Ini Dia Cara Memasak Hati Sapi Sambal Goreng Yang Enak, Sudah Tahu?

Cara Memasak Hati Sapi Sambal Goreng - Membayangkan lezat rasa sambel goreng hati sapi, mau tidak mau pasti akan menyangkut ingatkan kembali akan sedapnya aneka macam menu hajatan. Ya, menu sambal goreng hati sapi seolah sudah i8dentik menjadi sajian nan eksklusif, dan hanya bisa dicicipi saat kita tengah menghadiri sebuah acara hajatan, semacam khitanan atau pernikahan. Namun masalahnya, bagaimana jika Anda sendiri atau salah satu dri keluarga yang Anda kasihi begitu menggemari menu sambal goreng hati sapi? Apakah Anda akan memintanya menunggu saat undangan hajatan mampir untuk dihadiri? Tentu tidak, bukan? Karena itulah, sebagai chef di dapur dan di rumah sendiri, Anda harus tahu cara memasak hati sapi sambal goreng yang enak. 

cara memasak hati sapi biar empuk,cara memasak hati sapi agar tidak keras,cara memasak hati sapi yang benar,cara memasak hati sapi yang enak,cara memasak hati sapi untuk bayi,

Baca juga: Resep Andalan Ikan Asam Manis

Berbeda dengan daging sapi, hati sapi adalah bahan makanan yang cukup mudah didapat dan terjangkau. Meskipun begitu hal ini tidak membuat hati sapi kemudian kurang sedap disantap. Asalkan kokinya cukup handal, bahan hati sapi bisa berubah menjadi menu sajian nan lezat. Salah satu variasi menu masakan berbahan hati sapi yng paling terkenal tentu saja adalah sambal goreng hati sapi. Meskipun menu ini menjadi sajian khusus yang biasa ada di acara-acara hajatan bersama dengan rendang, namun bukan berarti Anda tidak berhak mengetahui cara memasaknya.

Siapa tahu, suatu saat Anda juga mendapat peluang untuk membuka usaha catering. Memiliki skill mumpuni aneka menu masakan hajatan tentu mesti dimiliki. Jadi tidak ada salahnya sama sekali apabila Anda memutuskan untuk mulai belajar membuat sambal goreng hati sapi mulai dari sekarang. Apalagi sajian ini termasuk menu yg cukup mudah dimodifikasi. Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain yng cocok dipadukan bersama hati sapi dalam balutan bumbu sambal goreng, seperti kentang, tahu, dan telur puyuh. Baiklah, mari langsung kita coba yuk resep rahasia cara memasak hati sapi sambal goreng penggoyang lidahnya!
cara memasak hati sapi biar empuk,cara memasak hati sapi agar tidak keras,cara memasak hati sapi yang benar,cara memasak hati sapi yang enak,cara memasak hati sapi untuk bayi,

Resep sambal goreng hati sapi

Bahan-bahan:
  • 500 gram kentang
  • 500 gram hati sapi
  • 10 butir pete kupas
  • 2 buah cabe merah
  • 2 cm ruas lengkuas
  • 1 batang serai/sereh
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam
  • 200 ml santan kental
  • 1 sendok the air asam jawa
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus untuk sambal goreng hati sapi:
  • 8 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 2 cm atau seruas jahe
  • 2 butir kemiri

Cara membuat hati sapi sambal goreng yang enak:
  1. Pertama, masaklah hati sapi agar hilang baunya dan mudah dipotong dengan cara merebusnya dalam air mendidih. Tambahkan garam, daun salam, daun jeruk purut, lengkuas memar dan jahe geprek untuk menetralisir bau amis yng dibawa oleh hati sapi mentah.
  2. Tiriskan dan tunggu sampai agak mendingin, baru potong-potong hati sapi menjadi bentuk dadu. Sisihkan dahulu dalam wadah.
  3. Kupas kentang sampai bersih, kemudian potong-potong menjadi bentuk dadu pula. Rendam dalam wadah berisi air bersih agar warna kentang tidak merubah kecoklatan.
  4. Selanjutnya goreng dahulu kentang dadu dalam minyak panas yang cukup banyak agar teksturnya lebih renyah. Tiriskan.
  5. Goreng pula cabai merah sebentar kemudian tiriskan. Selanjutnya adalah proses membuat bumbu. Haluskan semua bahan bumbu halus dalam blender atau dengan ditumbuk manual.
  6. Siapkan panci penggorengan dengan 2 sendok makan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai mengeluarkan bau harum.
  7. Masukkan kentang dan hati sapi, aduk-aduk kembali sampai rata, kemudian masukkan pete yng sudah dikupas dan diiris.
  8. Tuangkan santan kental, garam, gula, dan air asam. Aduk sampai rata kemudian masak di atas api kecil.
  9. Tunggulah sekitar 20-30 menit sampai santan tampak menyusut dan meresap ke dalam hati sapi tanda sambal goreng yang telah matang adalah kuah santan menyusut menjadi kental menyerupai sambal berwarna kemerahan.
  10. Terakhir sebagai pemanis, taburkan irisan cabai merah yang telah digoreng tadi.
  11. Selamat, sambal goreng hati sapi Anda sudah siap disajikan.

cara memasak hati sapi agar tidak keras, cara memasak hati sapi biar empuk, cara memasak hati sapi untuk bayi, cara memasak hati sapi yang benar, cara memasak hati sapi yang enak,

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara memasak hati sapi sambal goreng yang enak ini? Yuk langsung saja dicoba sebagai menu Andalan hari ini.