Cara Membuat Soto Ayam Kuning Lezat

Soto ayam memiliki varian jenis di setiap daerah di Indonesia. Bahkan komposisi dan bumbunya pun memiliki banyak perbedaan. Salah satu jenis soto yang menarik untuk anda coba buat di rumah adalah soto ayam kuning. Dari namanya saja kita sudah bisa menerka bahwa kunyit menjadi salah satu bumbu yang ada di dalamnya. warna kuning pekatnya membuat olahan soto ini menjadi lebih spesial dan menggugah selera. Soto ayam kuning ini memiliki bahan isian yang cukup sederhana. Hanya berupa kubis, bihun dan suwiran ayam saja.

Cara Membuat Soto Ayam Kuning Lezat

Bumbu yang diperlukan pun tidak terlalu rumit sehingga pembuatan soto ayam ini cukup mudah untuk dicoba. Rasa soto ayam kuning semakin khas berkat adanya rempah berupa jintan hitam. Jintan akan membuat cita rasa soto semakin gurih dan terasa hangat ketika di tenggorokan. Anda bisa menghidangkan soto spesial ini beserta kerupuk udang dan perasan air jeruk nipis untuk semakin memperkaya rasa. Berikut ini resep selengkapnya untuk membuat soto ayam kuning lezat.

Resep Soto Ayam Kuning Lezat

Bahan-bahan :
·      Ayam kampung 1 ekor
·      Daun jeruk 3 lembar
·      Daun salam 2 lembar
·      Serai 3 batang
·      Santan kental 1 secukupnya
·      Bawang goreng ½ sendok makan
·      Bawang putih goreng 3 sendok makan
·      Air secukupnya

Bahan isi :
·      Kubis iris tipis sesuai selera
·      Bihun disiram air panas hingga matang sesuai selera
·      Kacang tanah goreng (optional)
·      Tauge kukus sesuai selera (optional)

Bumbu halus :
·      Bawang putih 7 siung
·      Bawang merah 8 siung
·      Ketumbar 2 sendok teh
·      Merica 2 sendok teh
·      Jintan ½ sendok teh
·      Kunyit bakar 1 cm
·      Jahe 2 cm
·      Kemiri 10 buah


Cara Membuat Soto Ayam Kuning Lezat :
  • Pertama-tama ungkep ayam terlebih dulu dengan cara merebusnya hingga daging terasa empuk.
  • Tiriskan ayam dan suwir-suwir dagingnya. Sisihkan. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan mengeluarkan minyak.
  • Masukan bumbu tumis ke dalam air rebusan ayam. Panaskan air rebusan tersebut. Tambahkan garam dan penyedap rasa. Aduk hingga merata. Kemudian masukan santan kental dan terus diaduk agar santan tidak pecah.
  • Imbuhi dengan tomat, bawang merah dan putih goreng. Aduk hingga kuah masak. Koreksi rasa dan tambahkan bumbu lagi jika masih kurang pas.
  • Tata bahan isian secukupnya ke dalam mangkuk saji beserta suwiran ayam. Kemudian siram dengan kuah soto. Soto ayam kuning lezat siap dihidangkan dan tambahkan sambal sesuai selera anda.

Itu dia cara mudah membuat soto ayam kuning lezat yang bisa anda coba di rumah. Mudah bukan membuatnya? Selamat mencoba. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar