Resep Sayur Asem Kacang Merah Mantap

Caramasak.Net - Menu sayur asem merupakan salah satu hidangan favorit banyak orang. Umumnya isian untuk menu spesial ini berupa daging sapi dan aneka jenis sayuran. Jika anda ingin mencoba olahan sayur asem dengan cita rasa lebih spesial, menu sayur asem kacang merah cocok untuk dicoba. Memang bahan isian yang paling utama untuk menu satu ini hanya berupa kacang merah saja. Namun demikian cita rasanya tetap tak kalah lezat dengan sayur asem pada umumnya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu satu ini memang cukup sederhana.

Resep Sayur Asem Kacang Merah Mantap

Kacang merah dimasak hingga benar-benar lunak kemudian dicampur dengan aneka jenis bumbu. Rempah-rempah yang digunakan dalam membuat menu satu ini adalah lengkuas, asam jawa, dan daun salam. Bumbu dasarnya adalah bawang merah dan bawang putih. kemudian untuk menambah cita rasa pedasnya, cabai merah besar menjadi bahan yang tidak boleh anda sisihkan. Berikut ini resep selengkapnya untuk membuat sayur asem kacang merah mantap.

Cara Membuat Sayur Asem Kacang Merah
Bahan-bahan :
·      Kacang merah 500 gram
·      Bawang merah 3 buah iris tipis
·      Bawang putih 2 buah iris tipis
·      Tomat ½ buah iris tipis
·      Cabe merah 1 buah
·      Daun bawang 1 batang iris tipis
·      Daun salam 1 lembar
·      Asam jawa 1 sendok teh
·      Gula pasir 2 sendok makan
·      Garam ½ sendok makan
·      Lengkuas 2 cm digeprek

Cara Membuat Sayur Asem Kacang Merah :
  • Pertama-tama rebus terlebih dulu kacang merah dengan air sebanyak ½ panci. Setelah teksturnya sudah lembut, masukan irisan bawang putih, bawang merah, daun salam asam jawa dan lengkuas.
  • Aduk hingga merata. Kemudian tambahkan garam sebanyak ½ sendok makan dan gula sebanyak 1 sendok makan. Koreksi rasanya. Tambahkan garam atau gula kembali jika dirasa kurang pas.
  • Setelah itu tutup panci dan masak kacang sampai benar-benar empuk dan kuah menyusut. Tambahkan air lagi dan tunggu sampai mendidih.
  • Masukan sisa garam dan gula jika masih kurang pas rasanya. Tambahkan pula cabai, potongan daun bawang dan potongan tomat. Aduk sebentar dan matikan api.
  • Sayur asem kacang merah siap disajikan.


Sajikan sayur asem kacang merah ini dengan nasi putih hangat untuk menambah cita rasanya. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar