Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah

Caramasak.Net - Kue klepon termasuk salah satu jenis jajanan pasar yang cukup populer. Walaupun sudah banyak variasi rasa dari kue klepon ini, namun klepon pandan isi gula merah tetap banyak peminatnya. Kue klepon pandan isi gula merah memang terdengar klasik. Warna hijau dengan isi gula merah yang lumer membuat kue satu ini bercita rasa legit dan manis yang sempurna. Proses pembuatan kue lezat ini pun cukup mudah. Banyak yang mengira bahwa jenis kue basah ini cepat basi. Hal ini karena ampas kelapanya tidak bisa bertahan lama.

Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah

Untuk mengantisipasinya, kelapa parut dikukus terlebih dulu dengan garam. Hal ini bertujuan agar kue mampu bertahan lebih lama. Proses pembuatan kue klepon gula merah ini tidak memerlukan banyak bahan dan waktu yang lama. Kue dengan bentuk unik ini sangat cocok disuguhkan sebagai teman minum teh, sarapan, hingga suguhan di acara arisan, selamatan, hingga hidangan untuk tamu. Nah, penasaran ingin mencoba membuat kue klepon pandan isi gula merah ini, berikut resep selengkapnya.

Resep Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah
Bahan-bahan :
  • Tepung beras ketan putih 450 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Gula merah sisir halus secukupnya untuk isian
  • Air secukupnya
  • Daun pandan 1 lembar
  • Pasta pandan secukupnya
  • Garam halus ½ sendok teh
  • Kelapa parut untuk taburan secukupnya

Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Jawa :
  1. Pertama-tama campurkan tepung terigu ketan dan tepung beras. Kemudian aduk hingga merata.
  2. Setelah itu, tambahkan pasta pandan ke dalam campuran tepung dan aduk sampai rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit sampai adonan memiliki tekstur yang mudah dibentuk.
  3. Ambil satu sendok makan adonan kemudian bentuk bulat-bulat. Pipihkan adonan dan berikan isian gula merah sisir secukupnya.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat sempurna lagi. lakukan sampai semua adonan habis. Kemudian didihkan air dan gunakan untuk merebus adonan klepon. Jika adonan sudah mengapung berarti tandanya klepon sudah matang. Tiriskan agar airnya tidak mengumpul.
  5. Campurkan kelapa parut dengan garam secukupnya kemudian kukus selama 5 menit. Taruh diatas piring dan gulirkan klepon ke dalam kelapa parut tersebut sampai seluruh permukaannya tertutup sempurna.
  6. Klepon isi gula merah siap dihidangkan.

Nah itu dia cara membuat klepon isi gula merah yang bisa anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil dalam membuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar