Resep Cara Memasak Cumi Basah Saus Tiram

Cara Memasak Cumi Basah Saus Tiram Yang Sedap - Cara memasak cumi basah saus tiram ini mungkin untuk para penikmat kuliner berbahan dasar hidangan laut tentunya bukan salah satu menu makanan yang asing. Menu masakan yang satu ini sudah sangat lazim ditemui ketika Anda berada di sebuah tempat makan yang memang khusus menyediakan hidangan laut. Rasanya tidak lengkap jika menyukai hidangan laut tetapi tidak mencoba menu cumi basah saus tiram. Apabila Anda menyukai cumi goreng tepung dengan bumbu saus tiram, mungkin Anda perlu mencoba menu cumi basah saus tiram.

cara membuat cumi saus tiram sederhana,resep cumi asam manis pedas,resep cumi saus mentega,cara masak cumi goreng tepung,cara masak cumi basah,

Baca juga: Daging Sapi Kecap Lada Hitam Agar Empuk

Karena biasanya ketika memasak cumi goreng tepung, penggunaan sausnya hanya langsung disiramkan pada cumi goreng tepung. Berbeda dengan cumi basah tanpa tepung yang membuat cita rasa cumi sendiri menjadi lebih kuat. Cumii memang dapat dimasak dengan berbagai jenis masakan mulai dari saus tiram yang sangat familiar di lidah orang Indonesia hingga menggunakan saus asam manis. Cara memasak cumi basah saus tiram yang sudah familiar untuk orang Indonesia sebenarnya sangat mudah dilakukan. Proses memasaknya yang terbilang cukup mudah ini memang membuat banyak orang memilih memasak menu ini daripada menu lainnya yang terkadang sedikit rumit.

Cara memasak cumi basah saus tiram memang sebaiknya perlu dilakukan beberapa uji untuk menentukan cumii yng tepat untuk dimasak. Apabila Anda sedang berbelanja untuk bahan memasak menu ini memang sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas terlebih dahulu tentang seluk beluk cumi-cumi. Jangan sampai Anda menggunakan cumii-cumii yang sebenarnya tidak layak konsumsi. Memilih cumi-cumi yang baik tentu saja menjadi syarat utama sebelum mengolah cumii. Anda dapat pastikan cumii memiliki mata yang masih bersih, tidak berbau busuk, dagingnya berwarna pucat serta kulit ari tidak rusak dan yng terpenting daging masih padat dan kenyal.

cara membuat cumi saus tiram sederhana,resep cumi asam manis pedas,resep cumi saus mentega,cara masak cumi goreng tepung,cara masak cumi basah,

Cara memasak cumi basah saus tiram sebelum dimasak tentunya juga harus melewati tahap pembersihan dengan benar. Pastikan menggunakan air mengalir ketika membersihkan cumii ini. Bersihkan tintanya, cabut tulang rawan cumi baru selanjutnya dicuci hingga bersih. Selanjutnya Anda dapat menggunakan asam jawa, parutan jahe atau juga perasan jeruk nipis yng akan membuat aroma amis pada cumi akan menghilang. Proses pengolahan cumi juga sebaiknya dilakukan tidak terlalu lama ketika dimasak. Apabila Anda memasak cumii ini terlalu lama maka akan membuat daging cumi menjadi alot dan kenyal.

cara membuat cumi saus tiram sederhana,resep cumi asam manis pedas,resep cumi saus mentega,cara masak cumi goreng tepung,cara masak cumi basah,

Resep Membuat Cumi Basah Saus Tiram

Cara memasak cumi basah saus tiram yng enak tentu saja sangat mudah dilakukan. Terlebih lagi menggunakan menu ini sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama karena tidak menggunakan tepung untuk memasaknya. Sehingga karakteristik dari cumi sendiri nantinya akan membuat cita rasa dari saus tiram ini akan semakin kuat dan terasa. Berikut ini cara memasak cumi basah saus tiram yang sedap dengan sederhana dan mudah dipraktekkan:
1. Pastikan Anda menggunakan cumi yng sudah dibersihkan. Apabila memang berminat untuk menghilangkan aroma amis dari cumi juga dapat dilakukan cara untuk menghilangkan aroma amis dengan cara yng sudah disebutkan sebelumnya.
2. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan penggorengan dengan menggunakan mentega. Panaskan dengan api sedang.
3. Apabila mentega ini sudah mencair maka Anda dapat memasukkan bawang putih, jahe serta bawang bombay yng sudah diiris kecil. Campurkan bahan-bahan tersebut sambil sesekali diaduk hingga tercium aroma wangi. Anda dapat menambahkan cabai bila ingin menggunakannya. Aduk-aduk sebentar.
4. Masukkan saus tomat, saus sambal serta saus tiram dan kembali diaduk sebentar agar semua saus ini merata tercampurnya. Apabila sudah tercampur maka Anda dapat menambahkan sedikit air.
5. Masukkan cumi yng sudah dipotong dan dibersihkan. Aduk hingga air sedikit berkurang dan bumbu sudah meresap ke cumii.
6. Tambahkan garam, merica serta daun bawang sambil sesekali di aduk.
7. Langkah terakhir adalah memasukkan larutan maizena yang sudah dicampur dengan menggunakan air. Selanjutnya Anda dapat mengaduk lagi hingga kuahnya mengental serta daging cuminya matang.

Cara memasak cumi basah saus tiram memang sangat mudah dilakukan. Terlebih lagi menggunakan saus tiram yang tentunya sudah sangat familiar dengan lidah orang Indonesia. Dengan perpaduan rasa gurih dari saus tiram dan daging cumi yang kenyal ini memang membuat menu cumi basah saus tiram ini sangat populer. Dengan kepopuleran menu ini tentu membuat berkembangnya menu ini mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran terkenal.