Cara Membuat Bolu Kukus Pandan Empuk

Caramasak.Net - Bolu kukus pandan merupakan jenis kue dengan cita rasa yang tak kalah spesial dengan jenis bolu lainnya. Rasa bolu yang manis berpadu sempurna dengan aroma pandan yang harum. Membuat kue cantik ini terbilang mudah. Pasalnya bahan-bahan yang diperlukan tidak terlalu ribet sehingga siapapun bisa membuatnya. Meskipun di beberapa toko kue sudah tersedia varian bolu satu ini namun anda bisa mencoba menghidangkannya sendiri di rumah dengan resep simpel di bawah ini. Jika anda tidak menemukan daun pandan, essens pandan merupakan alternatif untuk mendapat warna hijau.

Cara Membuat Bolu Kukus Pandan Empuk

Penggunaan essen pandan juga cukup praktis untuk digunakan. Membuat kue bolu kukus pandan ini tidak memerlukan banyak waktu. anda bisa menyajikannya sebagai teman minum teh atau kopi. Selain itu bolu kukus pandan ini juga cocok jika disajikan sebagai kudapan lezat untuk menjamu tamu, acara keluarga, arisan, dan berbagai perayaan lainnya sebagai suguhan. Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencoba resep bolu kukus pandan lembut dan empuk ini, berikut resep selengkapnya.


Resep Bolu Kukus Pandan Empuk
Bahan-bahan :
·      Gula pasir 80 gram
·      Telur ayam 2 butir
·      Tepung terigu protein rendah 80 gram
·      Vanili bubuk ½ sendok teh
·      Susu bubuk 1 sendok makan munjung
·      Santan kental 30 ml
·      Susu kental manis putih 20 ml
·      Pasta pandan ½ sendok teh
·      Minyak goreng 25 ml
·      Margarine 50 gram dilelehkan

Cara Membuat Bolu Kukus Pandan Empuk :
  • Pertama-tama siapkan panci pengukus terlebih dulu kemudian lapisi tutupnya dengan kain bersih. Masukan air ke dalam pengukus secukupnya dan panaskan panci sampai air mendidih.
  • Olesi loyang dengan margarine sampai rata. Anda bisa menggunakan jenis loyang tulba atau segiempat.
  • Kemudian siapkan wadah dan ayak tepung terigu ke dalam wadah tersebut. Campurkan dengan susu dan vanilli bubuk. Aduk hingga merata.
  • Sedangkan di wadah lain, campurkan santan dan susu kental manis. Tambahkan pasta pandan dan aduk semuanya sampai tercampur rata. Sisihkan. Sementara itu campurkan margarine dan minyak goreng di wadah lainnya. sisihkan.
  • Siapkan wadah lainnya dan gunakan untuk mencampur telur dan gula pasir. Kocok sampai mengembang dan benar-benar mengental. Biarkan adonan sampai mengembang berjejak.
  • Masukan campuran tepung terigu secara bertahap sambil adonan terus dikocok sampai merata. Kemudian tambahkan campuran santan, pasta pandan dan susu kental manis. Aduk semua sampai tercampur sempurna.
  • Tuangkan campuran margarin leleh sampai merata. Aduk balik secara perlahan. Namun perlu diingat jangan sampai overmix. Jika adonan sudah tercampur maka berhenti mengaduknya.
  • Tuangkan adonan ke dalam loyang kemudian kukus cake dengan api kecil sampai matang. Kurang lebih memerlukan waktu 20 sampai 25 menit. Tes kematangan dengan tusuk gigi. Jika adonan tidak menempel tandanya sudah matang sempurna.
  • Kue bolu kukus pandan empuk sudah siap disajikan.
Itu dia uraian bahan-bahan dan proses pembuatan kue bolu kukus pandan yang bisa anda coba di rumah. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar