Trik Khusus Cara Membuat Agar Agar Buah dan Cendol Yang Sukses

Trik Khusus Cara Membuat Agar Agar Buah dan Cendol - Hajatan memang biasanya identik dengan kerja ekstra, lebih-lebih menyangkut persiapan makanan yang akan dihidangkan. Di daerah perkotaan masalah tersebut bisa saja diatasi dengan memesan makanan catering. Namun, bagaimana jika ternyata tidak ada catering yang cukup mumpuni untuk menjawab ekspektasi Anda? Mau tak mau, Anda harus meluangkan jadwal sendiri untuk menyiapkan aneka sajian dan menu acara hajatan tersebut, termasuk makanan kudapan dan minumannya. Menu yang cukup unik untuk dicoba yaitu agar-agar buah dan es cendol. Apalagi, cara membuat agar agar buah dan cendol tidak terlalu sulit, jadi Anda bisa menyisakan waktu untuk mengerjakan kebutuhan hajatan yang lain.

cara membuat cendol dari tepung hunkwe,cara membuat cendol beras,cara membuat cendol dawet,cara membuat cendol elizabeth,cara membuat cendol kanji,cara membuat cendol sagu,resepi agar agar cendol,
Baca juga: Cara Membuat Agar Agar Busa Untuk Pudding
Sebenarnya selain digunakan sebagai sajian hajatan, agar-agar buah juga bisa lho Anda sajikan sebagai makanan pelengkap istimewa untuk acara-acara keluarga. Agar-agar buah segar nan dingin akan mampu menyejukkan atmosfir di tengah kehangatan acara keluarga. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan resep satu ini sebagai simpanan camilan sehat bagi anak. Dibandingkan membeli agar-agar buah di penjual keliling yang bisa jadi mengandung bahan-bahan kurang sehat, melihat si kecil melahap agar-agar buatan Anda tentu terasa lebih menyenangkan, bukan?

Cendol memiliki tekstur bulat dan kenyal yang cocok menjadi campuran es ataupun bubur. Menu jajanan es dan bubur cendol juga sudah sangat populer dijajakan di mana-mana. Namun jika Anda ingin mendapatkan cendol dengan cita rasa yang lebih terjamin dan kandungan gula yang lebih sehat, tentu solusi terbaik yakni dengan membuat sendiri cendol yang Anda butuhkan. Karena itu, kali ini kami bagikan resep rahasia cara membuat agar agar buah dan cendol spesial yang mudah dibuat.

Resep Agar-Agar Buah Susu

Bahan-bahan:
• 1 bungkus/sachet agar agar putih
• 1000 ml susu putih cair putih
• 3 sendok makan gula pasir
• 3 gelas air matang
• Nata de coco secukupnya
• Buah kaleng sesuai selera
Cara membuat:
1. Masukkan agar-agar, gula pasir, dan 3 gelas air putih. Aduk-aduk sampai rata.
2. Masukkan susu kental manis, aduk kembali sampai tercampur sempurna.
3. Tambahkan pula susu cair sesuai dengan kekentalan yang Anda inginkan.
4. Kemudian rebus bahan agar-agar tadi dalam panci dengan api sedang sampai mendidih. Jangan lupa untuk selalu mengaduk-aduk bahan agar susu sampai pecah apalagi menggumpal. Matikan api saat sudah mendidih.
5. Tunggu selama kira-kira 15 menit sampai adonan setengah dingin, baru kemudian masukkan essen (perasa makanan) dan aduk-aduk hingga rata.
6. Siapkan cetakan pudding dan silahkan tata buah dan nata de coco sesuai selera Anda, baru kemudian Anda bisa memasukkan adonan pudding.
7. Jangan lupa untuk menyisakan sebagian buah dan nata de coco untuk hiasan pudding saat disajikan nanti.
8. Tunggu sampai pudding mengeras dan siap dipotong-potong.

Resep Cendol

Bahan-bahan:
• 150 gram tepung beras
• 70 gram tepung sagu
• 85 ml air daun suji
• 3 sdm air kapur sirih
• 500 ml air bersih
• Air es secukupnya
• Es batu secukupnya
Cara membuat cendol:
1. Siapkan wadah, aduk tepung beras dan tepung sagu dengan setengah bagian air.
2. Selanjutnya rebus air sisanya dengan air kapur sirih, air daun suji, dan garam. Tunggu sampai mendidih dengan diaduk-aduk pelan.
3. Jika sudah mendidih tuangkan adonan tepung dan aduk-aduk kembali sampai mengental. Matikan api.
4. Siapkan ayakan cendol, taruh dengan posisi diatas baskom yang sudah terisi air es. Tuang adonan cendol ke dalam ayakan, tekan-tekan agar adonan lebih mudah jatuh ke dalam baskom yang berisi air es dan cendol terbentuk sempurna.
5. Silahkan ulangi proses pengayakan sampai semua adonan habis tersaring.
Bagaimana, dengan melihat resep di atas bukankah Anda semakin yakin jika cara membuat agar agar buah dan cendol nyatanya memang mudah? Anda juga bisa mencoba resep ini bersama buah hati, untuk memberikan pengalaman memasak padanya. Apalagi tentu saja anak-anak akan menyukai makanan-makanan manis seperti cendol dan pudding buah.