Cara Memasak Ikan Nila Goreng Sambal Ijo Enak Bergizi

Cara Memasak Ikan Nila Goreng Sambal Ijo - Cara memasak ikan nila goreng sambal ijo sangat sederhana. Ikan nila adalah jenis ikan yang paling populer untuk dijadikan bahan masakan. Ikan yang memiliki nama latin Oreochromis niloticus ini memiliki tekstur daging yang empuk dan lezat sehingga bayak yaang terpikat dengan rasanya. Selain rasanya yang enak, harganya juga relatif lebih murah bila dibandingkan dengan ikan gurame atau ikan bawal membuat ikan ini semakin menjadi primadona bagi pecinta kuliner. Ikan nila memiliki bentuk badan yang pipih berdaging, namun jika Anda memakan ikan ini harus hati-hati karena ada duri di dalamnya yang bisa melukai tenggorokan Anda jika sampai tertelan.

cara memasak ikan nila goreng tepung,ikan nila goreng bumbu kuning,ikan nila goreng saus asam manis,ikan nila goreng krispi,ikan nila goreng lengkuas,ikan nila goreng kecap,
Baca juga : Resep Ikan Pari Asam Pedas Enak Bergizi
Ikan nila selain rasanya yg menggoyang lidah, gizinya pun juga sangat melimpah. Ada protein yan sangat banyak, berbagai macam mineral, dan juga lemak. Dengan adanya berbagai kandungan tersebut, maka ikaan nila sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat ikan nila dapat mencerdaskan otak sebab memiliki omega 3, dapat menjaga kesehatan tulang sebab memiliki fosfor, dapat berfungsi untuk mencegah penuaan dini sebab memiliki kandungan selenium, dapat menjaga menurunkan potensi risiko serangan jantung karena ada kandungan kalium, dan dapat pula untuk menekan munculnya kanker prostat karena kandungan selenium dapat pula berfungsi sebagai antioksidan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka manfaat yan diperoleh jika seseorang mengkonsumsi ikaan nila sangat banyak selain mengenyangkan perut juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tetapi makan ikaan nila akan terasa membosankan jika hanya dimasak dengan menu yan sama setiap harinya, oleh karena itu tidak ada salahnya Anda mencoba membuat ikaan nila goreng sambal ijo. Cara memasak ikan nila goreng sambal ijo sangat sederhana, sehingga Anda pasti bisa membuatnya sendiri asalkan mengikuti resepnya. Menu ikaan nila goreng sambal ijo sangat cocok bagi Anda yan suka dengan masakan pedas.

cara memasak ikan nila goreng tepung, ikan nila goreng bumbu kuning, ikan nila goreng kecap, ikan nila goreng krispi, ikan nila goreng lengkuas, ikan nila goreng saus asam manis,

Resep Ikan Nila Goreng Sambal Ijo

Ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum mulai memasak ikan nila goreng sambal ijo, bahan tersebut antara lain:

1. Bahan Pokok:

- 1 Kg ikaan nila segar (pilih yang isi 4) kemudian hilangkan sisik dan kotorannya lalu cuci bersih

2. Bahan Bumbu yang dihaluskan:

- Cabai hijau besar 1/4 kg
- Cabai hijau rawit 1 ons
- Cabai merah rawit 5 buah
- bawang putih 5 siung
- bawang merah 4 butir
- tomat merah 1 butir

3. Bahan Bumbu Tambahan:

- Sere 1 batang, potong 4 cm dari bagian pangkalnya yan berwarna putih lalu memarkan
- Daun salam 2 lembar
- Buah kecombrang 4 buah, lalu memarkan
- Bunga kecombrang 1/2 biji, lalu iris
- Lengkuas 1 ruas, lalu memarkan

4. Bahan Pelengkap

- Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng ikan
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- Jeruk nipis

Adapun cara memasak ikan nila goreng sambal ijo sebagai berikut:

1. Ambil ikaan nila yan sudah dibersihkan, lalu lumuri dengan jeruk nipis dan garam dan diamkan sekitar 20 menit agar rasa asinnya meresap dan tidak ada bau amis. Setelah itu goreng ikan dengan minyak yang banyak agar ikannya tenggelam, goreng sampai warnanya keemasan.
2. Ulek kasar semua jenis cabe, bawang merah dan bawang putih, serta tomat. Tumis bumbu yan sudah dihaluskan dengan sedikit minyak.
3. Tambahkan sere, buah kecombrang, lengkuas yang sudah dimemarkan serta irisan bunga kecombrang sampai tercium bau wangi dari bumbu yang ditumis.
4. Kecilkan api, lalu masukkan ikaan nila yng sudah digoreng tadi ke dalam wajan yng berisi tumisan bumbu, aduk rata bumbu dengan ikan hingga semua bagian ikaan nila terolesi dengan bumbu sambal ijo. Aduk sebentar agar bumbu meresap, jangan terlalu lama karena ikan sebenarnya sudah matang dan jika kelamaan akan gosong.
5. Setelah matang, tiriskan ikan dan sajikan ikan nila goreng sambal ijo saat masih hangat. Akan lebih sempurna jika ditambah dengan kerupuk saat penyajiannya.

cara memasak ikan nila goreng tepung, ikan nila goreng bumbu kuning, ikan nila goreng kecap, ikan nila goreng krispi, ikan nila goreng lengkuas, ikan nila goreng saus asam manis,

Demikianlah cara memasak ikan nila goreng sambal ijo pedas membara yang akan menggugah selera makan Anda. Semoga resep ini bisa membantu Anda menemukan inspirasi untuk mengolah ikan nila.