29 Februari 2016

Cara Memasak Okra Supaya Lendir Hilang dalam 5 Menit

Dian Saputri
Cara Memasak Okra Supaya Lendir Hilang - Okra, mungkin tanaman yang satu ini masih sedikit asing di telinga kita. Namun, nyatanya tanaman ini diminati oleh orang-orang dari negara Malaysia, India, Arab Saudi, Jepang, dan Singapura. Tanaman yang memiliki nama latin Okra Abelmoschus Esculentus ini merupakan tanaman yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan atau dimakan mentah. Tanaman yang saat ini susah ditemukan ini berwarna hijau dan berlendir. Untuk itu, perlu diketahui informasi tentang cara memasak okra supaya lendir hilang. Informasi ini akan sangat membantu masyarakat dalam mengolah okra menjadi makanan yang sehat dan nikmat.

cara memasak okra agar tidak berlendir,
Baca juga: Cara Memasak Orek Tempe Ala Rumahan
Di negara Jepang, okra menjadi salah satu sayuran yang banyak dicari dan eksklusif. Tanaman yang hidup di wilayah Asia Tenggara ini mampu mengalahkan sayuran-sayuran yang lain seperti timun dan buncis. Hal iini berbeda dengan yang terjadi di Indonesia. Meskipun tanaman hidup di negara iini, para penduduk masih belum mengetahui bahwa tanaman ini adalah tanaman eksklusif yang daya belinya di negara-negara lain sangat tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang manfaat dan cara pengolahan sayuran yang satu iini.

Dengan adanya fakta ini, pemerintah perlu memberikan sosialisasi lebih mendalam mengenai sayuran yg satu iini. Selain dapat meningkatkan kesehatan, budidaya tanaman ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ya, permintaan sayuran ini dari negara-negara lain seperti Jepang, Arab Saudi, dan lain sebagainya sangat tinggi.

Lalu, apa manfaat Okra bagi kesehatan tubuh? Tanaman Okra ternyata memiliki serat unggul yg dapat membantu dalam menetralisir gula darah di dalam tubuh. Okra inii mampu membatasi banyaknya gula yg akan diserap melalui saluran usus. Sayuran yang satu inii juga memiliki kandungan lendir yg akan berfungsi untuk mengikat kolesterol dan asam empedu serta membuang racun yan ada di dalamnya. Selain itu, okra juga berkhasiat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.



Selanjutnya, okra ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pada saluran usus. Hal inii karena sayuran inii menyediakan makanan bagi probiotik atau bakteri baik di dalam saluran usus tersebut. Anda akan semakin tertarik untuk mengkonsumsi okra jika Anda tahu bahwa sayuran inii juga bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, radang paru-paru, dan sakit pada usus besar. Semua manfaat tanaman okra di atas disampaikan oleh Ms Sylvia Zook PhD. Beliau adalah seorang ahli gizi yng berasal dari University of Illinois.



cara memasak okra agar tidak berlendir,

Setelah mengetahui banyaknya manfaat okra tersebut, apakah Anda masih akan menolak untuk mengkonsumsi okra? Ada banyak cara untuk mengolah sayuran inii menjadi sebuah hidangan lezat yng bebas lendir. Jika Anda tidak suka mengkonsumsi sayuran inii sebagai lalapan, Anda dapat mengolahnya menjadi gulai, oseng-oseng, balado, dan berbagai menu lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengolah okra agar terbebas dari lendir? Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa okra akan mengeluarkan lendir jika telah mengalami proses pemasakan. Hal ini yng menyebabkan banyak orang memilih menggunakan sayuran inii sebagai lalapan. Namun, jika Anda memilih untuk memasak sayuran ini, Anda harus mengetahui langkah yng tepat dalam mengolahnya. Dibawah ini ada beberapa langkah yng dapat Anda ikuti untuk “membuang” atau “menyingkirkan” lendir yng menempel pada okra. 

Langkah-langkah Supaya Lendir Hilang dalam 5 Menit

1. Langkah pertama siapkan bumbu yng akan digunakan untuk memasak okra.
2. Selanjutnya, iris sayuran inii dengan ukuran yng kecil dan tipis menurut selera Anda.
3. Setelah itu, tumis bumbu yng telah Anda buat.
4. Jika bumbu telah wangi, masukkan okra daan aduk-aduk. Masak dalam waktu 5 menit dan angkat sebelum lendir mulai keluar.
Demikianlah, beberapa langkah dalam cara memasak okra supaya lendir hilang yng sebaiknya Anda ikuti. Jika Anda perhatikan, dalam langkah-langkah di atas Anda disarankan untuk tidak memanaskan okra terlalu lama. Hal inii karena jika Anda memasak dalam waktu yang lama, maka lendir okra akan mulai keluar dan membuat cita rasa masakan Anda akan kurang nikmat. Dengan demikian, cuma 5 menit langsung angkat.
 
Angels Directory.com