27 Januari 2016

Resep Masakan dan Cara Memasak Bunga dan Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Resep Memasak Bunga dan Daun Pepaya Agar Tidak Pahit - Apakah Anda termasuk orang yang suka makan bunga dan daun pepaya? Memang bunga dan daun pepaya mempunyai rasa yang sedikit pahit. Walaupun pahit, justru kaya akan manfaat dan khasiat jika diolah dengan baik sehingga rasa pahit tersebut akan berkurang. Bagaimana cara memasak bunga dan daun pepaya agar tidak pahit? Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali jenis maupun olahan yang dengan bahan utamanya bunga dan daun pepaya. Misalnya ditumis kering atau dioseng dengan menambahkan bumbu rasa pedas, manis, apalagi ditambah dengan potongan cabai yang akan menutup sedikit rasa pahit dari bunga maupun daun pepaya.

cara memasak daun pepaya agar tidak pahit,cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit,cara masak daun pepaya,resep masakan daun pepaya,tumis bunga pepaya agar tidak pahit,

Baca juga: Memasak Cumi Asin Kering

Pepaya atau mempunyai nama carica papaya L merupakan tanaman yang asalnya dari negara Meksiko dibagian selatan dan utara dari Amerika Selatan. Saat ini, tanaman ini sudah banyak sekali ditemukan di negara-negara yg mempunyai iklim tropis, seperti negara di bagian Asia termasuk Indonesia. Pepaya sendiri adalah satu-satunya jenis tanaman dalam genus carica. Sedangkan nama pepaya di Indonesia diambil dari sebuah bahasa Belanda yakni “papaja” yang juga mengambil dari nama bahasa Arawak yakni “papaya”. Selain itu, dalam bahasa Jawa pepaya sendiri disebut dengan kates dan di dalam bahasa Sunda disebut dengan gedang.

cara memasak daun pepaya agar tidak pahit,cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit,cara masak daun pepaya,resep masakan daun pepaya,tumis bunga pepaya agar tidak pahit,

A. Resep Olahan Cara Memasak Bunga dan Daun Pepaya

Masakan dari olahan bunga dan daun pepaya memang tidak disukai oleh kebanyakan orang termasuk anak-anak. Namun, dengan resep di bawah ini, banyak orang akan menyukai masakan bung dan daun pepaya. Berikut cara memasak bunga dan daun pepaya agar tidak pahit.

Bahan utama tumis bunga dan daun pepaya:

1. 150 gram bunga pepaya
2. 150 gram ikan cakalang asap
3. 50 gram daun pepaya sudah diiris
4. 1 bungkus saos tiram
5. 2 buah cabai hijau
6. 3 siung bawang merah
7. 3 siung bawang putih
8. 3 buah cabai
9. 3 sendok makan minyak goreng
10. 6 lembar daun biji
11. Air secukupnya

Cara memasak bunga dan daun pepaya agar tidak pahit dengan ditumis:

1. Pertama-tama iris lembut bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai hijau.
2. Kemudian rebus ditempat berbeda bunga pepaya dan daun pepaya, dan masukkan daun jambu hingga matang. Buang daun jambu lalu tiriskan daun dan bunga pepaya.
3. Selanjutnya, tumis bawang merah, cabai merah, cabai hijau, bawang putih dan cakalang sampai harum.
4. Masukkan bunga pepaya, daun pepaya, saus tiram, air secukupnya dan masak sampai matang.

cara memasak daun pepaya agar tidak pahit,cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit,cara masak daun pepaya,resep masakan daun pepaya,tumis bunga pepaya agar tidak pahit,

B. Tips Memasak Bunga dan Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Sebenarnya, rasa pahit daun pepaya disebabkan karena kandungan Alkaloid Capein atau disebut dengan C14H25No2. Berdasarkan beberapa penelitian, bahwa zat tersebut dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Adapun mengenai cara menghilangkan pahit pada daun maupun bunga pepaya antara lain.

1. Menggunakan daun jambu air

Sebelum diolah menjadi tumisan dan masakan lainnya, sebaiknya daun pepaya dan bunga pepaya diurapi dengan garam, hal ini bertujuan agar getahnya hilang. Selain itu, merebus daun dan bunga pepaya menggunakan daun jambu selama beberapa menit juga bisa menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dan bunga pepaya.

2. Menggunakan tanah liat

Cara memasak bunga dan daun pepaya agar tidak pahit menggunakan tanah liat. Tanah liat yang digunakan ini, biasanya dijual di pasar yang bentuknya di kepal-kepal dan harganya pun sangat murah. Cara penggunaannya cukup dengan merebus daun dan bunga pepaya yang akan di sayur dengan menggunakan air yg dicampur tanah liat. Selanjutnya dibilas kembali dengan menggunakan air bersih.

Terkadang ketika memasak daun pepaya, warna daunnya menjadi pudar dan seperti tidak segar. Hal itu disebabkan karena ketika merebusnya menggunakan waktu yang lama. Padahal jika daun pepaya warnanya sudah pudar, menandakan bahwa zat gizinya banyak yang terbuang. Oleh sebab itu, agar tidak pudar, Anda harus memisahkan daun pepaya muda dengan daun pepaya yang tua. Masukkanlah daun pepaya agak tua terlebih dahulu dan beberapa saat baru masukkanlah daun pepaya muda dan jangan terlalu lama merebusnya. Nah demikian penjelasan mengenai cara memasak bunga dan daun pepaya agar tidak pahit yang mudah. Selamat mencoba.
 
Angels Directory.com