Resep Kroket Nasi Keju Sederhana

Bingung bagaimana memanfaatkan nasi putih sisa? Anda bisa mengolahnya menjadi kroket nasi. Biasanya nasi sisa semalam diolah menjadi nasi goreng. Jika anda bosan dengan olahan nasi goreng, menu kroket nasi ini sangat menarik untuk dicoba. Proses pembuatan kroket nasi ini pun cukup sederhana. Adanya tambahan keju membuat olahan kroket semakin spesial. Karena mengandung karbohidrat tentu saja olahan camilan satu ini cukup mengenyangkan. Anda bisa menjadikan menu satu ini sebagai alternatif camilan keluarga.

Resep Kroket Nasi Keju Sederhana

Proses pembuatan kroket nasi pun cukup mudah. Nasi putih dicampur dengan beberapa bahan dan bumbu seperti susu cair, lada, garam, dan mentega. Keju yang digunakan adalah keju parut atau cheddar. Untuk membuat olahan satu ini pun tidak memerlukan banyak waktu. Menghidangkan kroket nasi ini bisa dengan saus sambal. Cita rasanya tak kalah lezat dengan olahan kroket kentang. Nah, berikut ini uraian selengkapnya untuk cara membuat kroket nasi keju sederhana.

Cara Membuat Kroket Nasi Keju Sederhana
Bahan-bahan :
·      Nasi 100 gram
·      Susu cair putih 50 ml
·      Tepung terigu 12 gram
·      Mentega 12 gram
·      Garam secukupnya
·      Lada sesuai selera
·      Keju parut 50 gram
·      Kaldu bubuk secukupnya
·      Tepung parnir secukupnya
·      Minyak goreng secukupnya
·      Putih telur dari 2 butir telur

Cara Membuat Kroket Nasi Keju Sederhana:
  • Pertama-tama lembekan nasi terlebih dulu sehingga teksturnya terasa lebih lembut. Sisihkan.
  • Lelehkan mentega kemudian campurkan dengan tepung terigu. Aduk sampai rata. Tuangi susu cair sedikit demi sedikit dan biarkan campuran tersebut mendidih.
  • Masukan nasi ke dalam campuran susu. Tambahkan garam, lada, penyedap rasa dan keju parut. Aduk hingga rata dan koreksi rasanya sampai terasa pas sesuai selera anda.
  • Bentuk adonan nasi bulat-bulat kemudian balurkan ke dalam putih telur. Gulingkan ke dalam tepung parnir sampai tertutup sempurna. Lakukan sampai adonan habis.
  • Panaskan minyak untuk menggoreng dan goreng kroket sampai matang. Gunakan api sedang agar matang sempurna.
  • Kroket nasi keju siap disajikan.



Nah itu dia cara membuat kroket nasi keju yang bisa anda coba sebagai salah satu menu camilan di rumah. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar