17 Februari 2016

Tips Cara Memasak Dengan Panci Presto

Tips Memasak Dengan Panci Presto - Tips cara memasak dengan panci presto. Panci presto merupakan salah satu alat masak yang tentunya familiar di telinga kita. Bahkan penggunaan dari panci presto ini telah meluas tak hanya di kalangan para pengusaha saja melainkan juga merambah ke kalangan masyarakat biasa bagi yang menginginkan proses memasak yang praktis, cepat da mudah dengan begitu menjadikan proses memasak pun lebih efisien. Hal ini dikarenakan dengan memanfaatkan panci presto tentunya membuat bahan makanan lebih empuk. Selain itu, menjadikan ikan dan daging lebih lunak hingga ke tulang maupun durinya.

cara memasak dengan panci presto maxim,cara menggunakan panci presto,cara memasak dengan panci presto oxone,cara memasak nasi dengan panci presto maxim,cara menggunakan panci presto maxim 4 liter,

Baca juga: Fuyunghai Telur Spesial Rumahan

Akan tetapi, bagi Anda yang belum pernah mencoba alat memasak yang satu ini tentunya penasaran bagaimana cara memasak dengan panci presto dan menggunakan panci presto ini. Panci presto atau pressin cooker dapat digunakan untuk proses memasak aneka macam hidangan, dan bukan hanya untuk presto saja. Alat panci ini didesain dengan menggunakan uap yang bertekanan tinggi, dan banyak sekali manfaatnya. Adapun manfaatnya antara lain, menjadikan makanan semakin bergizi dan lebih lezat sebab rasa dan kandungannya tetap terjaga, selain itu penggunaannya pun lebih hemat energi dan efisien.

Tak sedikit ibu-ibu cenderung takut memakai panci presto ini sebab bentuknya tak biasa, di samping itu dikarenakan tekanan uap yg begitu tinggi pada panci yang dipakai. Padahal sebenarnya, memakai panci presto ini begitu aman digunakan. Nah, untuk Anda yg bingung bagaimana cara memasak dengan panci presto, akan kami sajikan ulasannya!

cara memasak dengan panci presto maxim,cara menggunakan panci presto,cara memasak dengan panci presto oxone,cara memasak nasi dengan panci presto maxim,cara menggunakan panci presto maxim 4 liter,

A. Cara Kerja Alat Panci Presto

Panci Presto merupakan sebuah panci yang bisa digunakan memasak supaya proses memasak pun matang lebih cepat memakai air yang telah dididihkan bersama bahan makanan. Pada prinsipnya, media air yang telah dipanaskan mendidih pada suhu 100oC dengan tekanan 1 ATM. Nah kita ketahui di mana panci Presto ini terbuat dari material stainless steel tebal dan mempunyai tutup dengan lapisan seal kedap begitu rapat, dengan begitu saat air mendidih uap air pun tak akan keluar. Akhirnya berkumpul pada panci, jadi dengan bertambahnya variabel tekanan pada panci ini menjadikan suhu air naik hingga melebihi suhu 100oC saat mendidih. Hal inilah yg membuat proses memasak menjadi lebih singkat, yakni sekitar 1/3 waktu dibandingkan cara memasak memakai panci biasa.

Di samping itu, kandungan nutrisi, vitamin dan gizi pada masakan pun tetap terjaga kualitasnya. Memakai panci yang bertekanan, membuat aroma dan warna makanan pun tak akan berubah. Hal ini sebagai pengaman, dengan begitu bagian tutup yang dipasang katup berfungsi untuk membuang tekanan melebihi batas yang telah ditentukan. Adapun hal tersebut demi menjaga supaya tekanan yang terdapat pada panci tak menimbulkan ledakan.

cara memasak dengan panci presto maxim,cara menggunakan panci presto,cara memasak dengan panci presto oxone,cara memasak nasi dengan panci presto maxim,cara menggunakan panci presto maxim 4 liter,

Ada beberapa kelebihan jika kita memasak memakai panci presto, di antaranya waktu memasak menjadi lebih cepat, dan lebih praktis dalam hal penggunaannya. Disebabkan proses memasak menjadi lebih cepat, sehingga bahan bakar pun menjadi lebih hemat. Selain itu, masakan lebih sehat sebab kualitas gizinya terjaga pada masakan.

B. Cara Memakai Panci Presto Mudah

Adapun cara memasak dengan panci presto ini adalah sebagai berikut:
1. Pertama-tama siapkan terlebih dulu panci presto kemudian buka bagian tutupnya, geser bagian pegangan dalam tutup menuju arah berlawanan jarum jam kemudian angkat. Setelah itu, isi memakai bahan masakan kemudian masukkan air.
2. Sesudah air dan bahan makanan dimasukkan pada panci, sesudah itu Anda bisa menutup kembali dengan cara memutar bagian pegangan tutup panci yang searah jarum jam. Dengan begitu letak pada pegangan tutup menjadi sejajar dengan bagian pegangan badan panci. Wajib diperhatikan, di mana gambar segitiga pada tutup panci mesti sama seperti gambar segitiga di gagang panci presto itu sendiri.
3. Kemudian tunggu hingga beberapa saat hingga air pada panci mendidih dengan tanda keluarnya suara yang mendesis panjang pada katup yang terletak di bagian atas tutup, lalu kecilkan api supaya masakan bisa matang secara merata lalu melunak. Pada saat tersebutlah, waktu memasak pun mulai dapat dihitung, umumnya untuk memasak daging ayam membutuhkan waktu 10-15 menit, memasak daging kerbau, sapi atau bebek selama 15-20 menit. Sementara ikan bandeng kira-kira 45 menit kurang. Akan tetapi, terkadang tiap panci presto sendiri memerlukan proses memasak dengan waktu yang bervariasi hal ini tergantung pada kualitas dari presto tersebut.
4. Anda harus mengikuti setiap petunjuk untuk cara memasak dengan panci presto dari resep atau koki agar bisa menentukan lamanya waktu memasak. Wajib diperhatikan juga di mana air pada panci tidak sampai habis sebab tak hanya menjadikan masakan cepat gosong melainkan juga bisa merusak panci tersebut.
5. Jika masakan telah dirasa sudah cukup matang, matikanlah api kemudian diamkan sampai 5 menit. Lalu miringkan bagian kutub besar yang terletak di bagian tengah panci dengan begitu bandul kecil pun turun menuju posisi semula. Jika Anda merasa yakin tak terdapat uap keluar dengan suara desain pun menghilang, sehingga bagian tutup pada panci presto bisa dibuka lalu dikeluarkan bagian isinya.
6. Hindari membuka bagian tutup panci jika belum mengeluarkan uap sisa yang terdapat pada panci, sebab uap bertekanan yang begitu panas bisa menyembur keluar sehingga bisa berbahaya. DI samping itu, menjadikan masakan pun lebih mudah hancur sebab tekanan pada uap yang telah keluar. Jika masakan tak matang sempurna, dengan begitu proses memasak pun bisa diulang dengan cara menutup bagian panci lalu menempatkannya di atas api yang menyala dan memulai lagi semuanya di awal.
Nah, itulah beberapa ulasan mengenai tips cara memasak dengan panci presto dengan benar dan tepat. Bagi Anda yang baru saja memakai panci presto, bisa mencoba cara-cara di atas sebagai panduan memasak Anda memakai panci presto. Pastikan Anda memilih panci presto dari material stainless steel yang berkualitas tinggi!
 
Angels Directory.com