalam keadaan hangat bersama nasi putih pulen hangat. Dijamin keluarga Anda akan ketagihan menu istimewa yang satu ini. Demikianlah uraian kami mengenai cara memasak semur jengkol khas Betawi asli. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat masakan ini, maka gunakanlah artikel ini sebagai panduan resepnya. Selamat mencoba.
 
Angels Directory.com