Resep Kue Nastar Selai Nanas

Kue nastar merupakan salah satu kudapan yang banyak disajikan ketika hari raya. Meskipun sudah terlalu mainstream, namun olahan kue dengan isian selai nanas ini sangat lezat dan tetap disukai banyak orang. Proses pembuatan kue nastar selai nanas ini juga tidak terlalu rumit. Yang diperlukan adalah ketelatenan dalam membentuk adonan. Bentuk kue nastar ini umumnya bulat-bulat. Namun anda bisa berkreasi dengan bentuk lainnya. atau bahkan anda bisa menggunakan cetakan khusus kue agar tampilan nastar lebih variatif dan makin menggugah selera.

Resep Kue Nastar Selai Nanas

Walaupun selai nanas bisa anda dapatkan secara instan di toko kue, namun kali ini proses pembuatan nastar beserta dengan selainya. Nanas yang digunakan untuk selai berjenis nanas Palembang. Pasalnya jenis nanas satu ini memiliki rasa manis yang dominan serta airnya yang lebih banyak. Hal ini membuat nanas Palembang cocok dijadikan sebagai bahan isian untuk membuat kue nastar ini. Nah, bagi anda yang penasaran ingin membuat kue nastar selai nanas, berikut resepnya.

Cara Membuat Kue Nastar Selai Nanas
Bahan-bahan :
·      Mentega 150 gram
·      Gula halus 90 gram
·      Margarin 100 gram
·      Kuning telur 3 butir
·      Susu bubuk 50 gram
·      Tepung terigu protein rendah 350 gram
·      Vanili 1 sendok teh

Bahan olesan :
·      Kuning telur 2 butir
·      Madu ½ sendok teh
·      Air 1 sendok teh
·      Minyak goreng 1 sendok teh

Bahan selai :
·      Nanas palembang 1 buah diblender
·      Gula pasir 200 gram
·      Cengkeh 3 butir
·      Kayu manis 2 batang

Cara Membuat Nastar Selai Nanas :
  • Pertama-tama kocok mentega, gula dan vanili hingga tercampur rata. Masukan kuning telur satu per satu kemudian kocok sampai merata sempurna. Matikan mixer.
  • Campurkan tepung, susu sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Istirahatkan adonan selama 1 jam. Gilas adonan dan bagi menjadi beberapa bagian.
  • Untuk membuat selai nanas, anda mesti memasak nanas, kayu manis dan cengkeh sampai airnya menyusut. Kemudian tambahkan gula pasir dan air sampai adonan berbentuk selai.
  • Bentuk selai menjadi bulat-bulat kecil. Masukan ke dalam lemari es.
  • Isi adonan dengan selai nanas. Tata kue diatas loyang yang telah dialasi kertas roti. Beri jarak agar kue tidak berdekatan.
  • Panggang sampai ¾ matang selama 20 menit. Olesi kue dengan bahan pelapis kemudian panggang kembali sampai matang.
  • Kue nastar nanas siap dinikmati.


Nah itu dia cara membuat kue nastar nanas yang bisa anda coba dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar