Resep Rahasia Cara Memasak Bubur Mutiara Yang Enak

Resep Rahasia Memasak Bubur Mutiara - Bubur mutiara merupakan salah satu makanan tradisional legenda dari nenek moyang Indonesia. Bubur mutiara mempunyai rasa gurih dan enak dan sampai sekarang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan nenek moyang telah meninggalkan resep rahasia dan cara memasak bubur mutiara yang enak. Akan tetapi, seiring bermunculan makanan yg modern, bubur sagu hampir saja terlupakan oleh masyarakat luas. Padahal jika dilestarikan dan dijaga, bubur sagu bisa menjadi makanan yang mendunia, karena memang rasanya kuat dan tidak sembarang orang bisa membuat. Bubur sagu juga bisa dinikmati oleh semua kalangan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.

cara membuat bubur mutiara yang enak,bubur mutiara diah didi,bubur mutiara sagu,bubur mutiara ncc,bubur mutiara gula merah,cara membuat bubur mutiara agar tidak hancur,

Baca juga: Bubur Sumsum Yang Nikmat

Sagu merupakan salah satu tanaman yang berasal dari daerah Papua, namun saat ini sudah ada dipasaran Indonesia. Mutiara saagu mempunyai berbagai macam warna yng berbeda-beda yakni hijau, putih daan merah. Karena warnanya yng beragam, saat diolah akan membuat tampilannya menjadi menarik sehingga perhatian anak pun dapat tertuju kepada makanan ini. Apalagi rasanya yng manis membuat anak-anak semakin ketagihan untuk menikmatinya.

Memang bubur saagu dapat dijadikan sebagai salah satu sajian dessert yng sederhana, sebab rasanya yng manis dan siraman santan membuat rasanya semakin gurih. Bubur sagu pun bisa dinikmati selagi masih hangat ataupun masih dingin. Akan tetapi rasanya akan terasa nikmat bilamana disajikan dalam keadaan hangat, terlebih seperti pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Memang bubur saagu mempunyai rasa yng enak, disamping itu cara membuatnya terbilang mudah hanya membutuhkan kesabaran dan bahan yng digunakan pun relatif mudah ditemukan serta terjangkau harganya.


cara membuat bubur mutiara yang enak,bubur mutiara diah didi,bubur mutiara sagu,bubur mutiara ncc,bubur mutiara gula merah,cara membuat bubur mutiara agar tidak hancur,

A. Apa Saja Bahan dan Cara Membuat Bubur Sagu Mutiara?

Berikut ini bahan daan cara memasak bubur mutiara yng enak asli nenek moyang yng bisa Anda lakukan sendiri di rumah ketika hari libur untuk keluarga.

Bahan Cara Memasak Bubur Mutiara Enak

1. 50 gram tepung kanji
2. 150 gram gula pasir
3. 100 gram sagu mutiara merah yg sudah direbus
4. ¼ sendok teh garam
5. 2 lembar daun pandan
6. 650 ml air

Bahan Cara Memasak Saus Santan Bubur Mutiara

1. ½ sendok teh garam
2. 500 ml santan kental
3. 2 lembar daun pandan

Cara Memasak Bubur Mutiara

1. Pertama-tama, rendam tepung kanji dengan air sampai lunak dengan meremas-remas pelan.
2. Setelah itu, rebus air, garam, gula pasir dann daun pandan sampai larut.
3. Kemudian masukkan tepung kanji/ mutiaara sambil diaduk-aduk sampai matang daan adonan mengental.
4. Setelah itu, memasak saus santa dengan merebus santan, gula merah, daun panda daan garam sambil diaduk perlahan sampai santan mendidih.
5. Cara penyajiannya sajikan bubur mutiara dengan disiram saus santan.

Bubur ini akan semakin nikmat jika, setelah matang langsung dinikmati. Aroma, tekstur daan kehangatan dari bubur mutiara menambah kumpul bersama keluarga semakin harmonis dan hangat. Cocok dinikmati ketika bulan Ramadhan atau cuaca dingin.

cara membuat bubur mutiara yang enak,bubur mutiara diah didi,bubur mutiara sagu,bubur mutiara ncc,bubur mutiara gula merah,cara membuat bubur mutiara agar tidak hancur,

B. Manfaat Sagu Mutiara

Tepung kanji selain bisa diolah menjadi bubur, jenang dan lainnya, bubur ini juga memiliki manfaat bagi tubuh, khususnya untuk anak-anak sedang dalam proses pertumbuhan. Manfaat sagu mutiara antara lain:

1. Sumber makanan sehat

Mengkonsumsi saguu mutiara lebih sehat daripada mengkonsumsi beras, sebab saagu mutiara mempunyai karbohidrat yng menyehatkan dari pada beras. Karena mempunyai kandungan karbohidrat itulah, saguu menjadi sumber makanan yng sehat.

2. Mencegah obesitas

Sagu mutiara tergolong bahan pangan dengan jumlah glikemik rendah, sehingga sangat aman apabila dikonsumsi oleh orang yng sakit diabetes melitus. Karena jumlah glikemiknya rendah, saguu cepat mengenyangkan dan tidak akan menyebabkan kegemukan.

3. Mencegah penyakit kanker usus

Perlu Anda tahu, mengkonsumsi ragu dengan rutin bisa mencegah timbulnya penyakit kanker usus. Hal ini berkaitan dengan sifat resistensi sagu terhadap mikrobia dan enzim. 

Hampir sama dengan memilih kacang ijo yng berkualitas baik, sagu mutiara yang baik yaitu sagu yang ketika direndam di dalam air, sagu tidak akan mengambang. Memasak sagu mutiara dapat ditambahkan menu varian lainnya seperti nangka, durian dan lainnya sesuai selera. Itulah cara memasak bubur mutiara yng enak enak asli nenek moyang Indonesia. Selamat mencoba.