Resep dan Cara Memasak Sop Iga Sapi Sederhana Yang Enak

Cara memasak sop iga sapi sederhana yang enak sebenarnya sangatlah mudah. Tetapi, bagi yang belum bisa membuatnya, maka akan terasa ribet dan susah jika tanpa panduan resep untuk mempraktekkannya. Untuk itulah, di dalam artikel ini akan kami lampirkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat masakan sop iga sapi ini beserta cara pengolahannya. Untuk lebih jelasnya, silahkan untuk tetap mengikuti uraian kami ini.
resep membuat sop iga sapi,cara memasak sop buntut,resep sop iga,resep sop iga sapi spesial,cara masak sop iga sapi,cara membuat sop iga sapi yang enak,cara memasak sup iga sapi,
Baca juga: Cara Memasak Soto Daging Yang Lezat Ala Rumahan
Sop iga sapi merupakan hidangan khas asli kuliner Indonesia yang disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sop iga sapi ini mempunyai cita rasa yg segar dann lezat karena menggunakan perpaduan antara iga sapi, sayuran, dann bumbu rempah yg ada di dalam masakan tersebut. Jadi, tak heran banyak orang yng menggemari masakan khas tradisional warisan nenek moyang ini.

Sop iga sapi akan terasa lebih mantap dann nikmat jika dalam pengolahannya, Anda menggunakan bahan-bahan yang memang masih segar. Di samping itu, bahan yg masih segar jika diolah secara langsung, maka kandungan gizi yg ada di dalam masakan tersebut tetap terjaga dan hanya berkurang sedikit. Itulah kehebatan dari bahan masakan yng masih segar. Karena itu, selalu pergunakanlah bahan yg segar untuk membuat masakan.

Langsung saja ke topik pembahasan dann berikut adalah cara memasak sop iga sapi sederhana yang enak. Bahan utama yang perlu disiapkan untuk memasak sop iga sapi sederhana yng enak.

Tahapan Cara Memasak Sop Iga Sapi Sederhana

  • Iga sapi sebanyak 500 gram dann dipotong sesuai selera. Supaya masakan lebih sedap dan kaldunya lebih berasa, maka pergunakanlah iga sapi yang masih segar.
  • Kentang sebanyak 150 gram, kemudian kupas kulitnya dan potong menyerupai dadu.
  • Wortel sebanyak tiga buah, lalu kupas kulitnya dan potong secara melintang.
  • Kembang kol sebanyak 100 gram, kemudian cuci hingga bersih ddan potong dengan ukuran sesuai selera Anda.
  • Daun bawang sebanyak dua batang, bersihkan dan potong menyerong
  • Tomat sebanyak satu buah ukuran besar. Cuci hingga bersih lalu iris sesuai selera Anda
  • Daun seledri.
  • Minyak goreng sebanyak tiga sendok makan untuk menumis bumbu halus.
  • Air bersih untuk merebus iga sapi.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Bawang merah goreng untuk taburan penyajian.

Bahan Bumbu Untuk Cara Memasak Sop Iga Sapi Sederhana Enak
1. Bawang putih sebanyak lima siung, kemudian dihaluskan.
2. Merica butir sebanyak satu setengah sendok teh, lalu dihaluskan.
3. Biji pala sebanyak setengah butir, dan dihaluskan.
4. Kaldu sapi secukupnya (bila suka).
5. Cengkeh kering sebanyak 5 biji.
6. Kapulaga sebanyak dua butir.
7. Kayu manis sepanjang lima centimeter.
resep membuat sop iga sapi,cara memasak sop buntut,resep sop iga,resep sop iga sapi spesial,cara masak sop iga sapi,cara membuat sop iga sapi yang enak,cara memasak sup iga sapi,

 

Proses Cara Memasak Sop Iga Sapi Sederhana Enak

1. Ambil panci dan berilah air bersih secukupnya. Kemudian, masukkan iga sapi yng telah Anda potong tadi ddan rebus hingga matang dan empuk hingga airnya menyusut.
2. Selanjutnya, siapkan wajan ddan beri minyak goreng sebanyak tiga sendok makan. Taruh wajan di atas api kecil ddan jika minyak sudah panas, maka tumislah bumbu halus berbau harum.
3. Setelah tumisan matang, masukkanlah ke dalam panci yng berisi rebusan iga sapi. Lalu, tambahkan air bersih secukupnya supaya kuah sop tidak terlalu sedikit. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur.
4. Kemudian, sop tersebut direbus kembali hingga airnya mendidih dan masukkan kentang, wortel, kembang kol, dan tomat. Tunggu hingga semua bahan matang.
5. Jangan lupa tambahkan garam ddan kaldu sapi instan (opsional). Cicipi dahulu supaya pas di lidah Anda.
6. Matikan kompor dan angkat masakan.
7. Tuang dalam mangkuk saji dan beri taburan bawang merah goreng. Sajikan panas-panas bersama nasi hangat.

Itulah cara memasak sop iga sapi sederhana yang enak secara sederhana. Bagi pemula, walaupun memasak sop iga sapi ini terlihat ribet dan susah, namun kami yakin bila Anda bisa membuatnya jika dengan telaten mengikuti resep yang kami tulis ini. Demikian sedikit uraian mengenai resep sop iga sapi yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Selamat memasak.