18 Februari 2016

Tips Cara Memasak Garang Asem Khas Solo Yang Enak dan Praktis

Tips Cara Memasak Garang Asem Khas Solo - Cara memasak garang asem khas solo yang enak dan praktis. Untuk Anda masyarakat di pulau Jawa, tentu sangat familiar dengan yang namanya garang asem. Banyak masyarakat di pulau Jawa khususnya di Jawa Tengah begitu menyukai masakan yang satu ini. Sebab terdiri dari perpaduan rasa yang gurih karena santan, cabai hijau yng pedas serta asam dari buah belimbing yng begitu menggugah selera. Tentunya menjadi ciri khas tersendiri bagi makanan ini.

cara memasak garang asem tanpa santan,cara memasak garang asem daging,cara memasak garang asem yang enak,cara memasak garang asem ikan,cara memasak garang asem ati ampela,

Baca juga: Resep Memasak Genjer Tumis Agar Tidak Pahit


Sebenarnya ada banyak sekali tempat makan atau restoran yng menawarkan dan menyediakan garang asem ayam untuk disantap. Namun hampir para penjual makanan tadi tak menyediakan pilihan, di mana tak terlalu pedas untuk penderita maag maupun super pedas untuk penikmat makanan pedas. Belum lagi jika sulit menemukan penjual yng menjual garang asem. Tentunya daripada repot-repot, kita lebih baik mencoba cara memasak garang asem khas solo yang enak dan lezat untuk dapat disajikan.

Kami akan menyajikan beberapa tips dan cara memasak garang asem khas solo yang enak dan lezat untuk sajian keluarga tercinta. Jika Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, tentu kita bisa sesuka hati berkreasi dengan masakan ini. Anda dapat mengganti bahan untuk potongan ayam dengan bahan ayam kampung. Bisa juga mencoba dengan membuat makanan garang asem tanpa santan. Membuat garang asem khas Solo ini tak hanya mudah tetapi juga bahan-bahannya sangat mudah untuk didapatkan.

cara memasak garang asem tanpa santan,cara memasak garang asem daging,cara memasak garang asem yang enak,cara memasak garang asem ikan,cara memasak garang asem ati ampela,

Resep Garang Asem Khas Solo Enak

Sebelum kita membahas bagaimana resep dari garang asem khas Solo ini, terlebih dulu kita bahas makanan yang satu ini. Garang Asem adalah makanan tradisional dari Jawa Tengah. Makanan yng satu ini termasuk olahan makanan dari ayam yang berkuah santan di masak memakai daun pisang lalu didominasi rasa asam juga pedas. Di provinsi Jawa Tengah sendiri, terdapat beberapa kota yang mempunyai makanan khas tradisional yang satu ini, di antaranya Demak, Pati, Semarang, Kudus, Pekalongan dan Solo.

cara memasak garang asem tanpa santan,cara memasak garang asem daging,cara memasak garang asem yang enak,cara memasak garang asem ikan,cara memasak garang asem ati ampela,

Adapun Cara Memasak Garang Asem khas solo yang enak, bisa Anda coba di bawah ini:

Bahan-bahan yang diperlukan:

• 1 ekor daging dari ayam kampung, cuci sampai bersih dan potong-potong
• 50 buah cabai rawit, atau sesuai selera
• 10 buah belimbing wuluh, kemudian potong hingga beberapa bagian
• 6 lembar daun salam, lalu iris kasar
• Daun pisang secukupnya
• Lidi secukupnya
• 2 cm laos, lalu iris
• Garam secukupnya
• Gula secukupnya
• 1 buah kelapa, ambil bagian santannya
• Penyedap rasa secukupnya
• 10 siung bawang merah
• 2 buah jeruk nipis, ambil air perasannya
• 5 siung bawang putih
• 1 sdt merica bubuk
• 5 butir kemiri, lalu sangrai
• 2 cm jahe
• 3 buah tomat, lalu iris kecil

Cara memasak garang asem khas solo yang enak dan lezat:

1. Pertama-tama ambil bagian daging ayam potong tadi, pisahkan bagian jeroannya lalu rendam bersama air perasan jeruk nipis sekitar 15 menit.
2. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri dan cabai lalu tumbuk dan tambahkan gula, penyedap rasa dan garam.
3. Lalu ambil daun pisang untuk bungkusan, siapkan lidi dan bungkus ayam potong dengan bumbu yg sudah dihaluskan. Kemudian masukkan irisan dari daun salam, belimbing wuluh, irisan lengkuas, tomat dan tuangkan santan untuk dijadikan kuahnya.
4. Jika sudah Anda bungkus semuanya, langkah berikutnya kukus sekitar 1 jam dan pastikan daging ayam di dalamnya telah empuk dengan aroma asamnya yg sudah mulai tercium. Kemudian ambil sebanyak 1 bungkus saja lalu cicipi, jika belum terasa empuk berarti dagingnya masih belum matang.

Cara memasak garang asem khas solo yang enak tentunya sangat mudah sekali untuk Anda coba sendiri di rumah. Makanan garang asem ayam ini umumnya disajikan untuk dijadikan lauk pelengkap nasi, yang ditambah dengan tempe goreng, perkedel dan tusukan ayam bumbu asam manis yang begitu lezat. Penggunaan ayam kampung pada makanan ini dikarenakan tekstur dari daging ayam kampung lebih empuk dan lembut daripada ayam lainnya. Supaya garang asem tak bocor, umumnya daun pisang tersebut dilapisi lagi dengan plastik yang tahan panas di bagian dalamnya.
 
Angels Directory.com