March 2, 2016

Cara Memasak Pindang Ikan Patin Khas Palembang Asli

Pindang Ikan Patin Khas Palembang Asli - Palembang adalah sebuah kota di Pulau Sumatera yang memang memiliki pesona kuliner luar biasa. Mendengar nama Palembang pasti yang terlintas dalam benak Anda adalah empek-empek. Makanan yang satu ini sudah menyebar ke berbagai pelosok negeri, dan hampir semua orang suka dengan olahan makanan ini. Hal ini karena rasanya yang enak dengan bumbu kuah rasa asam, pedas dan sedikit manis. Meskipun mungkin yang dijual di daerah lain bisa dibilang tidak senikmat dari kotanya, namun rasanya tidak akan berbeda jauh dengan aslinya.

resep pindang patin palembang nanas,resep pindang patin meranjat,resep pindang ikan patin asam pedas,resep pindang patin khas lampung,resep pindang patin pegagan,resep pindang tulang palembang,
Baca juga: Pindang Tulang Khas Palembang
Apapun itu yang jelas kota Palembang merupakan salah satu daya tarik wisata kuliner Indonesia yng diakui dunia. Tapi jangan salah, Palembang tidak hanya terkenal karena empek-empeknya saja lho. Kota ini masih punya pesona kuliner lainnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara memasak pindang ikan patin khas Palembang. Mungkin masih banyak orang yng tidak tahu kalau masakan ikan patin juga salah satu makanan khas daerah Palembang. 

Ikan pati merupakan ikan air tawar yang kaya akn kandungan vitamin dan nutrisi yng dibutuhkan oleh tubuh seperti omega 3 yng sangat baik untuk perkembangan otak sehingga mengkonsumsi ikan patin dapat meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Tenang saja, ikan ini tidak berbahaya bagi ibu hamil karena kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh dan kadarnya pun rendah. Begitu juga kandungan kolesterolnya. Sehingga bagi Anda yg diet pun cocok mengonsumsi ikan patin tersebut.

Ikan patin berbentuk mirip ikan lele dengan kumis yg panjang tetapi bagian perutnya lebih besar. Ikan tersebut dapat diolah menjadi berbagai olahan masakan seperti gulai ikan patin, patin goreng dengan sambal merah, dan sebagainya dari berbagai masakan yang ada

Cara Memasak Pindang Ikan Patin Khas Palembang

Bahan Bahan Dibutuhkan Dalam Cara Memasak
• Garam secukupnya
• 1 lembar daun kunyit
• 3 batang daun kemangi
• 2 sendok makan air yg terbuat dari asam jawa
• 1 batang serai, digeprek
• 4 cm lengkuas, dimemarkan
• 1 kg ikan patin
• 2 lembar daun salam
• 750 liter air bersih
• ¼ buah nanas
• 2 batang daun bawang
• 2 buah jeruk nipis, ambil perasan airnya
Bumbu Cara Memasak Dihaluskan
• 1 sendok makan terasi, dibakar
• 4 buah tomat cherry, tomat yg kecil-kecil
• Cabai rawit sesuai selera pedas
• 3 siung bawang merah
• 5 siung bawang putih
• Cabai merah besar sesuka Anda
Cara Memasak Pindang Ikan Patin Khas Palembang
1. Bersihkan bagian dalam ikan patin terlebih dahulu dengan membuang isi perutnya dan menyayat dari kepala sampai ekor. Jika suka mengkonsumsi kepalanya, pisahkan saja bagian kepala dari tubuh ikan patin.
2. Setelah itu, potonglah ikan patin dann cuci hingga bersih.
3. Masukkan potongan ikan patin dalam sebuah wadah dan masukkan perasan air jeruk nipis, kemudian diamkan hingga 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
4. Siapkan panci atau wajan dan rebuslah air sebanyak 750 ml, masak air hingga setengah matang.
5. Masukkan semua bumbu-bumbu yg telah dihaluskan tadi. Lalu, masukkan pula lengkuas, salam, asam jawa, dann serai serta daun kunyit kemudian masak hingga mendidih, bau bumbunya pun tercium.
6. Selanjutnya, masukan ikan patin yang sudah dipotong-potong tadi serta potongan nanas dan rebus sampai ikan lunak dan matang.
7. Setelah ikan matang, masukkan daun bawang yang telah diiris dan kemangi dan didihkan selama kurang lebih 5 menit saja.
8. Masakan ikan patin khas Palembang pun siap dihidangkan.
resep pindang patin palembang nanas,resep pindang patin meranjat,resep pindang ikan patin asam pedas,resep pindang patin khas lampung,resep pindang patin pegagan,resep pindang tulang palembang,


Bagaimana, mudah bukan membuat olahan masakan ikan patin yang satu ini. Ikan patin memang sangat lezat dinikmati dalam berbagai macam hidangan. Sebaiknya olahan ikan patin khas Palembang ini dikonsumsi saat baru matang yaitu ketika masih panas, karena akan terasa lebih nikmat. Kuahnya yang gurih dan kental dengan bumbu rempah-rempah membuat rasanya begitu nendang di lidah.
 
Selain itu, Anda bisa menyantap masakan ini bersama kerupuk dan nasi hangat mengepul. Dan paling asik makan ikan patin bersama keluarga. Yang jelas makan dalam suasana ramai akan terasa lebih menyenangkan. Sekarang, Anda bisa membuat masakan ikan patin khas Palembang ini sendiri. Demikian ulasan mengenai cara memasak pindang ikan patin khas Palembang, selamat mencoba.
 
Angels Directory.com